Skip to main content

curhatan (calon) guru

hello monday! hello september! hello everybodeeeeeeaaaaaaahhhhhhh!!!!!
beberapa minggu kebelakang ini gue udah mulai yang namanya PKM alias PPL alias gue sedang diuji coba menjadi seorang (calon) guru beneran di suatu SMA yang katanya orang-orang sih udah kayak kakak-adekan sama SMA gue dulu, ya cari sendiri ajalah itu SMA mana.


gimana rasanya jadi guru?
rasanya... ENGGAK ENAK. sungguh demi apapun lah. gue capek. gue capek harus ngadepin berbagai macam jenis anak di suatu kelas. ada yang mereka emang niatnya belajar, ada yang kerjaannya ngobrol terus, ada yang kerjaannya pasang earphone pas gue ngajar, ada yang tatapan nya kayak mau nerkam, ada yang aish banyak banget lah macem-macemnya. dan gue cuman bisa tarik nafas doang ngelihat mereka. udah ditegur tapi begitu lagi, begitu lagi. perasaan jaman gue SMA gue gak gitu-gitu banget kok. sekalipun yang ngajar guru PPL, gue masih tahu diri untuk tetap hormat dan menghargai mereka layaknya guru beneran. so please, adek-adek unyu, tolong hargai sedikit kita-kita yang biarpun itungannya kita magang sebentar doang, tapi setidaknya kalian adalah sedikit rasa hormat dan menghargai sama kita-kita ini. kerjasama yang baiklah.

fisik, sehat?
enggak! di saat gue harus ngajar kayak hari ini, gue harus bangun pagi, gue harus upacara, dan gue harus ngajar dari pagi ampe sore yang kerjaannya bolak-balik naik tangga. udah gitu harus mikirin nanti mau ngajar apa, kayak gimana, anak-anaknya bisa diatur atau enggak, RPP kayak gimana, modul kayak gimana, hah semuanya, bikin stress akhirnya jatoh ke fisik. fisik gue selalu ngedrop setiap sampai rumah kayak sekarang.

tekanan batin?
kalau stress aja udah pake banget. apalagi tekanan batin. tekanan batin ngadepin anak murid dan ngadepin lingkungan sekitar. yang bisa gue lakuin? cuman diem, pusing, ujung-ujungnya nangis. aish cengeng bet dah ah. gue ngerasa beban semester ini tuh sangat amat terlalu berat buat dipikul sendirian, mulai dari PKM ini, dan kedua ketiga adalah judul SPS dan Semkim, anjirlah padahal mata kuliah cuman dua, itupun katanya gak ketemu tiap hari, tapi beban mentalnya... beuh berkali-kali lipat daripada gue ketemu matkul yang diwajibin ketemu terus tiap minggu. coba ada yang nemenin kan, coba ada yang nyemangatin kan, pasti...... ah sudahlah lupakan. ujung-ujungnya.......

seharian ini gue capek dua-duanya. capek batin, capek fisik. cara ngobatinnya? telpon-telponan sama kakak izzah dan kakak rai yang untungnya doi lagi di kosan pipeh yang untungnya lagi gue bisa ngobrol-ngobrol sama anak-anak kosan. dari gue yang lesu sampe nangis sampe gue bisa ketawa lagi, ya kerna mereka-mereka ini. beruntunglah gue dikelilingi orang-orang baik dan pengertian. huft walaupun sekarang blablablablablablablabla bikin gue tekanan batin (banget).

1 hal yang mau gue lakuin sekarang adalah gue benar-benar pengen teriak sekencang-kencangnya. nangis sejadi-jadinya, dan ngamuk sebisa-bisanya. gue tahu, ketiga hal itu gak akan pernah bisa bikin hati adem,ataupun memperbaik keadaan. malah kayaknya bakalan nambah beban. satu-satunya yang bisa bikin hati adem ya cuman satu...

berserah kepada Yesus, tubuh, roh dan jiwaku
ku kasihi, ku percaya, ku ikuti Dia trus
kepada-Mu Juruslamat,
AKU BERSERAH!



selamat malam, senin pertama bulan september!






dian chrisniar

Comments

  1. mengeluh itu BIASA..
    bkerja keras smbil berdoa itu lebih LUAR BIASA..
    #SUPERsekali :p

    saya lulus kuliah (di salah satu universitas swasta penghasil produk guru di Jogja), br bln feb lulus, lalu Juni dah mulai ngajar (di salah satu SMA swasta pondok gede,bekasi) .

    karna waktu kuliah bandel, misal:
    brangkat kul pake sendal swallow, jeans sobek, kaos oblong, rambut acak2an coz gak mandi gr2 semalem begadang nonton bola di malioboro... itu rutinitas tiap malem, kadang ngeband jg di hughos, atau ngejam di liquid/bosche.. paginya kuliah makul math tiap hari (cos ambil JPMIPA pend.matematika)...
    akhirnya ketika mjd guru, susah rasanya menghilangkan kebiasaan lama..
    pengalaman pertama ngajar di skul:
    bangun siang, gak mandi, alhasil telat..
    kena tegur satpam, rekan guru yg lain, kepsek SMA & SMP (coz ngajar klas VIII, X, XI ipa), kepala yayasan..

    kesan2 mjd GURU (muda):
    S.E.S.U.A.T.U bgt.. :p
    masa2 peralihan dr mahasiswa bandel menjadi guru yg dituntut profesional..

    Solusi:
    coba deh tinggal/ngekost di daerah dkt skul jd kita bs ketularan syndrom bangun pagi (tidur teratur)..
    saya jg akhirnya pindah ke kost dkt skul.
    jd nya bs bangun pagi.
    sorenya bs ngadem/tidur di kantor guru (pake AC, Wifi, indovision TV), trus dilanjutin futsal/badminton brg guru2/karyawan/satpam skul..
    malemnya anak2 dtg ke kost utk blajar/mengerjakan PR math..
    jd nya bs sambil belajar (guru jg perlu blajar)..
    alhasil, saya bs sedikit demi sedikit berubah dr MAHASISWA (bandel) mjd GURU (kurang bandel)..
    harapan saya:
    bs mjd GURU yg gak cm marah & ngasih PR banyak ke muridnya..
    dan membuat murid mjd suka dgn matematika, serta mendoktrin mereka bahwa belajar adalah kebutuhan primer.
    semangat ya..
    smoga anda jg bs memposisikan diri ketika di skul mjd GURU, dan di kampus mjd MAHASISWA (calon guru)...
    GBU ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.

SKBN dan SKS

sesuai janji yang kemarin, berhubung 2 hari yang lalu gue kelar ngurus Surat Keterangan Sehat (SKS) dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), maka dari itu malam ini mau bahas cara buat ngedapetin kedua surat itu. ngurus SKBN sebenarnya bisa di BNN, cuma berhubung gue males harus pindah-pindah tempat jadilah gue ngurus itu di satu tempat yaitu di RSUD Budhi Asih di Cililitan sana.