Skip to main content

Jogja : One day trip with Yoga

JOGJA! yeaaayy.

setelah hampir 2 hari mengelilingi kota Malang, gue dan Mita pergi ke tempat selanjutnya, Jogja, dengan tujuan paling utama hanya dua tempat, Kalibiru dan Ratu Boko. niat awalnya sih pengen kelayapan berdua aja macam di Batu kemarin, pengen ngajak mbak Uti tapi pasti udah ketebak dia bakalan males diajak kelayapan. coba cari kenalan yang lain dan jadilah selama di Jogja kemarin diajakin jalan-jalan sama Yoga di hari kedua, dan Rini di hari ketiga.



terus hari pertama?

hari pertama di Jogja diisi dengan istirahat. yak. kita sampai di Jogja itu sekitar jam setengah 5 pagi. karena kebetulan baru sewa motor itu jam 8 pagi, jadilah kita terpaksa ngondek dulu di stasiun Tugu. untuk motor, kali ini kita sewa di rental yang namanya D'Frent. untuk harga, rental ini tergolong murah dibanding yang lain. Rp. 60.000,-/hari/tipe motor beat. yak, harga rental tiap motor ini berbeda, info lebih lengkapnya, silahkan klik link yang tadi :"D

nah, untuk penginapannya. kali ini kita carinya ots-an di jalan Sosrowijayan. niat awalnya mau nginep di Hotel Indonesia tapi karena kamar yang dipengenin gak ada, jadilah kita move ke hotel depannya, yaitu Hotel Kartika dengan harga Rp. 125.000,-/malam. fasilitas yang didapat, kasurnya springbed kualitas bawah serta kamar mandinya itu kamar mandi dalam. bersih kok untungnya. di hotel ala-ala ini ada dapurnya jadi kalau kalian mendadak lapar, kalian bisa numpang masak mie. atau, kalau kepingin minum teh/kopi, hotel ini menyediakan dengan gratis jadi tinggal seduh sendiri.

seperti yang gue bilang, hari pertama di Jogja diisi dengan istirahat. ya, gak istirahat-istirahat juga sih. sempet jalan-jalan tapi gak jauh-jauh dari penginapan. main ke Beringharjo, terus nyoba makan di Raminten (ini nanti gue review sendiri), dan terakhir ketemuan sama Mbak Uti di alun-alun kidul. oh iya, kebetulan kemarin pas datang, Jogja lagi ulang tahun, jadi banyak pawai gitu di sekitaran Maliobro. yeaayy, Dirgahayu kota Jogja <3


- - - - -

Kalibiru


YEAAAYY!!! akhirnya, kesampaian juga nginjekin kaki di tempat paling ngehitz se-Jogja ini. hari kedua di Jogja, gue sama Mita ditemenin sama Yoga. kita janjian sama dia jam setengah 7 di lampu merah ke-tujuh dari Tugu Jogja. tapi apa yang terjadi? pft. doi baru nongol jam 7, kebiasaan. abis ketemu kita langsung cus meluncur ke rumah Mbak Uti.

iyak. mbak Uti. setelah kemarin dia sempat menolak gak mau ikutan, eh ini orang akhirnya berubah pikiran. entahlah, apa karena dia yang pengen ikutan ke sana atau terpesona dengan Yoga, gue gak tahu. buahaahhaha (biyaaan mbak e :p). FYI, jadi pas malam pertama gue dateng ke Jogja, gue sempat meetup sebentar sama Yoga dan Mbak Uti buat ngerencanain hari ini mau ke mana aja. dan mbak Uti yang awalnya dia kekeuh gak mau ikutan, eh malah berubah haluan.


jarak dari rumah Mbak Uti ke Kalibiru ya gak jauh-jauh banget sih, kurang lebih setengah jam kita udah sampai. jalanan yang ditempuh juga mulus kok, cuman.... agak serem sih memang pas udah masuk ke kawasan Kalibiru. jalanan yang kita tempuh bakalan menanjak terus, jadi persiapkan fisik motor dengan baik ya! jalanan menanjaknya pun juga tergolong curam, intinya mah hati-hati aja. mbak Uti aja sampai tremor dan minta tukeran karena dia gak berani bawa motornya. buahhaha, katanya orang situ tapi malah gak berani. pft.


jalanan nya itu tergolong kecil sih, cuma muat untuk satu mobil. tapi buat kalian yang bawa mobil, tenang aja, karena petugas di daerah Kalibiru siap menuntun kalian dengan selamat sampai ke jalan yang besar. koordinasi petugasnya okelah. mereka menerapkan sistem buka tutup jalur gitu. jadi kalau kalian naik ya pasti gak akan ada mobil yang dibolehin turun sampai kalian sampai ke tempat parkir, begitupun sebaliknya. cuma, tolong jangan langsung menganggap jalanan itu milik kalian seutuhnya ya. serius. tolong kasih space juga untuk motor yang lewat. karena, sistem buka tutup jalur ini hanya berlaku untuk mobil bukan motor. kayak kemarin, gue sama Yoga nyaris aja nyemplung jurang karena mobil yang lewat ketengah-tengah banget, udah gitu ngebut pula. pft. yo mbok kalau jalanannya kayak gitu jangan ngebut-ngebut keleus. ish. gue gak sempet motoin jalanannya karena sibuk baca doa. buahahaa. yabis gimana, si Yoga juga bawa motornya macem orang kesurupan. pft.

