Bolu Kukus Zebra

HAAAYYYYY, kembali lagi ke updatean masak-masak bersama Dianseeeyyy. hehehhe.

mengingat kemarin itu ragi udah habis yaaa untuk bikin pizza, jadi kali ini mari beralih untuk membuat sesuatu yang gak pakai ragi dan pilihannya jatuh ke 'Bolu Kukus'. alasan selain raginya habis adalah pengen nyoba kue yang dikukus-kukus gitu plus pengen nyoba baking pakai SP dan cetakan yang baru datang. heheheh. segitunya yaaa.





oke, sebenarnya agak takut-takut juga sih buat nyoba karena baca komen-komen orang gitu kok banyak banget yang bolunya jadi bantet dan gak mekar. apalagi si Emak juga udah wanti-wanti, "bikin ginian susah loh. saya aja gak pernah bisa bikin ini jadi mekar". heyhhhh..... bhaique laaah. jadilah browsing kesana-kemari nyari resep yang pas plus tips n triknya.

so, here we go!

Bahan adonan putih:
2 butir telur suhu ruangan
200 ml sprite
250 gram tepung terigu segitiga biru
180 gram gula pasir
1/2 sdm atau 7.5 gram SP
1/2 sdt atau 2 gram vanili bubuk


bahan pasta coklat :
4 sdm coklat bubuk (atau terserah kalian lah mau secoklat apa)
2 bungkus atau 80 gram SKM coklat
air panas secukupnya (jangan banyak-banyak hanya buat larutin coklat bubuknya aja)

Cara Membuat :
1. mixer gula, telur, vanili dan SP nya hingga mengembang. ini harus beneran mengembang yaaa. ciri-cirinya adonan jadi putih dan kaku gitu kayak foam. yaaa kurang lebih 5 menitan lah.


2. masukkan sprite dan tepung secara bergantian. aduk terus hingga semuanya tercampur rata.
3. bagi adonan menjadi 2.
4. saatnya bikin pasta coklat. caranyaaa yaaa tinggal larutin coklat bubuk dengan air panas. jangan terlalu encer ya, yang penting larut. baru abis itu masukin susu kental manis rasa coklat. aduk sampai larut semua.


5. baru deh masukin ke dalam salah satu adonan. aduk sampai rata.
6. panasin kukusan yang bakalan digunain. pokoknya kukusan harus panas saat adonan masuk.
7. nah, saatnya masukin adonan putih dan coklatnya ke dalam cetakan. masukinnya selang-seling aja sampai adonan sepenuh cetakannya. setelah itu silakan masukkan ke dalam kukusan. inget, tutupnya dilapisin sama kain dulu biar uap airnya gak jatuh ke adonan.


8. tunggu kurang lebih 10 menit lah dan taraaaaaa...... kuenya udah jadi deh!


gue pun sempet rada deg-degan pas mau buka itu dandang. ngeri gak mekar euy. eh taunyaaaa.... Puji Tuhan yaaa, mekar juga. ahhahaha. nah, dengan bahan segitu sih kemarin gue bisa dapet 41 kue yaaaa, dengan ukuran diameter bawah cetakannya itu 3,5 cm. kecil sih, gue aja nyesel beli cetakan ukuran segini. mending beli yang agak gedean deh biar gak bolak-balik masukin cetakan ke adonan.


dan surprisingly, si Gihon mau makan kue ini setelah kemarin dia mau ngabisin kue pukis juga. bahagia banget gue hahahhaa, mengingat ini bocah sangat pilah-pilih makanan. serius deh, ini bocah semenjak udah bisa jalan, gak pernah mau makan nasi atau apalah itu. hidupnya cuma susu, mie, dan kue coklat yang mahal. literally bener-bener yang mahal, yang 1 potong itu harganya 18 ribu sendiri. tapi kalau dikasih roti coklat abang-abang atau sari roti pasti dia ogah gak mau makan. udah pernah diterapi kasih makan nasi, eh dia malah menjerit kayak orang kesetanan dan langsung sakit terus muntah. ah tauk deh. emaknya aja juga bingung ini anaknya kenapa beda daripada yang lain.

balik lagi. karena Gihon mau makan kue gue dengan lahap berarti masak-masak kali ini sukses beratlah yaaaa. bayangin aja, dia bisa ngabisin hampir 12 kue sendirian. mantep ye kan? jadi gak usah diraguin lagi lah, emang ini kuenya tuh enak bangeeeettttttt. wkwkwkwk.

soooo, ada ide lagi mau bikin apa? yang kukus-kukus dan pakai SP dong kalau ada.

inget, kalau seorang Dian bisa dan sukses masak suatu resep, it means kalian juga bisa. yauiy. selamat mencoba, gengs!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2