Skip to main content

cheese stick TANPA baking powder

entah kenapa gue harus banget menekankan kata TANPA baking powder. oh iya btw, hari ini entah kesambet setan apaan, gue sangat amat teramat bersemangat untuk ngebikin cheese stick. padahal belum pernah sekalipun bikin sendiri, mentok-mentok waktu itu gue cuman bantuin emak gue doang, itupun juga cuman ngegiles adonan doang sih 0.0



berbekal kesotoyan, akhirnya gue searching lah di google, resep cheese stick mana yang bahan-bahannya gampang dipake, dan mentoklah gue di blog ini : (klik disini). dari berbagai banyak resep yan ada di paman google, gue mentok di blog tadi karena bahan-bahan yang dipakai itu hampir-hampir mirip sama yang pernah dibikin emak tempo dulu.

setelah di list bahan-bahan yang mau dipake, ternyata... dari semua bahan yang dibutuhkan, di rumah gue cuman menyediakan... telor, garam, air es, sama kaldu doang -.- sedih ye? ketahuan banget ini di rumah gue jarang bikin-bikin kue atau semacamnyalah itu. setelah melalui pergalauan panjang sama diri sendiri yang mengatakan, "belanja di naga aja, lebih murah tahu. toh mobil nganggur di rumah, kalau perlu ke tip-top sekalian daripada ke alfamidi, mahal!" - itu kata hati gue sih. tapi akhirnya kata hati gue kalah sama pikiran gue yang memutuskan untuk, "udeh ke alfamidi aja, deket ini tinggal jalan kaki". dan berakhirlah gue di alfamidi membeli segala macam bahan yang gak ada.

tapi tahu apa? ternyata di sana gak jual baking powder. minimarket sekelas alfamidi gak jual baking powder. ngeselin banget. coba pergi ke 3 toko kelontong terdekat dari rumah dan hasilnya nihil, yang bikin gue heran adalah... kenapa semua penjual toko kelontong selalu merasa aneh pas gue tanya, "jual baking powder gak bu?" - ada yang salahkah dengan baking powder di toko kelontong? -.-

dirimu langka sekaliiiii :((

karena frustasi gak dapet baking powder akhirnya gue nanya pipeh tentang ngefek gak sih kalo gue gak pake baking powder? dan doi jawab, "ngefek sih di, soalnya kan baking powder bikin renyah gitu". hopeless? iya. mau gue cari kemana itu baking powder. yaaa FYI sih, satu-satunya minimarket yang paling deket sama rumah gue ya cuma itu alfamidi. selebihnya gue harus naik angkot buat nemuin indomaret yang mana setelah indomaret itu berjejer minimarket-minimarket lainnya. dan saat itu gue berharap, "kenapa itu minimarket gak buka di samping alfamidi aja sih? kenapaaaa???"

oke kembali. dan si pipeh akhirnya nge-wa lagi dan bilang, "tapi lanjut aja sih di. pake telur ini kan? itu telur udah bikin renyah sih sebenarnya." - yaa, dengan penguatan dari pipeh itu alhasil gue menekatkan diri gue untuk... NYOK KITA BIKIN CHEESE STICK TANPA BAKING POWDER! perlu ditekankan kalau gue bikin ini SENDIRIAN YA! bukan berarti kakak ipar gue gak mau bantu, cuman emang pada dasarnya gue bukanlah orang yang suka dibantuin kalau gue lagi nyoba masak-masak. untungnya orang rumah gue paham betul sama hal itu.

here we go! (btw gue gak akan jelasin step-by stepnya yaa. cek link blog yang tadi gue kasih aja!)

ini adalah beberapa bahan-bahan yang digunakan


tips buat mulai ngaduk-ngaduk adonan sih ya, menurut gue lebih enak ngaduk langsung pake tangan. dan jangan lupa, gunting kuku dulu, soalnya agak ngebetein kalau nyelip-nyelip di kuku sih. dan pas mulai masukin mentega, masukinnya sedikit-sedikit ya. bikin bener-bener rata sama adonanannya.


sama kayak mentega, masukin air dingin sama telor pun juga sedikit-sedikit. btw, lo tahu, butuh perjuangan keras banget-banget buat nge-ulenin adonan sampai bener-bener gak lengket sama tangan. pantesan aja emak gue suka ngomel-ngomel kalau gue minta bikinin cheese stick, ternyata.... menurut gue, ngulenin adonan itu hampir samalah tenaganya buat ngangkat barbel. berotot dah ini tangan T.T - oh iya, tips satu lagi. usahain telur yang dipake itu jangan masuk kulkas ya. kalaupun udah masuk kulkas, didiemin dulu di luar biar suhu telur itu setara sama suhu ruangan. kalau lo tanya alasannya kenapa, gue juga gak tahu. itu kebiasaan nyokap gue dari dulu. tiap mau bikin kue apapun pasti telurnya itu gak pernah diambil yang dari kulkas.


setelah adonan udah gak lengket kayak diatas. baru dah lu giles dah itu adonan kecil-kecil sampai kayak dibawah ini :


oh iya yang harus diketahui. ngegiles adonan jangan cuman sekali ya. ya minimal 5 kali lah, biar adonannya beneran padet dan bagus gitu. baru deh digiles lagi jadi batangan-batangan gitu kayak di bawah ini :


dan... marilah kita menggoreng. udah sempet waswas kalau ini cheese stick bakalan gatot eh ternyata... takdir berkata lain. hihihihi. cheese stick yang gue buat, puji Tuhan ya... ada rasanya. gak melempem juga walaupun TANPA baking powder *tetep* dan tahu apa?? setelah semuanya gue goreng ternyata hasilnya cuman..... segitu :((

dikit ternyata :(

udahlah duit habis 50 rebu, bikinnya penuh peluh keringat, eh hasilnya cuman... segitu :(( HUAH T.T tapi gapapalah... yang penting pengalaman dan kemauan-nya bikin cheese stick ini. HAHAHA. itung-itung menantang diri sendiri sekaligus mengapresiasikan diri sendiri juga dengan pamer ke orang-orang rumah yang untungnya berbuah pujian. HAHAHAHA. btw pap, duitkuh bisa diganti gak? tekor nih gak punya duit lagi :(( *digetok*

hah. seandainya semangat gue bikin cheese stick ini bisa gue aplikasikan ke tugas akhir gue. 
aaakkk malasnyaaaaaahhhhhhhhhh T.T


selamat sore semuanya!


dian chrisniar

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.

SKBN dan SKS

sesuai janji yang kemarin, berhubung 2 hari yang lalu gue kelar ngurus Surat Keterangan Sehat (SKS) dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), maka dari itu malam ini mau bahas cara buat ngedapetin kedua surat itu. ngurus SKBN sebenarnya bisa di BNN, cuma berhubung gue males harus pindah-pindah tempat jadilah gue ngurus itu di satu tempat yaitu di RSUD Budhi Asih di Cililitan sana.