Skip to main content

Photostories #4 : Throwback Childhood, Generasi 90an

YOW! gue lagi mengenang masa zaman kecil. hihihi, sebagai anak 90an *walaupun gak tua-tua amat* gue merasa beruntung sekali masa kecil gue hidup di zaman yang menyenangkan, zaman dimana belum ada gadget-gadget-an. masa kecil bener-bener gue habisin buat main sama teman-teman gue. hihihi. yok, kita masuk ke mesin waktu. mari kita kembali ke zaman dulu!



1. Amigos X Siempre

zaman gue masih bocah, era korea itu belom booming sama sekali. yang paling nge-booming jaman dulu adalah telenovela. dari telenovela dewasa macem si tante gabriela spanic (Paula Paulina ; Gabriela) terus Rosalinda, ada juga telenovela buat anak kecil, mulai dari Maria Bellen, Carita de Angel, dan yang pasti.. ini, Amigos X Siempre!


siapa anak 90an yang gak tahu sama telenovela ini? duh kalau gak tahu, sorry to say, masa kecil kalian gak terlalu menyenangkan berarti. dulu tiap gue pulang sekolah, pasti langsung nyetel SCTV buat nonton mereka ini. dari lagu pianonya si Anna yang gue temuin dengan sendirinya *caelah*, poster mereka bahkan orji isi mereka gue punya lengkap *entah itu hilang kemana*. ah, selain mereka, jangan lupa juga peran paman Salvador dan tuan San Fransisco - yang setelah gue ketahui, ternyata nama-nama pemeran mereka ini adalah nama-nama kota di benua amerika sana.

ada yang rindu kah sama opening song nya? nih monggo dengarkan!


2. Balon


kayaknya kalau yang ini masih dijual deh sampe sekarang. iya gak sih? inget banget dulu lomba-lombaan sama temen bikin balon paling gede. dan yang paling gak bisa dilupain sih pas bagian milih balonnya. yak, soalnya dulu, tiap beli balon pasti ada hadiahnya, cuman ya gitu, kita harus pinter-pinter milih dimana letak balon yang nyembunyiin kado yang paling besar. hihihi.

3. Karet Tangan


dulu gue bisa loh bikin beginian, tapi sekarang udah lupa :(( jaman gue bocah, kalau bosen dengerin guru ngajar, atau ngisi jam kosong atau istirahat, kagak ada itu mainan hape *hape dulu langka broh. cuman orang kaya aja yang punya*, ya gue main beginian. coba, anak sekarang pada bisa gak bikin ginian? pride nya anak SD dulu ya ini, kalau lo bisa bikin yang lebih aneh-aneh lagi, lo bakalan dieluk-elukan berhari-hari.

4. ini gue gak tahu namanya


kalian pernah main ginian? AKU SERING! dulu tapi. ini apa sih nama mainannya, lupaa -.- jadi, selain mengisi kekosongan dengan permainan di no 3, biasanya anak jaman dulu mainan beginian. dibalik angka-angka itu kadang diisiin nama-nama artis yang bakalan jadi pacar kita nanti ; atau diisi nama-nama negara yang bakalan dikunjungin ; atau nama temen-temen sendiri yang bakalan jadi pacar nanti. simpel tapi bisa bikin "kegeeran". yak semacam permainan "ramal-meramal". cara mainnya cuman bilang stop, terus tinggal pilih angka mana yang kebuka.

5. Sega



mainan yang ini kayaknya udah punah banget deh. dulu sebelum adanya playstation, ada satu permainan namanya sega. permainannya emang gak semulus game-game sekarang tapi ini terkenang banget loh. inget kalau udah mulai ngadet, itu kaset sama lobang kasetnya ditiup-tiup dulu biar debunya pergi dan gak ngadet. inget dulu si emak ngeluarin game ini cuman pas weekend sama hari libur doang. inget dulu kalau mau main ini harus berebutan dulu sama si abang dan mainin inipun cuman bisa di kamar emak babeh doang. dan yang paling diinget sih cuman tiga game doang yang paling sering gue mainin, pertama itu SONIC, kedua MICKY MOUSE, ketiga MARIO BROSS. kalian pernah gak main ini?

6. Tazos


yang ini sih udah pasti punah ya. dulu buat ngedapetin ini caranya cuman satu, belilah chiki sebanyak-banyaknya. gue punya banyak ginian, sok-sok ngoleksi sih, padahal sampai sekarangpun gue enggak pernah ngerti cara mainin ini tazos gimana. alhasil cuman jadi seonggok sampah doang di rumah yang berujung... dibuang nyokap akhirnya. haha.

