Skip to main content

Tana Toraja

fyuh. setelah berjam-jam gue jadi putri tidur jadilah melek lagi. tadi siang gue cerita ampe malam menjelang doang kan ya. weslah mari lanjut.

masih di hari yang sama, saat makan malam si emak mengumumkan buat jangan lupa beberes karena jam 10 jemputan buat tour ke Tana Toraja bakalan datang. ketika lagi asik-asiknya makan datanglah bos emak yang kebetulan punya indra ketujuh. sejujurnya sih gue percaya gak percaya ya sama kemampuan itu. dia datang terus bilang, "jujur aja ya saya gak ngelarang kalian pergi, tapi.. saya harapklan sekali kalian jangan pergi kesana". JRENG! setiap ditanya kenapa, si bos itu gak berani bilang bakalan gimana-gimana. pokoknya dia udah bersikeras buat ngelarang kita pergi kesana. kebetulan lagi, ada beberapa anak kantor emak gue yang emang pernah diperingatin sama bos emak dan kejadian.



nah, jadilah beberapa orang mundur satu persatu karena udah parno duluan dan sisalah 6 orang. gue, emak, dan keempat lelaki dibawah ini. gue kenalin yak!


1. mas ahmad the king of toilet. gue berasa punya soulmate kemarin tapi doi lebih parah dari gue. kalau gue kan yang penting sehari sekali abis itu udah gak akan pup lagi. kalau doi.... berkali-kali. udah gitu lama pula paling cepet 15 menit. ah iya, doi selalu jadi korban pem-bully-an sama ketiga orang yang lain. pendukung prabowo.
2. bang anto. hmh... badan boleh besar tapi lagu-lagunya..... unyu abis kagak sesuai sama mukanya yang sangar. hahaahaha. pendukung prabowo.
3. mas zuhri, yang paling kerempeng kayaknya. gue selalu ketawa kalau denger dia ngomong, abisan medok-nya parah banget udah gitu pake bahasa gaul jakarta pula gimana gak meledak ketawa gue. tapi gini-gini dia dosen loh, kalau gak salah dosen matematika mikro. gak kebayang kalau ngajar sih, bukan masalah medoknya tapi kelakuan doi koplak parah. pendukung jokowi.
4. bang chris. yahilah.. doi mah abang gue. pendukung jokowi.

perjalanan kesana.... koplak parah. masalahnya adalah... keempat orang itu ngebanyol mulu di mobil sampai rahang gue pegel ketawa mulu. apalagi kalau udah ketemu toilet... mas ahmad pasti kena mulu dibully ampe dilihatin orang-orang. pokoknya kalau kalian lagi desperate, coba ketemu sama mereka, dijamin pasti kembali bahagia, nah kalau kalian gak ketawa yawasalam lah, mungkin penyakit kalian udah kronis! halahpret.


kenapa gue nulis pendukung a dan b? gue cuman mau ngasih lihat, mereka berempat itu biar kata pilihannya beda tapi tetap satu jua. gak ada tuh dari kemarin mereka nyinggung-nyinggung hal gak penting tentang lawannya. bahkan mereka kemarin kampanye terselubung tuh tanpa menjatuhkan lawannya. kampanyenya gimana? setiap kali kita foto pasti gaya mereka ada yang 1 dan 2 jari tentu dengan gayanya yang koplak. sampai orang-orang di sekitar kita ketawa dan bilang, "9 juli ya?" dan mereka gak sungkan buat bilang, "9 juli jangan lupa pilih nomor satu / 9 juli jangan lupa salam 2 jari" ya kurang lebih begitulah. nah, harusnya sih begitu ya. gue perhatiin gegara politik ini orang-orang pada heboh kampanye capres idolanya tapi sambil jatuhin lawannya bahkan jadi sensi sama orang-orang yang gak sependapat sama doi. terlebih buat gaya "peace" aja langsung dikomentarin... "pendukungnya jokowi ya? pilih nomor 1 aja" ahelah bro. cuman gaya coy! gayaaaa!!! sebelum jokowi jadi capres juga itu gaya udah menjamur keleus. grawr!

gimana perjalanan-nya kesana? dari segi jalanan sih sebenarnya jalanannya itu mulus pake banget ya. tapi..... untuk belok-belokannya... beuh... lebih parah ini daripada lintas sumatera. gue sampe jackpot berkali-kali sampe perut gue perih karena udah gak tahu harus ngeluarin apaan lagi. bayangin aja belokannya macem obat nyamuk, begimana gue kagak mabok coba ://

Jumat, 20 Juni  2014

sekita pukul 8 pagi kita udah sampai di tana toraja. kotanya? hmh.. macem apa ya.. dingin sih, cuma menurut gue tata kotanya agak sedikit berantakan. tetep lah.. gue masih cinta sama Malang. hahay. jam 10 akhirnya kita mulai cabut ke tempat wisata yang emang udah dituju.. yaitu kuburan batu yang terkenal khas Tana Toraja.



lihat disitu, katanya semakin banyak tanduk-tanduk kerbau itu menandakan kastanya yang semakin tinggi.



terus juga gue foto sama ini hewan! sekilas diperhatiin macem sapi ya tapi ternyata ini tuh kerbau, bisa dibilang kerbau albino lah. tahu berapa harganya ini kerbau? 1 mobil alphard dapet lah. 1 milyar men. semakin "albino" maka harganya itu makin mahal. dan biasanya tuh ini hewan di"serahin" kalau ada acara adat macem pemakaman. wow, untuk orang yang udah gak ada sampai segitunya ya, hebatnya... orang-orang disana adat istiadat-nya masih kuat banget. waw, salute!


