Skip to main content

Balik ke Dapur : Roti Boy ala-ala

hayhalooo!!!

setelah sekian lama gak mainan ke dapur, akhirnya kemarin kembali lagi buat nyobain 1 resep yang awalnya yakin gak yakin sih ya. sesuai judulnya, jadi kemarin gue nyobain bikin Rotiboy ala-ala gitu deh. FYI, gue adalah penggemar berat roti model beginian (entah yang merk rotiboy, roti o atau papa bunz). karena 1 roti gituan harganya lumayan kan ya, jadilah nyoba iseng bikin. dan surprisingly.... bentuk dan baunya udah mendekati, tinggal rasa-nya aja sih yang masih agak kurang. enak tapi gak sama persis kayak roti tersebut. yang ngebedain paling rasa butternya aja sih.




dan ternyata... bahan-bahan bikin roti ginian tuh tergolong simple loh. cumaaa.... yang bikin lama itu ya proofingnya yang sampe berjam-jam sama ngekalisinnya sampai elastis. tapi.... berhubung di rumah punya alat Re-Bread, alhasil gue cuma duduk manis aja nungguin dia sampai kalis, biarkan alatnya bekerja. asli deh ini sangat membantu orang-orang macem gue yang seneng baking tapi gak mau capek buat ngekalisinnya. ehehehe.


udah punya alat ini dari kapan tau, cuma jarang dipakai. seringnya sih dipakai cuma buat bikin roti tawar gitu sih ya. sangat membantu... walau hasilnya gak pernah beres sih. entah apa yang salah. jadi alat ini selain bisa ngekalisin adonan, bisa juga dipakai buat manggang adonan gitu. tapi... ternyata selidik punya selidik... hasil panggangan pakai alat ini tuh gak pernah bagus. sekalipun kita udah pilih pinggirannya biar gak gosong, tetep aja akan gosong dan keras gitu. lebih baik ya panggang beneran di oven, lebih merata aja. agak PR sih memang.

apa aja yang dibutuhin buat bikin rotinya?
ini resepnya, hasil jadi bisa lah buat 12 roti.

bahan roti
250 gram tepung protein tinggi (cakra)
5 gram ragi instan
10 gram susu bubuk
50 gram gula pasir
1 butir telur
90 ml air dingin
25 gram mentega

bahan isian
mentega sesuka hati

bahan topping
55 gram gula halus
50 gram mentega
60 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
1 bungkus kopi instan (goodday chococino)
1 btr putih telur

Cara Membuat :

1. yang pasti sih buat bahan rotinya dulu. kalau kalian ada mixer ya silakan mixer semua bahan roti yang tadi. nah, kalau kalian mau pakai alat Re-Bread, maka jangan lupa urutan bahannya yaaa. dimulai dari paling bawah yang lemak/cair (bisa air, telur, mentega, dsb) - gula - tepung - baru ragi. kalau mau bikin ini berarti urutannya, telur, air, mentega, kemudian gula, susu bubuk, tepung terigu, baru deh diatasnya ditaro ragi. abis itu pilih menu yang leaven dough dan taraaa... selamat menunggu selama 1,5 jam (ini udah termasuk ngeproofing yaa). kalau cuma mau

2. buat yang gak pakai alatnya, setelah adonan mulai kalis jangan lupa di proofing dulu kurang lebih 1 jam lah.

3. nah, selesai ngeproofing. baru deh, bagi adonannya sesuka kalian. kemarin sih bikin buat 12 roti yaaa... dan pas udah jadi, lumayan lah ukurannya. gak sebesar yang kayak dijual di toko tapi ya gak kecil juga.

4. setelah itu masukin isian rotinyaaa. karena gue lebih suka isi mentega, jadi ya diisinya itu. tapi kalau kalian mau isinya coklat/keju/apapun ya monggo. selesai diisi, jangan lupa dibuletin lagi dengan sempurna. nah, ini kelemahan gue. gue paling susah kalau disuruh ngebulet-buletin kue, hasilnya pasti gak pernah beres.


5. kelar itu, jangan lupa, tunggu lagi buat nge-proofing, kurang lebih 30-45 menit lah.

6. sambil nunggu rotinya sebelum dipanggang, baru deh kita buat toppingnya. ya semua bahan yang tadi tinggal di-whisk aja. pakai mixer boleh, gak pakai mixer juga gapapa. tapi mendingan gak usah sih (sayang listrik euy). wkwkwkw.

7. kalau udah selesai ngeproofing, baru deh olesin toppingnya ke atas adonan rotinya.

8. nah, ini tips n triknya. kalau mau manggang sesuatu jangan lupa panasin dulu ovennya ya gengs. untuk suhunya.... sejujurnya ini sih ngira-ngira aja yaaa. kemarin sih gue pakenya 170 derajat ya dengan waktu memanggang kurang lebih 30 menit lah. intinya, jangan berpatokan sama yang gue bilang, karena panas tiap oven itu beda-beda. apalagi oven gue udah zaman dahulu banget, jadi panasnya agak aneh gitu. sering-sering aja dicek kuenya.

9. dan taraaaaa.... selamat menikmati. hihihi.


serius deh, baun dan teksturnya itu udah rotiboy banget. walau rasanya masih kurang. gue juga masih meneliti apa yang kurang. entah mungkin menteganya kah, ya secara gue pakainya blueband doang.

so, segitu dulu info super berguna gue hari ini. sampai jumpa di episode oprek-oprek dapur selanjutnya!!! btw, ada usul enaknya bikin apa?


Adios!


Dian Chrisniar


Comments

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Sakitnyaaaa...

yeyeye! karena sakit bukan penghalang buat gak ngeblog. udah hampir seminggu ini gue sakit dan tadi pagi itu puncaknya banget, jarang-jarang gue bangun tapi kepala gue rasanya keliyengan banget dan pastinya lemas sekali. alhasil, hari ini gue memtuskan untuk memberanikan diri berobat ke dokter. jadilah gue tadi berobat ke dokter di RS Cikini sekalian nemenin si gendut imunisasi.

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.