Pesta Adat Terakhir di Lewopao

berawal dari chatnya Wulan di grup dan bilang kayak gini :


akhirnya semalam gue iseng-iseng lagi buka video lama di youtube. eyalaaaah, ternyata bener yaaa... wkwkwkwk. semua yang berbau ada Lewopao atau Adonara-nya memang viewsnya gede-gede banget.

akhirnya jadi lihat-lihat lagi video ini :


dan ini :


gue bahkan udah gak inget pernah upload video ini loh dan ternyata belum pernah gue publish ya di blog ini. gegara itu, tanpa sadar kemaren gue nangis dong. ish, apaaa banget dah ah. padahal cuma lihat video kayak gitu doang, tiba-tiba ada rasa berdesir gimana gitu. semacam. "yaampun, kok ya kangen sih? kok ya gue sebusuk itu sih?"

dan hari ini gue mendapatkan jawaban kenapa gue bisa mendadak semellow tadi malam. ternyata... penyebab moodswing malam tadi adalah dikarenakan hari ini adalah jadwal haid gue. erw. suka sebel deh. kalau udah pms atau pas haid gini, tingkat kecengengan meningkat berkali-kali drastis. jadi harus pinter-pinter kan ngatur moodnya.

yoklay. mari balik bahas video tadi.


kalau diperhatiin yaaa, diantara kami bertiga... yang mukanya paling super duper busuk itu cuma gue loh. ih, gue aja geli sendiri lihat penampakan jaman dulu di Flores. udahlah item, dekil, kusem bener, muka lebar, bentukan badan juga paling caur deh dibanding Riki sama Mba Uti. hadedeh.


berbeda sama Riki. perhatiin baik-baik. Riki terlihat jauh lebih muda dan ganteng jaman dulu yaaa. gue harus mengakui muka dia waktu di Flores tuh bersih banget loh. lebih shining, shimmering, splendid lah dari gue dulu. bersih banget. tapi bandingin ama sekarang.... yawasalam. so sorry beb, tapi efek jambang dan kumis lo sekarang menyebabkan muka lo terlihat jauh lebih tua dari yang dulu :(


nah, kalau mba Uti, dia ini yang paling konsisten sih mukanya. dari dulu ampe sekarang ya begitu aja. gak ada kelihatan tuanya. ya pokoknya sama ajalah kayak dulu. yang bedain paling cuma............... wkkwkwkwk. ya you know whay I mean lah hahahaha (yang paham ajalah udah ya). tapi ya wajar sih, secara diantara kami bertiga cuma dia yang udah married dan udah punya anak juga sih.

before vs after

oh iya. kayaknya gue pernah cerita di blog ini deh, tapi ternyata belum ish. bagus deh, jadi ada bahan updatean. ngebahas video tadi, itu adalah video terakhir kita ikutan pesta adat di desa Lewopao super Atas. bingung kan? sama. awalnya gue kira desa Lewopao atas itu ya mentok di rumah Adat Mudamakin I (eh apa II ya?), pokoknya mentok di sini deh.



dan ini ekspresi waktu belum tahu kalau acaranya itu masih di atas kaki gunung. masih bisa senyam-senyum penuh kebahagiaan. walau sempet bingung, "kok sepi amat gak ada riweuh-riweuh apa gitu".

eh pas Pak Olen sama Bu Ita bilang, "ayo kita ke sana!", kirain ke rumah siapa gitu yang masih di sekitaran situ. taunya..... masih ada 1 desa lagi saudara-saudari. dan itu letaknya di kaki gunung Boleng. bener-bener di kaki gunung. dari desa atas, kita harus mendaki sampai ke tempat/rumah adatnya. yak, beneran mendaki kayak gini :


motor, sepeda, apalagi mobil, sama sekali gak bisa lewat. yakali. dan sepanjang mendaki tuh gue cuma bilang. "siapa sih yang mau tinggal di tempat begini? astaga!" dan ternyata... ada. banyak pula. ampun. bahkan ada 1 rumah yang bentukannya bagus banget, lebih bagus daripada rumah tempat gue tinggal. cuma sayangnya gue gak kepikiran buat foto. terus juga, gue gak abis pikir, gimana cara mereka ngebangun rumahnya. dan yang ajaib, ada listrik dong di atas ya walaupun pake genset juga sih. hahaha.


dan teteup.... pas udah sampe di desa atas, selfie itu adalah hal yang wajib dilakukan! hahahahah. ini bentukan muka Maudy Ayunda, Aliando dan Laudya Cinthya Bella versi Lewopao ketika habis disuruh nanjak kaki gunung Boleng tanpa persiapan apa-apa. iya, nyampe di atas kaki langsung mendadak tremor. hadeh.


btw, ini adalah pesta adat terakhir yang kami ikutin di Lewopao yaitu acara pemugaran rumah adat. jadi seluruh warga desa diundang untuk pesta di atas. pesta pun ditandai dengan makan ini :


kalian tahu itu apa? itu adalah daging ikan paus. gue gak pernah kepikiran buat makan daging ikan paus seumur hidup gue. kirain enak.... ternyata.... huhuhuhuhu enggak deh. entah karena ikannya itu cuma direbus sama dikasih garam doang kali ya jadi rasanya agak amis gitu. tapi pas kita dibawain ikan itu untuk makan di rumah, tetep juga sih gak enak gitu. beda deh sama ikan-ikan biasa. padahal ikannya udah diolah lagi tuh sama Riki, coba dibumbuin lagi dan dikasih tepung bumbu. tapi tetep aja... gak ketolong rasanya. so yaaa, kalau disuruh makan itu lagi kayaknya sih gue ogah deh ya. cukup sekali aja.


acara adatnya ngapain? ya begitulah. gue gak sempet foto-foto juga karena acaranya sendiri baru mulai pas malam. kamera tidak mendukung untuk memfoto. pokoknya diisi dengan makan bersama, bercengkrama, dan lain sebagainya.


dan yak. begitu ajalah post gue kali ini. rada gak penting ya memang.


Adios!


Dian Chrisniar

Comments

  1. Wah, terimaksih sudah berkunjung ke Desa Lewopao

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2