numpang sama bule
selesai di tempat itu kita cabut lagi ke kuburan kedua. iya, sok beut jagoan kan ya mainannya ke kuburan. di tempat kedua ini, jujur aja tata letaknya agak lebih rapih dibandingkan yang pertama.. dan ada goanya juga. jadilah kita masuk ke goa tersebut. nanggung kan udah capek-capek kesana tapi gak masuk.

kampanye dulu

yang cewek itu putri kepala bapeda sana, merangkap guide juga
jangan heran sih pas masuk kesana kita bakalan disambut sama peti-peti dan tengkorak-tengkorak yang letaknya sembarangan banget. jangan heran juga kalau kalian nemuin ada duit, rokok, bir bahkan.. emas. ya. tapi gak ada satupun yang berani ngambil. padahal kalau itu duit dikumpulin.. lumayan loh *blah, sapa juga yang berani neng? :/*


nanya lah kan ya. kenapa ada kipas sama buku pelajaran deh? secara kedua benda itu absurd banget menurut gue. kata tour guidenya, "iya kalau disini kan, kalau orang sudah meninggal ya keluarganya pasti kasih benda-benda kesayangan untuk dibawa pergi sama yang sudah meninggal ini". AAAHH, okay. buku pelajaran jadi benda kesayangan, ohemjih. gue yang masih hidup aja males banget jadiin itu benda jadi buku kesayangan :/

terus juga gue ketemu sama ini, pasangan Romeo and Juliet versi Toraja. kata tourguidenya, mereka itu masih sepupu dekat jadilah ditentang habis-habisan sama keluarganya. karena gak terima akhirnya mereka berdua bunuh diri di halaman rumah masing-masing. waw.

romeo and juliet toraja
selesai kisah romeo and juliet, si tour guide ngebawa kita ke suatu peti mati dan dengan entengnya dia bilang, : "ini nih masih baru. baru aja masuk kemarin". HAHAHAHA, KUPRET! katanya sih yang meninggal itu sebenarnya udah lama tapi si keluarga baru punya duit buat nge-adatinnya. gue pikir itu mayatnya udah sempat dikubur terus digali lagi kan ya... ternyata kata guidenya, itu mayat cuma disuntik formalin terus ditaro gitu aja di dalam rumah mereka sampai keluarganya punya duit buat nge-adatinnya. yang bikin shock, itu mayat dieramin di rumah gak cuma 1 atau 2 bulan, tapi bisa bertahun-tahun. nah, loh. lo bayangin dah tuh gimana rasanya tinggal satu atap sama mayat ://


yang paling bikin bete adalah pas si guide ngasih unjuk suatu peti yang udah bapuk banget tapi pas dilihat.... ternyata bentukan mukanya masih kelihatan walaupun udah absurd begitu. HUAAAAHH :"(( bener-bener bikin night mare, manalah hitam begitu. ketika lo masuk kesana, merinding sih emang tapi bukan merinding yang mencekam gitu dan yang aneh adalah... pas masuk kesana itu loh dingiiiiiin banget. dinginnya bukan dingin sejuk git. kata guidenya, "dingin ya? ya maklum lah".. sambil senyum. graor.


terus jangan heran juga kalau kalian ngelihat ada peti di atas tebing yang super duper tinggi. gue juga gak ngerti sih gimana cara bopongnya itu peti ke tebing paling atas. ya, mungkin itulah kehebatannya orang-orang di sini. cuman dengan bambu doang tapi mereka bisa gitu naikin peti ke dalam tebing yang tingginya bener-bener gak masuk akal gue.


ya dan berakhirlah jalan-jalan gue di Tana Toraja. sebenarnya siang nya itu kita diajakin buat ke acara adat mereka. tapi ya itulah... kita gak tahu siangnya itu jam berapa secara orang sana boleh bikin acara adat kalau matahari udah gak terik lagi (katanya sih begitu. entahlah maksudnya posisi matahari itu begimana). dan berhubung kita ngejar waktu buat ke pare-pare jadilah selesai sudah main-mainnya di Tana Toraja.

ke pare-pare juga gak ngapa-ngapain sih, cuma numpang tidur doang karena besoknya kita udah cabut kembali ke kota jakarta. sampai kesana aja udah malem banget. palingan juga keluar malem-malem buat cari makan doang sih. FYI, kota pare-pare ini macem pematang siantar tapi versi kecilnya sih menurut gue.


ah iya, disana juga gue nyoba makan ini, Cotto Makassar yang mana ternyata gue kagak demen makannya. gue kirain dagingnya itu pure daging beneran eh taunya ada lemak-lemak gajih plus daging-daging yang gak gue demen ya jadilah gue gak doyan.

engrekang, puncaknya orang toraja
weslah, sampai sini sudah cerita gue menjelajah kota ini. yang unik dari kota ini adalah angkot di pedalamannya. jangan heran kalau lo lihat mobil-mobil bagus bahkan baru tapi platnya warna kuning. iya, mobil bagus kayak gitu malah dijadiin angkot. waw.

ah iya, mematahkan peringatan bos emak gue, buktinya kita berenam puji Tuhan lah sehat walafiat tanpa kekurangan apapun. see kan, hidup mati, musibah kebahagiaan pokoknya semuanya itu di tangan Tuhan. hehehe \o/

selamat malam!


dian chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.

SKBN dan SKS

sesuai janji yang kemarin, berhubung 2 hari yang lalu gue kelar ngurus Surat Keterangan Sehat (SKS) dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), maka dari itu malam ini mau bahas cara buat ngedapetin kedua surat itu. ngurus SKBN sebenarnya bisa di BNN, cuma berhubung gue males harus pindah-pindah tempat jadilah gue ngurus itu di satu tempat yaitu di RSUD Budhi Asih di Cililitan sana.