Finally success : DONAT!

Selamat malaaaaaammm!!!

yeay, akhirnya setelah sekian lama, label masak-masakan kembali lagi di blog ini. yeppieeee. nah, di resep kali ini, diriku mau ngebagiin 2 resep masakan yang baru aja dieksekusi hari ini (the effect of libur tapi gak bisa kemana-mana karena cuaca lagi jelek-jeleknya). niatnya mau bikin pizza lagi (secara udah master kan yaaak), cuma ternyata bahan buat topingnya pada gak ada. jadi ya puter otak, pilih makanan yang lain.



untuk sekarang, ku mau bagiin resep cara membuat donat ekonomis tapi berhasil. wkwkwkw. tanpa kentang juga. sebenarnya sih ini resep hasil nyontek dari videonya Yackikuka, lebih lengkapnya monggo di cek di video berikut :


intermezzo dikit.

dulu waktu di Flotim, sering banget kan ya bikin donat kentang dan selalu berhasil. terus pas udah nyampe Jakarta, pernahlah 3 kali nyoba bikin donat kentang dan itu failed semua. entah apa yang salah. apa salah ngadonnya, apa salah raginya, dan lain-lainnya. padahal udah setahun diajarin den Riki, tapi teteup juga gak pinter-pinter bikin donatnya.

dan hari ini kembali berniat mencoba bikin donat. awalnya mau bikin donat kentang lagi cuma ternyata kentangnya kagak ada di rumah. coba serching dan dapetlah resep kayak di video tadi. agak sedikit nekat sih ya, bikin donat kentang aja gak bisa-bisa ; lah ini mau bikin donat biasa, entah mau sekeras apa nanti itu donat.

TAPIIIIIIII.....

ternyata pas dicoba... voilaaa. berhasil rupanya. hihihi. bahkan donatnya juga lembut dan bertahan sampai sekian jam. love banget lah. so, ini resepnya. dimulai dari bahan-bahannya ada :


200 gram tepung protein tinggi (kupakai cakra kembar)
50 gram tepung protein sedang (kupakai segitiga biru)
5 gram ragi
1 butir kuning telur
120 ml air dingin
50 gram gula pasir
50 gram mentega

cara membuatnya :

campur semua bahan kecuali mentega. pokoknya adon dah sampai semuanya kecampur rata dan agak semacam kalis gitu. oh iya, kalau di videonya itu pakai mixer, berhubung di rumah gak ada mixer alhasil kukerahkan seluruh otot-otot tanganku buat ngadon. asli.... itu pegel bet sih.


dan kalau udah kecampur semua bahannya, baru deh masukin menteganya. oh iya, kalo di videonya pakai garam, kalau aku bikinnya gak pakai garam. kenapa? karena alasan pertama ya lupa, kedua... berhubung ku pakai mentega, harusnya sih udah asin ya (wkwkwkkw). ahh, dan disini lah perjuangan dimulai. semangat deh pokoknya ngadonin itu ampe kalis. kalau masih lengket, ya tambahin tepung terigunya dikit-dikit aja. pokoknya sampai adonannya udah gak lengket lagi.


itu pun kata Riki sang master donat, adonannya masih kurang kalis :


ya apalah daya, berhubung udah capek pake banget jadi yaudah deh, segitu aja kayaknya cukup. sedangkan untuk bentuknya... harap maklum yaaa. wkkkwkwkwk. namanya juga bukan seniman dan emang karena buat konsumsi pribadi juga, jadi gak usah lah cakep-cakep.

dan pas digoreng...


whuooohhh. surprisingly, bisa loh mengembang jadi cantik kayak begini. terharu aku tuh jadinya. hihihi. tinggal tambahin deh pakai toping kesukaan kalian apaan. dan pas dimakan beneran empuk dan keempukannya bertahan hingga sekian jam. serius deh, gak boong.

so, selamat mencobaaa!!!



Dian Chrisniar


Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2