Xiaomi Redmi Note

HALLOOOOO!!! di sore hari nan hujan ini (berhubung gue ngetiknya sore-sore sih, kalaupun ke post malam atau pagi ya maap), mari gue bakalan bahas sesuatu hal yang mudah-mudahan berguna. kalaupun enggak, ya mohon maap.



jadi ceritanya, Jumat kemarin gue abis ganti henpon. dengan budget yang gak gede-gede amat, akhirnya pilihan jatoh ke Xiaomi Redmi Note 4G. iya, yang 4G bukan 3G. apa bedanya? kira-kira ini sih perbedaannya....


selebihnya sama sih. sebenarnya sih lebih enak yang 3G kayaknya ya buat gue pribadi. soalnya, sim 1 bisa gue pake buat kartu 3 (lumayan kan buat internetan), sim 2 nya gue isi buat kartu m3. apalah daya, ternyata yang versi 3G nya beneran gak ada sama sekali di ITC Roxy. gue udah ngider-ngider tetap gak ketemu. yasalam yanasib, yaudah lah kebeli juga akhirnya itu yang 4G. abisan kalau nunggu flash sale dari lazada, gak tahu kapan adanya dan yakin gak akan bisa kebeli juga sih. kemarin nyoba ikutan flash sale, baru berapa detik, eh udah out of stock :'(( jadi deh, gue sekarang pusing.... ini mau internetan pake apa ya? m3 mahal bingitz ih buat internetan doang. cekak dompet kan jadinya. erw erw erw.  dear Indosat, coba dong, harganya diturunin lagi. udah harganya mahal, kuotanya juga kebagi-bagi gitu. huek, ngeselin kan. ok maap, jadi ngedumel gini gue.

jadi... bagaimana redmi note ini?


ini henpon gede beneeeeeerrr, ngalahin si lenovo gue yang kemarin, berat pula. gue gak terlalu berharap banyak sih sama henpon ini. but.. so far is so good lah ya. berhubung masih baru, jadi ya... ini henpon masih cepet-cepet aja dipakenya, gak tahu sih nanti 6 bulan ke depan bagaimana. dalemannya pun, gak ada sesuatu yang wah banget sih.

dari sektor baterai sih, 3100 mAh ya tahan lah 33-34 jam dengan kondisi wifi yang selalu on setiap hari, dengerin musik yang gak sering-sering banget dan kepake buat chichat di messenger yang ada.... ya walaupun emang jarang ada yang ngechat juga sih. ish. apa lo, apa lo (sensi).

untuk kameranya. mari ngebandinginnya sama kamera galaxy note 3 neo ya.  untuk kamera depan dengan kondisi outdoor hasilnya begini :


sedangkan untuk kondisi indoor hasilnya begini :


kamera depan galnote 3 itu sih 2MP ya, sedangkan redmi note ini 5MP. menurut kalian bagusan mana?  untuk outdoor sih entah kenapa gue suka hasil dari galnote, tapi kalau indoor lebih suka redmi. padahal itu jepretnya sama-sama mencari cahaya yang pas nyamber ke muka biar hasilnya oke.

nah, kalau untuk kamera belakang redmi note yang katanya 13MP sih hasilnya kayak dibawah ini. kalau yang ini gak gue bandingin ya.


kelemahan pertama dari redmi note ini adalah gak ada yang namanya self timer untuk kamera belakang. setingan kamera juga bisa manual dengan ngatur iso dan kawan-kawannya. cuma berhubung gue gak ngerti jadinya pake yang udah jadi ajalah ya. sedangkan untuk efek kameranya... ya lumayanlah ada segambreng ini :


Xiaomi ini terkenal dengan launcher bawaannya yang namanya MIUI (bacanya mi-yu-ay, ya!). untuk redmi note, MIUI nya itu yang versi 5 aslinya tapi udah bisa diupdate jadi MIUI 6 yang udah stable. awalnya gue gak mau ngupdate tapi gak tahu kenapa, gatel juga ya bok. jadilah gue update ke MIUI 6 dan..... taraaaa..... ini henpon jadi rada-rada mirip iPhone yua?


