Rutinitas Hari Minggu

HALOHAA!!

kupikir label Flotim udah gak akan bisa diupdate lagi, eh taunya bisa juga. cerita Flotim kali ini mengenai rutinitas aku setiap hari Minggu selama di Adonara Timur, Flores Timur. oke, emang gak penting sih. ahahaha, tapi gapapa lah yaaa, biar ada kerjaan dikit. hitung-hitung melepas penat karena besok mau ketemu 'anak-anak kesayangan'. aaaahh ya Tuhaann :"((



oke kembali ke topik. perhatian, blog ini bakalan penuh beberapa foto dengan muka yang sebenarnya gak layak update sih. karena asli, muka selama di sana kusaaaam bener. ya maklum, selama setahun diisi dengan musim panas terus, begimana gak menghitam.

seperti yang diketahui, penduduk di Flores Timur itu mayoritas beragama Katolik, begitu pun di pulau Adonara. mencari gereja Katolik itu gampang banget. di setiap desa pasti ada 1 gereja Katolik. masjid pun juga begitu, walaupun tidak di semua desa ada, tapi yaaa masih bisa dicari lah. yang susah yaitu nyari gereja Protestan. di pulau Adonara sendiri, gereja Protestan cuma ada 1, letaknya pun di pusat kota Waiwerang, namanya GMIT Waiwerang.


dari desa Lewopao tempatku tinggal, kurang lebih memakan waktu hampir setengah jam-lah untuk bisa sampai ke Waiwerang apalagi jalananannya dulu gak bagus kan ya. tapi kalau udah kepepet banget, bisa lah 15 menit nyampe ke sana dengan catatan itu kalau Riki yang nyetir yaaa. dia kalau ngebut beneran bikin mendadak dekat sama Tuhan lah.

jadi inilah rutinitas ku setiap hari minggu.

ini Om Pit dan Mama Ida

ini motornyaa
pagi hari, aku turun ke bawah untuk pinjem motor Om Pit. yak, tugas untuk pinjam-meminjam motor ini ya bagianku mengingat aku gak bisa bawa motor kan ya. dan motor Om Pit inilah yang jadi alat transportasi kami bertiga (aku, Riki dan Mbak Uti) kalau mau jalan-jalan. kalau motor Om Pit gak ada, baru deh cari pinjaman ke Pak Olen. kalau gak ada dua-duanya, yawasalam, tarik selimut lagi. abis mau gimana? naik angkot? disana mah kagak ada angkot kalau tiap hari minggu pagi.

ini Pak Olen dan Bu Ita

ini motornya. maap, kemana-mana boti terus. jangan ditiru!
lanjut. selesai pinjam motor, aku sama Riki harus berebut kamar mandi. yak, aku yang harus duluan mandi sebelum dia. karena apa? karena kalau Riki duluan, pas giliran aku mandi pasti deh bakalan diteriakin, "Dian, 5/4/3/2/1 menit lagi! gue tinggal ya lo kalau belom kelar". nah, kan kesel yaaa. orang lagi khusyuk mandi digituin. mana pernah suatu kali, emang lagi badmood deh kayaknya ya gue. baru diteriakin kayak gitu akhirnya jawablah, "Yaudahlah Ki, duluan aja deh lo!".

dan tau apa?

beneran ditinggal dong. kan siaul. huft. kirain bakalan ditungguin ternyata enggak. dari situ belajar 1 hal. jangan pernah main-main kata lah sama Riki. kapok.

terus inilah bentukan GMIT jamannya aku masih gereja di sana. gedungnya kecil banget banget. asli deh. udah gitu masuk ke dalam gang gitu kan.


dulu sih, aku sama Riki pernah lah beberapa kali pelayanan di sana. yaaa goalsku lah, udah pernah ngiringin Riki nyanyi beberapa kali. wkwkwk. kadang kalau Elina turun gunung, ya kami bertiga gereja bareng. kalau Elina lagi gak turun gunung yaudah, aku sama Riki aja yang gereja.


eh pas tadi iseng searching di Google, loh kok.... GMIT Waiwerang yang sekarang udah berubah sekali. gedungnya sudah jauh lebih besar, beneran dipugar habis-habisan deh. huhu, jadi kangen kan :'(

GMIT Waiwerang yang sekarang (src)
selesai ibadah apakah langsung pulang?

oh tentu tidak. rute selanjutnya setelah pulang gereja adalah mampir ke Bogemart.


Bogemart ini semacam minimarket terkenal yang ada di Waiwerang. pokoknya ini tempat adalah surga lah buat anak-anak SM3T yang tinggal di wilayah Adonara Timur, tempat kita untuk hambur-hamburin duit. pasti deh, setiap minggu semua anak Adotim bakalan turun ke sini untuk belanja kebutuhan hidup di desa. begitu pun aku dan Riki. selain belanja untuk kebutuhan pribadi, kami pun belanja untuk kebutuhan hidup bersama kayak beras, minyak, segala tepung-tepungan, kecap, dan lain-lain dan sebagainya. kadang juga cari promoan sarden. wkwkwk. emang ya kelakuan. padahal tinggal dekat pantai yang udah pasti ikannya segar dan melimpah ruah tapi kami semua malah milih ikan kalengan hanya karena males bikin bumbu lagi wkwkwk.

kelar dari Bogemart, kadang kami mampir ke Toko Sahabat. kalau di pulau Jawa mau nyari roti itu gampang karena Sari Roti ada dimana-mana, sayangnya Sari Roti gak sampai ke sana. dan satu-satunya toko yang menjual roti ya hanya toko ini, makanya orang sana nyebutnya Roti Sahabat. isiannya gak sebanyak roti pada umumnya. mereka cuma jual roti tawar, atau roti isi coklat, kacang, atau keju. udah gitu doang. tapi itu dulu yaa tahun 2015-2016. gak tahu deh kalau sekarang, mengingat Adonara Timur ini berkembangnya pesat sekali semenjak kami pergi dari sana.

