Tempat Main di Pulau Harapan

ngumpulin mood buat bikin post ini lumayan juga yaaaa. setelah berhari-hari kerjaan gue tidur cepet terus (asli deh, remuk di badan ini beneran masih berasa sampai detik ini gue ngetik ini post). wes-wes, melanjuti post gue sebelum ini, Anak Pulau Lagi : Pulau Harapan maka di post kali ini gue bakalan full ngebahas tempat liburannya aja.



jadi, kemana aja nih selama di sana?

well, kita mulai dari pulau Harapannya itu sendiri yaaa. seperti yang gue bilang, di pulau Harapan itu sama sekali gak ada pantai berpasir, tapi ada beberapa tempat sih yang bisa dipake buat melepas penat sekalian foto-foto lucu dan yang pastinya tentu untuk mencari sinyal juga. yaaa, selama di sana sinyal gue jeleknya ampun-ampunan, bahkan kayaknya masih lebih bagus sinyal di Lewopao deh ah.

ehm... mari dimulai dari :

"Pantai" depan Homestay


yak, kenapa gue kasih tanda petik di kata pantai? karena ya... tempat ini dibilang pantai juga ya bukan, jadi mari kita sebutnya pantai ala-ala lah ya. oh iya, kebetulan kemarin homestay gue itu tepat di samping SMPN Pulau Harapan, sebaris sama TPU Pulau Harapan juga. iya, TPU. horor? oh ya begitulah. wkwkwkw.



nah, untuk menuju ke tempat ini ya kalian harus menyusuri homestay orang juga. wkwkwk. cari-cari ajalah jalan menuju ke tempat ini. bingung juga gue jelasinnya. tapi gampang kok gak susah. btw, gak terlalu banyak yang bisa dilakuin di tempat ini kecuali foto-foto sambil lihat sunset. FYI, lihat sunset di sini sih lumayan bagus yaaw.


- - -

Penangkaran Penyu Pulau Harapan


nah, kalau ini ya tinggal tanya aja ya sama warga setempat. secara penangkarannya cuma 1 biji, yes.


kalau kalian nanya, "bayar gak sih masuk ke sini?", sejujurnya gue gak tahu sih apakah bayar atau enggak ya. yang pasti pas kemarin kita dateng sih, kebetulan mamang-mamangnya emang lagi bersihin penyunya juga. sempet baca di blog orang-orang sih, katanya sih ya bayar Rp. 5.000,- tapi.... berhubung kemarin kita pergi main asal pergi aja dan gak ada satupun diantara kita yang bawa uwit, jadi ya.... gitu deh. wkwkwkwk.


lagipula kata Azis, "kan gak ada tulisan harus bayar ke mana, jadi yaudah gratis berarti. lagian gak jelas juga duitnya kemana" - iya, tapi abis itu kita dibetein mamang-mamangnya. huhuhuhu. dear mamang-mamang penjaga, mohon maap yaaaaa, gak ada maksud buat gak bayar tapi yagimana, kitanya emang gak bawa uwit, huhuhuhu. jangan ditiru eyaps.


btw, di penangkaran ini ada dua jenis penyu. 1 penyu sisik dan satunya lagi penyu hijau yang mana gue gak paham ijo darimananya ini penyu. daripada ijo, gue lebih melihat ini penyu lebih mirip penyu albino masaaa.. wkwkwkwk.


- - -

Dermaga Pulau Harapan


gimana-gimana, baru dermaganya aja udah cakep beut kan yaaaa. ahahahah.



jadi selain pantai ala-ala, tempat ini juga salah satu spot gue untuk mencari sinyal kemarin. sambil nemenin si Azis sama Topik main air ya kan (sumfeh deh itu dua orang macem bocah beneran), ya gue mending duduk-duduk cari spot buat foto-foto.

 

tempatnya sih memang agak amis ya tapi bersih (kalau kalian jalan sampai ke ujung dermaganya yaa). dan yang pasti, tempat ini dangkal soalnya si dua bocah itu, mereka bisa main air sampai ke tengah-tengah sana.



sok atuh, kalau mau berenang ya, monggo. tapi ya gitu, harus agak kuat ya nahan bau amisnya.


kalau yang tadi itu dermaga untuk kapal-kapal kecil, ada juga dermaga untuk kapal besarnya. dermaga yang katanya sih cuma beroperasi tiap weekend doang (karena emang ditujukan untuk para turis sih). kalau kalian nganggur, boleh loh main-main ke sini pas weekdays. tempatnya photoable banget, secara kan sepi banget gitu. berasa dermaga milik pribadi.



- - -

Pulau Kelapa 2


nah. berbeda dengan pulau kelapa yang pernah gue ceritain di post sebelumnya, kalau pulau Kelapa 2 ini beneran nama pulau di seberang pulau Harapan. untuk menuju ke sana kita harus naik ojek. wait, ojek disini bukan ojek motor, tapi ojek kapal, kapal motor sih tapi.. eh sama aja ya bilangnya ojek motor? Ehehehhe


berbeda dengan pulau Harapan, di Pulau Kelapa 2 ini ada pantai ala-alanya sih. pantai yang beneran berpasir pantai tapi ya gak luas, cuma di pesisirnya aja. ya lumayanlah. di sini pun kalian bisa main kano gitu ya kan (sewa sama warga sekitar).


tapi yang harus diketahui ya, laut di sekitar pantai ini tuh gak dalem. jadi jangan sok-sok-an lompat yaaa. jangan kayak Topik, dikiranya dalem kali ya, pas dia lompat, hadededeh.... ya tahulah apa yang terjadi... kakinya kan yang modyar.