7. Orang-orangan


inget banget ada yang namanya Ami disini

DEMI APAPUN, GUE PUNYA DUA MACEM ORANG-ORANGAN DI ATAS. mainan ini emang identik banget sama perempuan. dulu gue punya BANYAK banget macem-macem orang-orangan. sampai gue punya satu buku bekas yang mana setiap halaman itu isinya ya orang-orangan itu. mainin orang-orangan kadang bikin begok kadang bikin pinter. bikin begok karena jadi suka ngomong sendiri, bikin pinter karena jadi bisa ngarang mau ngomong apa dan 'scene' selanjutnya itu orang-orangan bakalan kayak gimana.

pemilihan orang-orangan yang bagus adalah kita lihat dari cetakannya. kalo bebayang, kagak bakalan gue beli. terus lihat lagi dari baju-bajunya. kalau itu bajunya banyak dan bagus-bagus pasti gue beli. dan, kalau itu orang-orangan udah favorit banget, kalaupun kepalanya udah putus pasti bakalan disambung pake selotip. ampe buluk pun bakalan tetap dimainin.

8. Bobo


majalah Bobo kayaknya sampai sekarang juga masih ada deh. tapi, isinya masih kayak dulu gak sih? selain keluarga bobo, apakah Oki dan Nirmala masih ada juga? Rongrong dan Bona juga apa kabar? atau Paman Kikuk, Husin dan Asta, mereka gimana masih ada di majalah Bobo sekarang? waktu masih SD, majalah ini jadi langganan gue, dulu tiap hari rabu apa kamis gitu ya mereka terbit *lupa*, pokoknya diantara kedua hari itulah, gue antusias banget nungguin si emak pulang dari kantor. kenapa? karena emak gue langganan majalah itu di kantornya. dulu juga pernah iseng ngirim TTS di majalah Bobo, tapi kagak pernah menang, sedih beut -.- oh iya, TTS Bobo masih ada kah?

9. Karet Gelang


nahloh, kalian pernah mainan ini? gue selalu mainan ini di lingkungan rumah gak pernah mainan di lingkungan sekolah. karena apa? temen-temen gue di sekolah itu, mereka bener-bener anak rumahan banget dan bisa dibilang mereka gak main mainan kampung kayak begini. maklum lah, anak Penabur broh! *eh bukan maksudnya menyinggung ya tapi emang kenyataannya begitu*

dari segala macem permainan yang dimainin pake ini karet, cuman satu yang gue gak bisa, yaitu pas lompat merdeka *eh bener kan ya*. sampai sekarang pun gue gak pernah bisa lompat setinggi itu. dan gue selalu jadi "anak bawang" kalau udah mulai lompat tinggi-tinggi. kalau gue lemah di merdeka-merdekaan, gue amatlah jago main sasa. hihi \o/

10. Taplak Gunung


ini! gue masternya main beginian. hihihi. bisa diitung banget berapa kali gue kalah main beginian. dari semua 'permainan kampung' yang ada, keknya gue cuman jago di satu permainan ini doang. masih pada inget gak cara mainnya?

all images : source by google

sebenarnya masih banyak banget kenangan zaman dulu yang sebenarnya pengen gue ketik disini. tapi cukup 10 sajalah. ada yang kurang? yok lanjutin yok.

buat anak-anak yang pernah ngerasain hal-hal diatas gue cuman mau bilang, SELAMAT! masa kecil kita bahagia banget ternyata :D buat yang gak pernah ngerasain, ... pukpuk :(( buat anak kecil jaman sekarang, kalian... iya kalian. bermainlah sepuas-puasnya sebelum baju kalian berubah dari putih merah menjadi putih biru. karena masa SMP udahlah puber semua-muanya. hahahhaaha.

weslah, selamat malaaaaaaaam \o/

terinspirasi dari ILK yang lagi bahas mainan zaman dulu dan sekarang dan @gerenasi90an




dian chrisniar

Comments

  1. Aaaaak kakak, jadi kangen dulu, apalagi orang- orangan sama tazoz. Yang nomer 4 ababil banget, hahahaa, lol

    ReplyDelete
  2. aah iya setuju, orang-orang nge-hits bangeeeeet. aah kita emang perempuan bahagia :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Sakitnyaaaa...

yeyeye! karena sakit bukan penghalang buat gak ngeblog. udah hampir seminggu ini gue sakit dan tadi pagi itu puncaknya banget, jarang-jarang gue bangun tapi kepala gue rasanya keliyengan banget dan pastinya lemas sekali. alhasil, hari ini gue memtuskan untuk memberanikan diri berobat ke dokter. jadilah gue tadi berobat ke dokter di RS Cikini sekalian nemenin si gendut imunisasi.

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.