Martabak Tanpa Telur

HAYYYY!!!!

kembali lagi ke acara masak-masak sama Diansey wkwkkw. kali ini mau bagi resep, akhirnya setelah sekian lama ketemu juga resep juga tips n trik untuk bisa bikin martabak. entah ini udah percobaan keberapa. dari dulu selalu nyoba bikin ini pakai telur, terus pas udah coba eksekusi eh gak bersarang. kebayang kan keselnya kayak apa? huhuhu.


dan kemarin nemu resep tanpa telur. hehehe. sempet agak mikir sih, apa iya bakalan enak? dan yawis let's tryy!!!!




Bahan :
260 ml air
200 gram tepung segitiga biru (serbaguna)
50 gram gula pasir
sejumput garam
1/2 sdt vanili
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
mentega untuk olesan
dan berbagai toping yang kalian mau

cara membuat :
1. mixer tepung, gula, air dan vanili hingga benar-benar lembut. tambahin dikit aja garam biar lebih gurih aja wkwkkw. setelah benar-benar lembut maka diamkan adonan kurang lebih 1 jam (lebih juga boleh, lebih baik bahkan).
2. setelah didiamkan, baru tambahkan soda kue dan baking powder. aduk kembali hingga merata.
3. panaskan teflon atau cetakan kue martabak. inget, harus benar-benar panas yaaaa. nah, ini tipsnya buat kalian yang cuma punya teflon. jadi, taro alas kompor sampai 2 biji kayak begini yaaaa, biar apinya gak langsung kena ke teflon yang ujungnya malah bikin gosong martabak.


4. kemudian tuangkan adonannya. digoyang-goyang biar ada kulit-kulit martabaknya gitu. abis itu diamkan sampai bersarang. oh iya, pada tahap ini, apinya dikecilin yaaaa.


5. setelah udah matang, angkat lalu olesin deh martabaknya pakai mentega. biar kaya ala-ala abang martabak gitu loh
6. terus tambahin toping sesuka kalian. abis itu potong martabaknya dan tumpuk jadi kayak gini.
7. dan taraaaaa jadi deh. jangan lupa olesin mentega lagi yaaa biar makin legit. hihihi.


1 resep ini bisa ngasilin 2 martabak dengan ukuran teflon sedang. terus juga resep ini enak dan empuk pada saat baru matang alias pas masih panas-panas. kalau udah dingin, ya monmaap jadi agak bantet gitu. kayaknya ini deh kelemahannya kalau gak pakai telur. tapi ya gapapa juga sih, toh martabak enaknya dimakan pas anget-anget kan ya? hihihi.

selamat mencoba!!!!


Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2