dan gue sih sebenarnya gak berminat awalnya buat naik kano ini. eh tapi si Azis memaksa dan dengan pedenya dia bilang, "lo gak mau naik, kak? lo meragukan gue? anak tanjung priok ini". wes. okelah. wkwkwkw. eh tapi beneran loh dia bisa. wkwkwwk. padahal mah, tahu banget itu, alasan dia maksa gue buat naik kano mah biar ada yang motoin dia aja. cih.



kalau ditanya ada apa di pulau Kelapa 2, ehm.... selain rumah penduduk yang pastinya, di tempat ini juga ada penangkaran penyu kayak di pulau Harapan. tapi kemarin gue gak sempat lihat sih karena ya jenis penyu yang mereka punya juga sama kayak yang di Harapan. dan, gak jauh dari situ... ada juga hutan mangrove nya.



gak besar sih tapi ya lumayan lah buat foto ala-ala. auk dah ala-ala apaan -_-" ehehehehhe.


Pulau Perak


DANNNNNN, INILAH BEST SPOT NYAAA!!!



ihihihih. di hari terakhir gue di pulau Harapan, akhirnya kesampaian juga main keluar pulau. kelar TO, kita berlima cabut ke pulau Perak bareng anak-anak bocah yang kita ajarin, hitung-hitung sekalian perpisahan. kebetulan kita berlima ada sewa kapal, kurang lebih kemarin habis Rp. 400.000,- tapi dengan catatan, itu tanpa 'nahkoda' (apasih nyebutnya) beneran yaaa.

maksudnya?


yaaa.. jadi pas itu kapal dateng, gue bingung dong ah. kok isinya semua anak-anak murid gue. yang bawa kapalnya yang mana. sampai akhirnya gue nanya :
D (dian) : ini siapa yang bakalan bawa kapal?
Murid (M) : tenang kak, banyak kok anak cowok yang bisa bawa kapal
D : ..... ini serius beneran?
M : iya kak, ada si Subhan, Ical, dll. kakak tenang aja, mereka udah biasa kok bawa kapal. kalau di Jakarta kan anak muridnya pada bawa mobil kan ke sekolah, nah kalau di sini mah, murid-muridnya bawa kapal, kak. jadi tenang aja.
D : oh.... okaaaayyy (padahal dalam hati ketar-ketir). wkwkwk

dan puji Tuhan sih bisa selamat beneran sampai di Pulau Perak. dan sesampainya di sana, asli.... gue beneran bahagianya kelewatan. gue, gak nyangka, ada air laut warnanya kayak begini di utara Jakarta. terakhir gue lihat yang modelannya kayak gini ya di Flotim sana, di Inaburak.



sesungguhnya bikin gue bahagia itu ya memang gampang sih. ajak aja ke tempat-tempat model begini. suer deh berasa main kemana gitu loh.


sampai ke pulau ini, ada banyak ayunan. si Anggi noh, ketemu ayunan bahagianya kebangetan macem lihat mainan apaan tauk. eh eh eh, tapi gue juga sih, seneng bener lihat ayunanannya. ahahahha.



berhubung pulau Perak ini gak berpenghuni jadi ya kalian bebas sih mau ngapain aja. kayak kemarin sih kita ada bakar-bakaran. para bocah pada bawa ikan sama ayam buat dimakan bareng-bareng. itu asli deh enak banget. udahlah makanannya enak, viewnya pun sungguh mendukung. aaakkkk. tapi tapi, biarpun ini tempat gak berpenghuni biasakan untuk gak buang sampah sembarangan yaaa. gue takjub sih, anak-anak gue kemarin abis selesai bakar-bakaran pada beberes sampahnya lagi. ihihihih. bagus-bagus!!




dan kebetulan sih tempat ini katanya yaaa bagus buat snorkling sih tapi ya gak tahu juga sih ya (mengingat gue gak bisa berenang juga kan). sebenarnya sih kemarin udah dibawain pelampung ama anak-anak bocah. tapi tetep aja sih ya, gue masih rada rancuh gitu masa... btw, life jacket beneran bisa bikin ngapung gak sih? wkwkwkwk. cuman ya, kata Anggi sih air disini beneran asin banget makanya perih banget kalau kena mata. so, buat yang mau nyemplung-nyemplung, ada baiknya ya kalian bawa kacamata renang yaa.



dan kalau kalian sabar menunggu sampai sore, kalian bakalan nemuin ini di sana :



wkwkkwkw. iya. sunset. aaaaahhhh. asli lah, main di pulau Perak itu merupakan hari terbahagia gue selama di pulau Harapan kayaknya sih. seenggaknya, warna air lautnya itu loh... mengobati kerinduan gue akan Inaburak. ehehehehe.


jadi.... ya sekian post jalan-jalan gue di pulau Harapan. semoga berguna yaawww!!

bonus!


berhubung kemarin gue pulang di hari biasa dan naik kapalnya dari pulau Kelapa, jadi isi penumpangnya gak seramai saat gue berangkat tempo lalu. nah, berhubung gue gak bisa lihat Anggi nganggur ya kan, wkwkwkkw, jadilah gue ngegaet dia buat moto-motoin gue selama di kapal. ya mayan lah yaaa, macem Titanic ala-ala gitu. kwwkwkkw.

ah iya, terakhir. terimakasih FUN, terimakasih Sinok (eh gini bukan sih tulisannya? wkwkwkwk gue gak tahu masa), terimakasih MAN 1 Harapan, dan tentunyaaaaa my lovely Harapan team-mates. tsaaahhh~~~ see ya in another time, fellas!


oh, dan buat anak-anak bocah ku. selamat menempuh UNBK yaaawww!!! sukses semuanyaa!!


see yaaaa semuaaaaa!!!!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2