Finally Success : Brownies!

yeay, balik lagi ke post resep masak-masakan. kali ini nyoba bikin Brownies (lagi dan lagi).

dari dulu udah gak terhitung deh berapa kalinya bikin brownies dan selalu aja gagal. entah yang jatohnya malah kayak kue bolu coklat, entah yang gosong, entah yang rasanya caur-cauran, entah yang pecah-pecah. aduh, pokoknya banyak dah kegagalannya. dan semacam gak kapok yaaa.... kemarin akhirnya nyoba bikin lagi tapi polosan. segala step by stepnya diikutin sedetail mungkin. dan ......


berhasil loh. astaga, terharu gue. untuk pertama kalinya beneran ngabisin kue sendiri saking bangganya. karena biasanya kan gue cuma bikin doang, makan cuma sedikit sisanya orang rumah yang abisin. tapi kemarin beneran hampir setengahnya gue yang makan. entahlah, antara enak atau emang lagi butuh butuh dopping buat ningkatin mood yang ancur ini. wkwkwkwk.

so, ini dia bahan-bahannya :


125 gram coklat leleh
120 gram gula halus (kalau adanya pasir ya diblender dulu ya)
35 gram coklat bubuk
50 gram mentega
50 gram minyak
1/4 sdt vanili bubuk
110 gram tepung segitiga biru/protein sedang
2 butir telur

caranya :
1. tim dulu coklat leleh, minyak dan menteganya


2. mixer telur, gula halus, dan vanili bubuk. aduh terus hingga tercampur rata. abis itu masukin tepung terigunya. aduk sebentar aja dan masukin coklat yang sudah di tim, terus diaduk lagi.


3. dan terakhir, tambahkan coklat bubuknya. tapi coklatnya harap sambil diayak yaaa, jangan langsung dimasukin ke dalam adonan. kelar itu, kembali aduk hingga tercampur rata.


4. siapkan loyang yang udah dilapisin sama baking paper.
5. panggang dengan suhuh 150 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. dan hasilnya begini :


yaaaayyyy. shiny crustnya keluar,  saaayy. akhirnya yaaa. biasanya gak pernah muncul.

p.s:

untuk tahap nomor 3, ya gue juga gak paham sih kenapa juga harus diayak. cuma mungkin biar lebih gampang kecampur deh dan gak ngegumpel pas dimasukin ke adonan. secara bubuk coklat kan agak susah ya buat larutnya.

dan untuk tahapan nomor 4, kalau kalian gak punya baking paper ya sebisa mungkin dibeli dulu lah yaaa. hahahaha. ini perdana gue manggang brownies pake baking paper dan hasilnya sesuai keinginan sih. alasan penggunaan baking paper ini biar selain nanti gampang dikeluarin dari loyang, semacam pencegahan biar adonan gak gampang gosong juga menurut gue. ya gak sih?

terus untuk pemanggangan, selalu dibiasain ya untuk manasin dulu sebelum dipake. gak tahu sih, ini udah semacam kebiasaan gue tiap kali mau baking-bakingan. hehehe.

terus juga gue gak berani make topping-toppingan karena trauma sama bau gosongnya hahah, jadi masih nyobanya polosan. kalau kalian mau coba pakai topping yaa monggo, silakan.

and yaaapps. selamat mencoba gaes!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2