dari parkiran motor, kita harus nanjak lagi untuk sampai ke pintu gerbangnya Kalibiru. serius, ini beneran nanjak parah. buat kalian yang gak kuat nanjak, kalian bisa kok naik ojek, kebetulan ada ojek yang bersedia membantu kalian sampai menuju ke pintu gerbang Kalibiru.



dari gerbang, kita bakalan dikenakan biaya masuk Rp. 5.000,-/orang. ini cuman tiket masuk ya, bukan tiket buat foto-foto di panggungnya. ada kurang lebih 6 spot foto, dimana tiap spot foto itu dikenakan biaya Rp. 10.000,-/orang. kecuali ada 1 spot foto yang emang besar banget, nah itu harganya Rp. 15.000,-/orang. jarak antar spot foto juga gak deket-deket amat sih. semakin ke belakang, tempat spot fotonya semakin sepi. dan kita memilih 2 spot foto paling ujung, yang pertama spot biasa dan yang kedua spot hati gitu.




berhubung kemarin gue dateng pas weekdays jadi ya itu tempat agak sepi sih ditambah gue datengnya rada pagian juga. jadilah kemarin pas foto-foto itu kita puas karena waktunya agak lama. sebenarnya sih tiap orang dijatah 3 menit cuma ya karena kemarin beneran sepi jadinya adalah 5 menit gitu tiap orang.



buat yang mau dapet hasil yang bagus, kalian bisa minta tolong jasa tukang foto di tempat ini. harganya Rp. 20.000,-/orang/4 foto softcopy. yak, kita gak akan dapet foto dalam bentuk kertas tapi hanya dalam bentuk soft nya. mahal? ya begitulah. kemarin kita gak pake gitu-gituan, udah cukup lah Yoga merangkap jadi kang foto juga. hahaha. abisan, pas kita mau menuju ke spot foto, gue sempet denger ada segerombolan mbak-mbak yang ngedumel kurang puas sama jasa foto mereka. jadi yaudah, cukuplah kita pake jasa Yoga aja yang heratis. hahahaha.



oh iya. di tempat ini juga ada beberapa burung hantu yang bisa diajak buat foto-foto dengan harga sukarela. iyaks. selamat berfoto-foto.


puas foto-foto, kita akhirnya memutuskan buat balik ke tempat mbak Uti. nganterin dia pulang dan numpang makan juga istirahat sebentar. buat kalian, coba deh mampir ke rumah doi, kalian bakalan dijamu bener-bener walaupun tetap dengan perhitungannya sih. hahaha.

- - - - -

Candi Prambanan


kelar istirahat di tempat Mbak Uti, gue, Mita dan Yoga akhirnya lanjut ke tempat selanjutnya. iyak, mbak Uti gak ikutan karena dia udah capek. superb banget kan mainan gue dari ujung ke ujung gitu. niat awalnya sih pengen main ke Ratu Boko tapi karena cuaca gak memungkinkan buat lihat senja ditambah udah kesorean juga, jadilah cuma mampir sebentar main di Prambanan.


tiket masuk ke Prambanan ini Rp. 30.000,-/orang. mahal ye bok. itu weekdays loh. nah, dari sini kalian bisa beli tiket terusan buat masuk ke Ratu Boko sekalian, jadi totalnya Rp. 50.000,-/orang.

dari sekian banyak foto gue di tempat ini, gue paling demen sama foto :


yak. ini. hahahah. gak tau dah kenapa. kalau kata Yoga mah, "lo ngadep belakang dah Di. tas lo photo-able banget". erw, sial --"



dan yak, segitu ajalah liburan gue di hari kedua ada di Jogja bareng Yoga. terimakasih yooo Yooggg sudah meluangkan waktunya. ahey. buat kalian yang mau lanjalan dan bingung mau kemana aja, silakan hubungi Yoga. lumayan doi bisa ngerangkap jadi kang foto gratis juga loh :D


btw, rambut gue tau aja yaaa kalau lagi diajakin lanjalan sambil foto-foto jadi bisa rapih bener begitu :p



weslah, sampai jumpa di post terakhir liburan gue di Jogja bersama Rini. hahahah, atuhlah tour guide gue ganti-ganti terus tiap hari.

Adios!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Sakitnyaaaa...

yeyeye! karena sakit bukan penghalang buat gak ngeblog. udah hampir seminggu ini gue sakit dan tadi pagi itu puncaknya banget, jarang-jarang gue bangun tapi kepala gue rasanya keliyengan banget dan pastinya lemas sekali. alhasil, hari ini gue memtuskan untuk memberanikan diri berobat ke dokter. jadilah gue tadi berobat ke dokter di RS Cikini sekalian nemenin si gendut imunisasi.

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.