src
selesai dari Bogemart, kami meluncur ke Pasar Waiwerang, yang ini bentukannya beneran kayak pasar inpres sih ya. di sini kami belanja permbumbuan. ahzek. beli telor 1 papan (di sini beli telornya bukan perkilo yaaa tapi perpapan), tahu, tempe, cabe, bawang merah, bawang putih, daun bawang, wortel, ikan fillet, kadang juga beli cumi (asli, cuma di sini doang seorang Dian bisa makan cumi. nyampe Jakarta udah anti lagi sama cumi. beda abisan dagingnya) dan lain sebagainya. kelar belanja, tinggal bilang, "Bayar, Ki!" abis itu Riki langsung ngeluarin dompet. duh, kalau inget-inget ini ya, beneran lovely banget, berasa pasangan suami istri yang romantis banget wkwkwk. padahal mah aslinyaaaa.... erw.

abis belanja di pasar, kadang kita langsung pulang. tapi kadang ya kita mampir ke :


Sari Rasa. kalau kami udah rindu banget mau makan ayam, ya mau gak mau pasti melipir ke tempat ini. satu-satunya tempat makan yang jual ayam secara halal (ya you knowlah yaaa) dan rasa masakan plus sambelnya bisa diterima di lidah kami. karena gimana pun, makanan asli orang sana itu emang agak sedikit hambar sih dan makanan di sini bisa diterima lidah kami. walaupun harga ayamnya ya agak mengelus dada juga. Fun Fact pertama, percaya atau tidak harga sepotong ayam di sini jauh lebih mahal daripada sepotong rendang.


Fun Fact kedua. untunglah yaaa aku ini hidup dikelilingi oleh orang-orang yang bersedia menjadi 'tong sampah' makanan aku. hehehe. sebagai orang yang porsi makannya gak banyak, alhasil kalau gak abis, Riki bersedia menampung wkwkwk. jadi gak dosa kan ya karena buang-buang makanan hehe.


atau.

kadang mampir dulu ke tukang gado-gado. duh sayang banget ya gak punya fotonya. satu-satunya gado-gado yang bisa kumakan. gado-gado orang sana juga aneh gitu deh. ada sayuran yang entah itu apa, bentukannya dibikin kayak mie gitu. anehnya... aku doyan. beneran deh, selama tinggal di sana, sifat pilah-pilih makanan ku agak berkurang. secara di sana makanannya juga gak banyak kan ya.

atau yang terakhir adalah main ke....

ini waktu pada rapat, pada nyebrang semua ke Adotim
Rumah Pak Ako/ yak, keluarga ini udahlah macam keluarga angkat kami bertiga. nyampe langsung masuk dapur dan teriak, "Mamaaa, masak apa hari ini?" dan belum dijawab udah langsung buka isi lemari makan Mama Dewi. gak sopan sih, tapi gimana yaaa.. beneran berasa udah rumah sendiri sih. kalau makanannya masih ada banyak kadang kami bilang, "Mama, ini kami bawa pulang ke rumah yaaaa. buat Mbak Uti jugaaa di rumah, kasian dia kelaparan". pokoknya gitu dah. wkwkwk. abis gimana, Mama Dewi itu orang Jawa jadi ya masakannya pun sangat bisa diterima di lidah kami bertiga. kelar rampok makanan baru deh beneran pulang ke rumah.

tapi tentunya tidak lupa untuk isi bensin Om Pit dulu. FYI, tempat jual bensin di sana itu modelnya eceran yaaa. tahun 2015 harga 1 liter atau per botol itu dimulai dari 8000 - 10000. dan itu pun jenisnya masih premium. entah murni atau oplosan juga kami gak tahu. jadi pas bensin naik harga di Pertamina, entah kenapa aku gak terlalu kaget sih. karena ya gimana yaaa... setahun udah terbiasa bayar 8000 gitu loh.

ya kurang lebih kayak gitulah kegiatanku setiap hari minggu selama setahun di sana. jadi melebar kemana-mana kan ya ceritanya. wes biyasaaa itu kan? heheheh. terima kasih sudah membaca sampai sejauh ini. baca lagi yes sampai habis <3

tambahan :

jadi kemarin itu Angel (anak Pak Sius yang mana dia anak Pak Kosku) ada update foto ini :


ini tuh view depan rumahku. jadi kebayang ya, keluar rumah lihatnya model beginian. kalau balik badan yang dilihat ya gunung Boleng.

ini tempat cari sinyal 3G. belakang gunung Boleng
yang bikin takjub adalah sekarang sinyal internet cepat (karena aku gak tahu sinyalnya 3G atau 4G) udah bisa masuk sampai ke desa. dulu? yawasalam. dapet sinyal E dengan kecepatan 0,01 kb/s aja udah sujud syukur. pokoknya kalau dulu mah internetan cuma bisa tengah malam sampai subuh. itupun harus di satu titik aja, gerak dikit ya sinyal ambyar. sekarang? bahkan apdet IG pun udah bisa langsung di depan rumah.

haaahh yang kayak gini nih yang bikin kangen dan pengen main lagi ke sana untuk lihat ada apa lagi yang baru. kapan sih tiket pesawat ke sana bisa dijangkau? mau ke sana lagi ih :'((

Goe petene tua, diii (aku rindu berat, ih! - bahasa Lamaholot).



Dian Chrisniar,
Maudy Ayunda KW Super dari Lewopao

Comments

  1. Terima kasih sharing pengalaman seru berbelanja di Bogemart.. sukses dan sehat selalu kk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2