tolong dan terimakasih

TOLONG dan TERIMAKASIH.

dua kata yang kayaknya jaman sekarang ini susah banget buat diucapin.

manusia itu merupakan makhluk sosial yaitu makhluk yang membutuhkan bantuan orang lain. hey, pernah berpikir gak sih kita itu gak pernah bisa hidup tanpa bantuan orang lain ciy?


tapi, entah kenapa setelah gue perhatiin banyak banget orang-orang yang meninggalkan budaya mengucapkan kata TOLONG dan TERIMAKASIH. mereka cuman mau ditolong (itupun kalo mereka inget ngucapin kata 'tolong'), terus ngeloyor gitu aja tanpa ngucapin terima kasih.

contohnya abang gue, kalo ceritanya gue lagi beli nasi goreng sama dia, terus gue yang bayar. pasti abang gue selalu nanyain,
udah ngucapin makasih belom lo?
entahlah, pernah gue sempet mikir. apa sih sebenernya makna dari kata "terimakasih"?

menurut gue pribadi, terimakasih bermakna bahwa kita masih dianggap ada karena kita sudah menolong orang lain yang membutuhkan.

gue lupa, tapi gue pernah nonton suatu acara reality show gitu. jadi ada orang yang survey, berapa banyak orang yang ngucapin terimakasih sama orang spbu ketika mereka udah dibantu buat ngisiin bensin kendaraan mereka.

dan hasil survey membuktikan, dalam jangka waktu 3 jam, cuman ada 1 orang yang ngucapin terimakasih.

WEW. padahal pom bensin itu rame loh. tapi gak ada satupun yang mau ngucapin terimakasih sama 'tukang pom bensin', ya apalah itu namanya. sungguh miris kawan. susah banget ya ngucapin makasih.


pernah sekali gue ditegor sama abang gue. jadi waktu itu gue lagi ngisi bensin mobil gitu, karena emang gue males turun, akhirnya gue duduk manis aja di kursi. terus pas udah selesai, gue bayar langsung di mobil. ngucapin makasih sih. tapi tetep aja ditegor.

karena apa? karena menurut dia. seakan-akan tuh kita 'bossy' banget.
setelah dipikir-pikir, ia juga ya. gue gak akan bisa isi bensin kalo gak ada mereka-mereka para tukang pom bensin. jadi, hargai mereka lah. apa susahnya tinggal keluar dari mobil, dan ngeliat mereka ngisi bensin sekalian jaga-jaga kalo ternyata bensin yang kita isi itu kurang. terus ngucapin makasih deh.

hem, ini kenapa gue jadi ngomongin tukang pom bensin? zzzzz

yaudah, intinya.
ucapkan kata 'tolong' kalo kita mau ditolongin. dan ucapin kata 'terimakasih' kalo kita udah dibantuin.
aha, satu lagi tambahan :
ucapkan kata 'maaf' kalo kita udah berbuat salah sama orang lain yang akibatnya menyinggung perasaan orang lain.

salam,


dian chrisniar






Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2