Skip to main content

10 Jam Keliling Adonara

Yak. Dengan ini gue resmi lah ya udah 75% pernah keliling pulau Adonara. Dari Adonara Timur, lanjut Tengah terus Barat eh balik lagi ke Timur. Dan kemarin pas MGMP gue diajakin jalan lewat Lite sama Pak Mus. Tinggal Bukit Seburi nih yang belum kesampaian gue jelajahi. Hahaha. Semoga nanti ada kesempatan deh ya.

Berhubung gue tinggal di tempat yang mayoritas katolik dan Rabu minggu lalu itu adalah Rabu Abu, jadilah sekolah pada libur and it means… ya gue kan berarti libur lagi. Karena gue gak rela menghabiskan liburan gue hanya dengan diam di rumah jadilah gue ngajak Ricky dan ngegeret Wahyu buat liburan. Yeyeye \o/~

PANTAI SAGU



Terletak di ujungnya Adonara tengah, ada satu pantai yang entahlah namanya apa. Karena itu pantai ada di desa Sagu jadinya ya gue sebut aja itu pantai Sagu ya. Pantainya pasir hitam sih, dan agak amis. Eh tapi gak seamis di Waiwuring. Ya maklum lah, salah satu mata pencaharian warga di sana kan ya jadi nelayan. Tapi menurut gue sih, pantai ini masih tergolong bersih ya.



Ada banyak kepiting kecil (apa sih sebutannya? Lupa deh gue) di sini. Oh, dan ada hamparan pasir putih juga tapi agak diujung sana. Kemarin si Wahyu mau ke sana tapi agak ‘dilarang’ sama warga sekitar. Entah kenapa.

Di sisi sebelah kanan juga ada bukitnya gitu. Pengen sih naik ke sana tapi bingung mau naiknya dari mana. Katanya juga sih, kalau mau ke pasir putihnya disaranin dari bukit sana.



Cuma, berhubung matahari udah agak terlalu terik dan kita juga gak tahu arah jalannya mau kemana… jadilah kita lanjut ke destinasi selanjutnya… yaitu….

DANAU KOTA KAYA



Terletak di Adonara tengah lagi. Ada satu danau dan itu merupakan satu-satunya danau yang ada di pulau Adonara. Danaunya itu ada di sebelah kanan. Itu tuh yang cuman seupil itu doang. Jangan tanya bentukan danaunya kayak gimana ya. Pas gue lihat dari dekatpun, airnya cuma ya begitu aja. Efek musim kemarau kah? Atau bagaimana gue gak tahu.



Oh iya, sepanjang perjalanan ke sini, kita ada lewatin jalanan model begini :



Itu gue bahagia banget bisa ngelihat jalanan aspal dan dicat, maklum lah.. udah beberapa bulan gak pernah lihat jalanan model kayak begini dan sempat ngerasa takjub. Ternyata ada ya model beginian di Adonara, kirain jalanannya hancur semua. Yaampun, seandainya semua jalanan di pulau Adonara sebagus ini. Sayangnya, jalanan model begini cuma ada di beberapa titik doang dan itu juga cuma pendek. Baru ngerasain jalanan mulus eh udah harus balik lagi ke jalanan yang acak adut. Huhu.

Kelar dari danau Kota Kaya, kita lanjut berkunjung ke Wailebe (Adonara Barat) tempatnya Mita. Niatnya mah mau numpang makan gitu eh tapi baru dateng aja udah langsung diteriakin,

“ngapain sih lo pada ke sini?”

hufft --“ btw, terimakasih ya buat jamuan Sprite dan Jasjus dingin serta keripik kentang terinya, Ta. Hahaha. Seneng kan lo didatengin kita, jadi rame tuh rumah :P

PANTAI WATOTENA



“… pokoknya sore ini, kita lihat sunset ya di Watotena. Gua udah rindu banget pengen ke sana”

Dan gue sama Ricky cuman,

“hmh.. terserah elo deh, Way”

Kelar istirahat lucu di tempat Mita, kita kembali lagi ke haribaan Adonara Timur. Berhubung pak supir masih pengen kelayapan, jadilah kita main sebentar di pantai ini. Tapi sebelumnya, kita sempat main sebentar ke Lamahala. Sambil nunggu Wahyu shalat, gue sama Ricky jalan bentar ke pesisir pantai di desa Lamahala.



Kayaknya sih dulu ini tempat pernah dijadiin pelabuhan deh ya tapi mungkin karena udah hancur akhirnya dipindahin ke Waiwerang. Dan sepertinya pelabuhan di Waiwerang juga bakalan dipindahin ke Throng, abisan kondisi di Waiwerang juga udah mulai masuk kategori menyedihkan sih.

Ok. Mari kembali ke Watotena.



Sebenarnya gue udah agak bosan ke sini. Abisan, baru bulan kemarin ke sini, eh balik lagi. Pengennya ke Inaburak eh tapi kalah suara jadi yasudahlah, ngekor bae.



Kelar berburu sunset, dua lelaki itu memutuskan buat jebar-jebur lucu. Gue? Hueh, gue cukup jadi penonton sajalah. Gue gak terlalu demen juga sih buat berenang. Cukuplah ceburin kaki aja. Hahahaha. Ditambah udah sore juga kan, mengingat badan gue terlalu lemah akan angin malam apalagi kalau basah-basahan gitu, aish… jadi lebih baik gue duduk manis di pasirnya sambil teriak…



“udah gelap. Pulang yuuukk!!”

Dan…. Yak. Sekian sudah 10 jam keliling pulau Adonara-nya. Seharian full bisa liburan menyenangkan ya. Hahaha. Wahyu emang dah ah, supirnya Adonara banget, walaupun abis itu dia tewas, wakakakka.



Oh… dan tentunya… motor Papaps Olen itu emanglah paling gagah se-Adonara. Udah dipakai cengtri, terus diajak keliling 1 pulau yang mana jalanannya aut-autan begitu, eh dia gak ada rewel-rewelnya loh. Muahahha. Motornya sih gak rewel tapi kalau yang punya tahu…. Bisa-bisa Bapake yang rewel nanti sama gue dan Ricky. Hahaha. Ntar aja deh ngakunya… kalau udah mau pulang ke Jakarta. Terimakasih Papaps! :’D

Selamat menjelajah!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.

SKBN dan SKS

sesuai janji yang kemarin, berhubung 2 hari yang lalu gue kelar ngurus Surat Keterangan Sehat (SKS) dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), maka dari itu malam ini mau bahas cara buat ngedapetin kedua surat itu. ngurus SKBN sebenarnya bisa di BNN, cuma berhubung gue males harus pindah-pindah tempat jadilah gue ngurus itu di satu tempat yaitu di RSUD Budhi Asih di Cililitan sana.