jangan dijatuhin lagi ya, Tuhan

selamat malam semuanya :")
malam ini gue kembali gak bisa tidur. bukan, kali ini bukan karena gue stress tapi mungkin karena gue AGAK sedikit berbahagia. maunya sih banyak. maunya ya.... apalah daya.



semingguan kemarin gue dibuat ketar-ketir. bukan ketar-ketir lagi, rasanya pengen lenyap aja. stress akut beneran. beginilah ceritanya.... jadi saat setahun yang lalu (iya, setahun) ; gue dan kawan-kawan mencoba untuk mengajukan propsal skripsi dengan judul [materi] mobile game based learning. sok-sok mencari tahu, dapatlah namanya App Inventor ; salah satu penyedia jasa pembuatan aplikasi android sendiri tanpa harus belajar bahasa pemrogaman, alias... orang awam cem gue atau mungkin kalian itu.... bisa.

singkat cerita. baru seminggu kemarin gue sadar kalau aplikasi gue sangat teramat bermasalah. belum apa-apa, ini aplikasi sudah force close sendiri, belum masuk ke 'permainan' (entahlah. gue juga bingung bilangnya, ini permainan atau soal berganda biasa) eh udah force closed. udah ngulang berkali-kali ampe gue hafal luar dalem kode gamenya tanpa harus lihat tutorial ; tetep juga gak mau. awalnya karena aplikasi gue terlalu besar yaitu sekitar 7 MB ; usut punya usut, ternyata aplikasi yang dibuat oleh App Inventor itu hanya bisa sampai 5MB. okedeh, dapat pencerahan. kompres gambar sana-sini sampai pecyah dan berhasilah 3.2 MB. tapi tahu apa? aplikasi gue tetap tak berjalan.

coba cari jalan keluar. "oh, apa karena gue bikinnya pake windows 8 ya?" - jadilah gue rela downgrade netbook sampai itu netbook rusak yang puji Tuhan bisa terselamatkan sama si abang. baru rusak aja gue udah berkaca-kaca kemarin, jujur aja gak rela banget kalau itu neti sampai rusak, teman seperjuangan dari awal kuliah itu :'( - sampailah si babeh 'meminjamkan' sebentar laptop kesayangannya dan naik pangkat pakai laptop si emak yang mana ternyata si babeh mulai 'jatuh cinta' sama itu laptop gegara gamenya banyak -. .-

oh... apakah masalah sudah selesai? tentu tidak. ternyata pengaruh OS pun sama sekali gak berpengaruh. entahlah... mungkin si App Inventor Online ini emang sensi sama gue... masalahnya... punya yang lain lancar djaya, sedangkan punya gue.... acak adut :'( yes, dan ini bener-bener jadi beban pikiran selama beberapa hari kemarin. kalau boleh curhat sedikit, udah berliter-liter air mata yang jatuh tiap malam. ngerjain media berkali-kali sampai dini hari ; terus maksain badan untuk ON demi media yang... selalu gagal ya tahulah ya ujung-ujungnya mewek. maaf ya badanku. seenggaknya.. gue udah pernah ngerasain berusaha walaupun gagal juga... dan sakitnya... beneran sakit banget. bahkan ketika udah ngerasain badan yang super duper capek pun tetap gak bisa tidur, terus-terusan kepikiran, udah minum obat tidur pun tetap gak mempan juga dan ... ujung-ujungnya lagi... gue ketiduran dengan mata yang sembab. ah sudahlah... ini gue kebanyakan curhatnya.

dan jadilah ini solusi paling terakhir. gue pakai App Inventor Off. puji Tuhan, sekali. aplikasi ini bisa berjalan, walaupun tetap.. masalah force close tetap menghantui tapi setidaknya force close baru muncul ketika 3 kali aplikasi dimainkan tanpa keluar (ya begitulah kira-kira). lega? iya... lega sekali. sampai akhirnya coba berunding dengan septi dan dia mencoba aplikasi buatan gue ke beberapa kenalannya dan puji Tuhan banget kata mereka, "gak ada force close kok. lancar terus". HUHU YA TUHAN, SEMOGA INI KARENA HP KU BULUK YAAA :"(( entahlah, setidaknya ada titik cerah di depan.

kenapa gak pakai programmer? itulah. gue sebenarnya berminat sekali pakai programmer tapi apalah daya... gue gak nemu programmer buat aplikasi yang gue mau. sekalinya ada, mereka baru open PO lagi bulan oktober, sedangkan bulan oktober... Pak Ucu minta, "kalian sidang oktober ya. makanya cepat dikerjakan." - atuhlah, aku cinta sekali dosen pembimbing yang satu ini. dosen pembimbing yang satunya lagi? huhu Bu Maria, maaf ya bu saya gak pernah bimbingan. nanti ya Bu kalau data-datanya saya udah ada baru saya bimbingan ke Ibu :'(

dan bagaimana aplikasi gue? ini. hehehe. bagi yang menggunakan android, bisalah gue minta bantuannya untuk mencoba aplikasi abal-abal buatan gue nih : KOLOID.  ya maaf kalau "permainannya" tidak semenarik permainan yang dibayangkan. namanya juga buatan sendiri yang bukan ahli IT sama sekali. sejujurnya sih gue masih agak ragu untuk 'ngelempar' aplikasi ini ke penelitian karena jujur aja masih gak layak untuk diuji sih cuman.... kalau gak gitu gue kapan penelitiannya? jadi, yasudahlah... hancur gak hancur, harus banget ini aplikasi diuji coba. jadi, mari mantapkan hati apabila nanti dicela. ya setidaknya, kita bisa tahu lah respon anak murid bagaimana. siapa tahu nanti ada yang mau mengembangkan lagi yang lebih heboh. bukan begitu?

oh iya... bagi yang udah download. tolong beritahu ke gue ya. apakah ada masalah atau tidak saat menjalankan aplikasinya. karena gue sekalian mau ngelist, HP mana aja yang bisa support sama aplikasi ini. mohon bantuannya. Terimakasih banyak :")

selamat malam.
God Bless :")



dian chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2