Udang Saus Lada Putih Sederhana :D

HAYHO! SELAMAT SIANG! hari ini gue mau bagi-bagi resap-resep lagi. hehehe. tema masakan yang mau gue publish adalah "Udang Saus Lada Putih". mau bikin lada hitam, tapi gak punya lada hitam alhasil ya pakai merica aja. mau bikin udang sambel tapi bawang merahnya gak ada. alhasil jadilah ini. gue udah yakin kalau masakan gue bakalan jadi malapetaka, eh ternyata... lumayan lah walaupun rada asin sedikit :D awalnya mau ngikutin pake resep lada hitam, tapi karena ternyata bahan-bahan yang dipakai enggak ada di kulkas, akhirnya gue siasatin sendiri pakai bahan yang ada.


ini cara-cara pembuatannya. note: resep ini hanya untuk 1 porsi ya, secara gue masak emang cuman buat porsi gue sendiri, kalau mau pake porsi yang banyak silahkan dikira-kira sendiri takarannya.

1. kupas kulit 6 ekor udang yang besar (disini gue pake udang dari RajaAmpat yang dibawa emak). kerat punggungnya. potong kecil-kecil (yang ini terserah mau dipotong atau engga, kalo gue sih lebih suka dipotong biar kesannya lebih banyak). goreng hingga matang. tiriskan.
2. panaskan sedikit minyak dan 1sdm mentega kemudian tumis 2 siung bawang putih dan 1/2 bawang bombay yang sudah diiris halus hingga layu.
3. tambahkan 4 buah cabe merah yang diiris kecil-kecil (lebih enak lagi kalau pakai cabe rawit, tapi di kulkas gak ada. penambahannya cabenya bebas sih, cuman karena gue suka pedas ya jadi gue bikin agak banyak).
4. masukan 2 sdm saus tiram, 1,5 sdm kecap asin, dan 1sdm kecap manis. aduk hingg rata.
5. tambahkan 1/2 gelas kecil air. tunggu hingga mendidih.
6. masukkan 1 sdm makan merica, dan 1sdt garam. aduk hingga rata.
7. masukkan udang yang sudah digoreng tadi, aduk, kemudian hidangkan.
8. SELAMAT MENIKMATI :D


notes :
1. harusnya sih pakai gula, tapi karena gue gak suka makanan manis, jadi gulanya gue hilangkan deh.
2. di resep sih harusnya pake tepung maizena, tapi karena air yang gue gunakan sedikit, alhasil hasilnya udah kental, jadi gak gue tambahin maizena lagi deh.
3. banyak bahan-bahan yang harusnya digunakan, tapi karena bahan-bahan tersebut tidak tersedia jadinya ya gitu. untuk resep yang lebih cihuy lagi cek sendiri di mbah google ya. hehe



selamat mencoba!


dian chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2