Jajanan Pasar : Kue Pukis Pandan

akhirnyaaaa... setelah berkali-kali gagal dalam membuat kue pukis, kemarin berhasil juga nemuin resep yang cucok meong yang bentukannya bisa beneran macam kue pukis pada umumnya. just info, gue tuh suka pake banget sama yang namanya kue pukis. dan kue pukis yang gue suka itu yang ada rasa pandannya dan gak pernah pake toping macem meses atau keju kayak yang suka dijual khalayak ramai. maklum, dari kecil sudah kecekok kue gituan tiap kali Mamak belanja di Pasar Cipinang Elok. bisa loh gue makan 10 biji kue gituan sendirian aja. ckckck, bener-bener my comfort food banget sih ini.

nah, berikut ini resep kue pukis ala Dian yaaa, gue sesuaikan dengan kue pukis yang gue suka waktu zaman kecil dahulu.

Bahan :
2 butir telur
370 ml santan
200 gram tepung protein sedang atau segitiga biru
50 gram tepung terigu protein tinggi atau cakra kembar
100 gram mentega cair
1/2 bungkus atau 5 gram ragi instan
175 gram gula
40 gram SKM (sekitar 1 bungkus)
2,5 gram atau sekitar 1/2 sdt baking powder
2,5 gram atau sekitar 1/2 sdt vanili bubuk 
sejumput garam
pasta pandan
bubuk coklat


Cara Membuat :
1. panaskan santan yang akan digunakan. tambahkan vanili dan sejumput garam. kalau ada pandan juga lebih bagus biar lebih wangi tapi kalau gak ada yaudah gapapa. setelah itu tunggu hingga hangat.
2. sambil menunggu santannya jadi hangat, mari beralih ke adonan lain. campurkan tepung terigu protein tinggi, sedang, ragi dan baking soda. sisihkan.
3. sekarang beralih ke adonan lain. mixer telur dan gula hingga mengembang atau hingga campuran berubah warna menjadi putih pokoknya deh.


4. setelah itu pastikan santan sudah hangat. inget, hangat yaaa, jangan panas. karena kalau panas nanti raginya mati. kalau memang sudah hangat, masukkan secara bergantian antara santan dan campuran tepung tadi ke dalam adonan telur itu. inget, bergantian yaaa jangan sekaligus.
5. setelah semuanya tercampur, masukkan susu kemudian aduk lagi secara perlahan.
6. terakhir masukkan mentega, aduk kembali hingga merata.


7. kalau sudah rata, maka tutup adonan tersebut dengan kain serbet. diamkan hingga kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang.
8. setelah 1 jam, buka kembali adonan dan aduk kembali hingga gasnya keluar.

nah, tahapan selanjutnya ini optional yaaaa. kalian boleh ikutin, boleh juga enggak. karena gue mau bikin ala jajanan masa kecil, jadi ya kurang lebih tahapannya jadi begini.

9. ambil sedikit coklat bubuk, larutkan ke dalam sedikit air panas. kemudian ambil adonan secukupnya yang mau dibikin jadi toping.
10. nah sisa adonannya, tambahakn sedikit pasta pandan. gak usah banyak-banyak nanti warnanya jadi hijau banget gitu. yang penting bau pandannya udah berasa dan warnanya udah hijau. lebih bagus lagi kalau pakai pandan beneran. cuma karena gak ada yaaa manfaatkan apa yang ada yaaa.

kalau kalian gak mau ngikutin langkah diatas juga gapapa, silakan langsung skip ke langkah berikut.

11. panaskan loyang dengan api sedang. jangan panas-panas. kalau kalian gak punya loyang pukis pada umumnya ya gapapa. macem gue nih, si Emak salah beli loyang, yang dibeli malah loyang bulet-bulet gitu.
12. olesin dengan mentega terus kemudian masukkan adonan ke dalam loyang. jangan isi penuh. isi kurang lebih 1/2 dari loyang lah karena kan nanti itu adonannya akan mengembang.
13. kalau adonan udah 1/2 matang, masukkan toping yang diinginkan. nah disini gue pake toping adonan coklat yang dibikin di tahap nomor 9. kalau kalian mau pakai toping meses, keju, atau apalah itu ya bebas terserah.
14. kemudian tunggu deh hingga matang. dan taraaaaaaaaaaa, jadi deh.


ribet ya... wkwkwk. tapi ini ribetnya worth it lah dibandingkan stik gabus tempo lalu. hehehehhe.

selamat mencoba gengs!




Dian Chrisniar 

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2