Nugget Udang Tahu ala gue

Selamat pagi pembaca di dunia maya. pada shock ya baca judul post gue? masak nih? gue masak beneran? yakin? hahahahaha *kepruk yang gak yakin*

berawal dari kelaparan gue. kemarin siang, gue kelaparan banget. secara gue belum makan dari pagi, eh dateng kampus langsung ujian, terus langsung pulang lagi. nyampe di rumah, eng ing eng. gak ada makanan. eh ada sih, kakak ipar gue goreng lele, tapi.... gue kan bukan pemakan lele :'((


gue buka lemari dan gue menemukan setumpuk indomie goreng. hemh, sempat tergoda juga mau makan itu indomie, tapi akhirnya langsung gue batalin. YAK, GUE SEDANG MEMULAI PROGRAM HIDUP SEHAT KEMBALI TANPA INDOMIE. DAN INI UDAH MAU JALAN 2 MINGGU. DOAIN YA SEMUANYA!! *capslock jebol saking bahagianya*. segeralah tanpa babibu, langsung gue tutup lagi itu lemari. mau makan soto, tapi di rumah sotonya gak enak, mau makan ketoprak, sama juga gak ada yang enak. ya nasib lah ya tinggal disini, jajanan apapun gak ada yang enak. hahahaha mau cipinanggg :'( - lah?

dan akhirnya gue buka freezer. dan AHA, gue makan udang aja. secara beroh, nyokap waktu itu bawain gue udang 2 kg dari soron, beuh udangnya enak beroh gak kaya yang biasa di pasar gitu. pertama, udangnya gede-gede, kedua dagingnya tebel-tebel, surga dunia banget. iye, dari dua kotak gede, itu yang satu kotaknya lagi udah tinggal 1/4 nya doang, dan itu habis HANYA sama gue seorang. HAHAHAHA. tapi, disitu gue bingung. ini udang mau gue apain. maunya sih digoreng kasih sambel, tapi permasalahannya adalah ini udang sakin gede dan tebelnya, matengnya lama beroh. gue gak pernah sukses bikin itu udang mateng sempurna, pasti deh masih ada beberapa yang belom mateng. sekalinya mateng sempurna......... gosong. sigh

dan tiba-tiba.... taraaaa. apa gue bikin nugget aja yak? HAHAHAHA. berbekal kesotoyan gue, akhirnya gue nentuin sendiri itu bahan-bahannya :
udangnya harus dikupas dulu kulitnya - sesuka lo
bawang putih - sesuka lo
garem - sesuka lo
cabe - sesuka lo
telor - sebiji aja
merica - kalau mau enak ya agak banyak

jangan tanya gue takarannya berapa. gue gak inget, wong gue asal nambahin ini itu kok. bahan itu semuanya lo giling sampe keaduk rata. NAH, karena kemarin gue ngerasa udang yang gue pake udah banyak, tapi ternyata hasilnya sedikit banget, akhirnya dengan sotoy gue tambahin tahu. tahu yang gue pake gak banyak kok sungguh, cuman seiprit doang. selesai semua adonan kecampur rata, dan ada rasanya, maka langkah selanjutnya adalah ngekukus itu adonan di loyang yang udah dilumurin minyak. kukusnya... sesuka hati lo, pokoknya sampe semuanya mateng dah.

selesai dikukus, itu adonan lo potong-potong dan lo lumurin di putih telur terus lo balur deh pake tepung roti. saran sih bikin dua kali, biar kulitnya agak tebelan.selesai dari itu, langkah selanjutnya adalah taro itu nugget di freezer dulu sampe beku, baru deh lo goreng.

dan setelah gue goreng.... taraaaa. gue sedih. iya, sedih. yang awalnya gue pikir, teksturnya bakalan kayak nugget biasa gitu, kenyataanya malah kaya tahu persis. ish, gue sebel. yang gue bikin malah jadi kayak tahu isi udang. tahunya berasa banget, udangnya juga berasa sih, tapi tetep aja teksturnya tekstur tahu. dan gue kesel, padahal tahu yang gue pake cuman seiprit doang loh. walaupun rasanya itu gak jelek-jelek banget, tapi... kalau kata peribahasa :

karena nila setitik, rusak susu sebelanga
maka kalau gue
karena tahu seiprit, rusak nugget udang seloyang T.T

yak saran gue sih, mending gak usah ditambahin tahu deh, biar beneran berasa daging udangnya.

oh iya maaf gak ada foto-fotonya. huhu, itu nugget udang udah kandas entah ada di perut siapa. HUAAAAHHHHH :'((

penasaran buat nyoba? ya udah, dicoba lah sana. hahaha

selamat bereksperimen!
Adios!



dian chrisniar


Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2