eS-Ka-Ce-Ka

yaampun udah lama gak ngeblog, sekalinya ngeblog, malah bahas sesuatu yang rada berguna gini. hahaha. berhubung lagi nganggur (setiap hari kan emang nganggur ya gue --") jadilah sekarang iseng bahas gimana caranya bikin SKCK.



apa itu SKCK? 

SKCK itu adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian, surat ini biasanya dibutuhin buat kalian ngelamar kerjaan. wait, ngelamar kerjaan? iye. hahahaha. Puji Tuhan sekali, gue lolos tahap tes online buat SM-3T, tinggal 1 tahap lagi yaitu tahap wawancara. aaakk doakan akooh. nah, printilan berkas buat SM-3T tahap terakhir ini ternyata banyak banget. mulai SKCK, SKBN sama SKS. dua terakhir itu bakalan gue bahas besok ya secara gue belom bikin juga. jadilah tadi pagi gue rempong ngurusin SKCK dulu.

berkas yang harus dibawa apaan aja buat bikin SKCK?

pertama, kalian bikin surat pengantar dulu ke RT dan RW dimana kalian tinggal. baru deh abis itu kalian cabut ke kelurahan buat bikin surat pengantar lagi untuk ke Polresnya. beruntungnya, ngurus surat-surat itu gratis sih ya di daerah gue. hehehe. waktu ngurusnya juga gak lama. abis kalian dapet surat pengantar dari kelurahan baru deh kalian silahkan meluncur ke Polres atau Polsek di sekitar kalian tinggal. jangan lupa juga, bawa fotokopi KK, KTP dan akta lahir ya gaes, masing-masih selembar aja dan foto ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar dengan background merah, inget, merah dan 1 lagi yang paling penting, jangan lupa bawa pulpen. untuk lebih lengkapnya, silahkan dilihat foto dibawah ini :


sampe di Polres harus gimana?

langsung cari loket buat bikin SKCK ada di mana. btw, tadi gue larinya ke Polres Jaktim yang letaknya di Jatinegara sana. abis ke loket, kalian bakalan dikasih selembaran form dan isi deh itu form ampe selengkap-lengkapnya. btw di dalam form ini ada pertanyaan : apakah hobi anda? hahaha. gue berasa ngisi orji jaman SD masa. penting amat hal begituan ditanyain yak.


selesai isi langsung deh balikin lagi ke loket yang tadi dan kita bakalan disuruh bayar administrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fotokopi plus legalisir sebanyak 5 lembar sebesar Rp. 5.000,-  kelar bayar kita disuruh ke loket satunya lagi untuk sidik jari. 10 jari kita bakalan dicap tapi untung capnya gampang dihapus. oh iya di loket ini kalian diharuskan memberi biaya administrasi seikhlasnya. gue? gue mah ngasih Rp. 5.000,- ajalah, tadinya mau ngasih Rp. 2.000,- tapi... yaudah lah. hahaha

kelar dari situ balik lagi ke loket untuk nyerahin form selesainya tinggal tunggu deh. ah iya, FYI, ibu yang jaga loket disini judes beut loh. ahhahaa, sabar-sabar aja yak! ^^v

lama gak sih bikinnya?

nah ini kayaknya tergantung kali ya... tadi sih gue gak rame banget. gak nyampe 1 jam, SKCK gue udah jadi. bentukannya begini :


btw, gue bikin ini serba sendiri loh. mulai dari ngurus surat pengantar dari RT sampe SKCK bener-bener sendiri. sudah waktunya memang sih buat gak tergantung terus-terusan sama orang lain. muahahahha omongan gua. ternyata seru yaw. wakwkawka.

oh 1 lagi. e-ktp gue masa udah 1 tahun lebih 1 bulan belum jadi-jadi juga masaaa. begimana dah ini? emang segitu ribetnya kah? erw. lama-lama gak gue ambil juga dah itu e-ktp, mending sekalian bikin baru buat jadi warga jatibening. toh tinggal menghitung bulan jugak gue harus ganti KTP lagi kan. hft.

yowes, semoga infonya bermanfaat yaa!


dian chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2