gue kurang tahu sih kelebihan dari MIUI 6 ini apaan aja. tapi yang pasti gue lebih suka MIUI 6 dibanding 5. lebih simple soalnya. dan dari yang gue sempet browsing sih (gue udah gak nemu lagi link nya yang mana), MIUI 6 ini katanya lebih hemat baterai dan RAM sih. untuk baterai sih... kayaknya iya ya. lumayan hemat 1 jam sih dari yang gue pake pas MIUI 5. kalau untuk RAM, atuhlah gue gak tahu tapi semoga aja ya bener, secara kan ada beberapa aplikasi yang dipangkas kan di MIUI 6 ini. ah iya FYI, kalau di MIUI 5, tiap kita mau masuk task manager kan harus nahan tombol paling kiri ya nah kalau di MIUI 6, cukup pencet biasa aja udah muncul kok task managernya.

beranjak ke player musiknya. di MIUI 5, kita bisa ganti lagu dengan cara di shake gitu... nah, sayangnya di MIUI 6, pilihan ngeshake-shake lagu itu udah gak ada lagi (eh apa ada ya? tapi sejauh gue oprek-oprek sih gak ada). ya, gak kehilangan-kehilangan banget sih gue.


nah, plis jangan norak kayak gue. untuk yang doyan ngeshuffle lagu, pilihan shuffle itu ada kok. tapi kecil gitu dan gak ada tulisan shuffle, jadi cuma semacam icon gitu doang di playernya. untuk munculin liriknya kalian harus masukin file .lrc (berhubung gue pake minilyrics di lepi, jadilah itu gue copas semua), dengan catatan.. file .lrc nya harus sama persis kayak file lagu yang ada dan save ke folder yang sama deh. tara... kebaca deh itu liriknya.

untuk yang gak bisa tidur kalau gak dengerin musik. tenang... tenang. di dalam playernya ada salah satu fitur ini :


sedangkan untuk aplikasi note nya, berbeda dengan hape gue yang dulu, di note ini gue bisa ngeattach foto kayak begini (ada fitur bulletsnya juga sih) :


salah satu kelebihan yang ada di Xiaomi adalah sistem security nya. kalau di hape yang lain kan harus install semacam DU Speed Booster atau Clearchache atau apalah itu, kalau Xiaomi mah udah ada jadi gak perlu install yang macem-macem lagi. tuh lihat, lengkap kan ya :


dan untuk tampilan BBM nyaaa..... huahahahaakhirnya gue punya tampilan atas yang warna biru. ya maap-maap aja, kemarinan gue pake lenovo, bagian atasnya warna merah, gak tahu kenapa padahal di lenovo yang lain warnanya biru. erw. eh dan yang anehnya lagi... masa di BBM yang sekarang tulisan R sama D nya jadi bulet-bulet gitu. itu emang di gue doang apa di yang lain juga kayak begitu?

!!!!!!!!!

huauhahaha. gile. sekian sudah review dari gue. berguna gak sih post gue ini? hahahaha. apakah layak buat dibeli? menurut gue sih layak-layak aja ya. untuk kalian yang gak peduli merk hp sih ya ini bisalah dimasukin ke daftar. tapi buat kalian yang lebih mentingin pride, ya mending merk hp ini dicoret saja dari daftar. nah, untuk kalian yang sebenarnya gak peduli amat soal merk tapi ragu gegara casing belakangnya yang jelek banget (sumpeh, ini casing belakangnya jelek banget, plastiknya ketara banget), tenang, tenang. udah banyak kok yang jual casing belakang yang metal gitu macem aipun cari aje di lazada kalo males jalan nyari. haahahaha.

ah iya satu sebelum gue tutup post yang sangat amat tidak berguna kali ini. HP Xiaomi ini gak disediain earphone ya, jadi bagi yang demen dengerin musik macem gue, selamat berburu earphone! sebenarnya sih bisa masuk semua jenis earphone ya (katanya sih gitu), tapi enggak buat earphone dari nokia dan lenovo (sedih, padahal earphone nokia ada 2 di rumah masih bagus-bagus pula).

weslah. selamat malam semua! kan apa kata gue, ngetik dari jam 4 sore, kelarnya jam segini. huahahaha.

Adios!


dian chrisniar


catatan : maaf ya, itu maksudnya redmi note biasa bukan redmi note 2. maaf, maaf.

Comments

Popular posts from this blog

PM1

cheese stick TANPA baking powder

Haloha, Karawang!