Kastangel

kali ini mau coba cookies ala-ala. setelah kemarin itu sempat berhasil membuat choco chips yang krenyes-krenyes, nah sekarang mau coba bikin kue kering yang selalu ada di tiap hari raya, yaitu kastangel. bahannya gak terlalu banyak kok. gampang dicari.

so, here we goo!!!

bahan :


1 butir kuning telur
185 gram mentega
150 gram keju cheddar parut
1 sdm susu bubuk
250 gram tepung segitiga biru (kalau ada kunci biru lebih bagus lagi tuh)

olesan :
1 butir kuning telur
minyak goreng secukupnya

cara membuat :

1. campur kuning telur dengan mentega, aduk hingga keduanya tercampur.


2. kemudian tambahkan keju parut dan susu bubuk. campurkan kembali.


3. tambahkan tepung terigu, kembali campurkan hingga merata.


4. setelah adonan menjadi kalis, kemudian giling/pipihkan/ apa sih itu namanya ya. pokoknya diratain gitu deh pakai rolling pin. jangan terlalu tipis yaa. bikin tebel aja.


5. kalau udah pipih, baru deh cetak kastangelnya sesuai keinginan mau sebesar apa.
6. setelah selesai dibentuk, baru deh, olesin atas kuenya dengan campuran kuning telur dan minyak goreng. kalau masih ada sisa keju ya silakan tambahkan keju lagi di atasnya.


7. baru deh siapin oven untuk manggang. panasnya kurang lebih kemarin 170 derajat celcius deh. manggangnya kurang lebih 10 menit apa ya... pokoknya rajin-rajin perhatiin aja deh ke oven. kalau udah cukup mengkilat kuenya ya tinggal keluarin deh dari oven. dan taraaaa......


yaps. ini dia hasil bikin kastangel ala gue. hasilnya? enak loh. ngeju banget dan surprisingly bisa jadi agak banyak juga, jauh dari perkiraan.

harusnya di atas kuenya itu ada taburan keju parutnya yaaa. cuma, karena kejunya udah abis, alhasil yaudahlah, gak usah pake toping keju lagi. cukup olesin minyak sama kuning telur aja.

sooo. selamat mencoba semuanya!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2