Skip to main content

Udang Saus Lada Putih Sederhana :D

HAYHO! SELAMAT SIANG! hari ini gue mau bagi-bagi resap-resep lagi. hehehe. tema masakan yang mau gue publish adalah "Udang Saus Lada Putih". mau bikin lada hitam, tapi gak punya lada hitam alhasil ya pakai merica aja. mau bikin udang sambel tapi bawang merahnya gak ada. alhasil jadilah ini. gue udah yakin kalau masakan gue bakalan jadi malapetaka, eh ternyata... lumayan lah walaupun rada asin sedikit :D awalnya mau ngikutin pake resep lada hitam, tapi karena ternyata bahan-bahan yang dipakai enggak ada di kulkas, akhirnya gue siasatin sendiri pakai bahan yang ada.


ini cara-cara pembuatannya. note: resep ini hanya untuk 1 porsi ya, secara gue masak emang cuman buat porsi gue sendiri, kalau mau pake porsi yang banyak silahkan dikira-kira sendiri takarannya.

1. kupas kulit 6 ekor udang yang besar (disini gue pake udang dari RajaAmpat yang dibawa emak). kerat punggungnya. potong kecil-kecil (yang ini terserah mau dipotong atau engga, kalo gue sih lebih suka dipotong biar kesannya lebih banyak). goreng hingga matang. tiriskan.
2. panaskan sedikit minyak dan 1sdm mentega kemudian tumis 2 siung bawang putih dan 1/2 bawang bombay yang sudah diiris halus hingga layu.
3. tambahkan 4 buah cabe merah yang diiris kecil-kecil (lebih enak lagi kalau pakai cabe rawit, tapi di kulkas gak ada. penambahannya cabenya bebas sih, cuman karena gue suka pedas ya jadi gue bikin agak banyak).
4. masukan 2 sdm saus tiram, 1,5 sdm kecap asin, dan 1sdm kecap manis. aduk hingg rata.
5. tambahkan 1/2 gelas kecil air. tunggu hingga mendidih.
6. masukkan 1 sdm makan merica, dan 1sdt garam. aduk hingga rata.
7. masukkan udang yang sudah digoreng tadi, aduk, kemudian hidangkan.
8. SELAMAT MENIKMATI :D


notes :
1. harusnya sih pakai gula, tapi karena gue gak suka makanan manis, jadi gulanya gue hilangkan deh.
2. di resep sih harusnya pake tepung maizena, tapi karena air yang gue gunakan sedikit, alhasil hasilnya udah kental, jadi gak gue tambahin maizena lagi deh.
3. banyak bahan-bahan yang harusnya digunakan, tapi karena bahan-bahan tersebut tidak tersedia jadinya ya gitu. untuk resep yang lebih cihuy lagi cek sendiri di mbah google ya. hehe



selamat mencoba!


dian chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.

SKBN dan SKS

sesuai janji yang kemarin, berhubung 2 hari yang lalu gue kelar ngurus Surat Keterangan Sehat (SKS) dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), maka dari itu malam ini mau bahas cara buat ngedapetin kedua surat itu. ngurus SKBN sebenarnya bisa di BNN, cuma berhubung gue males harus pindah-pindah tempat jadilah gue ngurus itu di satu tempat yaitu di RSUD Budhi Asih di Cililitan sana.