Pendopo Ciherang

oke post kali ini kembali lagi ke Sentul. sebenarnya tempat ini sempat ngehitz beberapa bulan lalu tapi entah kenapa kok udah sebulan atau 2 bulan terakhir ini gue perhatiin gak pernah muncul dimana-mana. jadi mari dinaikkan lagi. inilah dia, Pendopo Ciherang.

tempat ini yang ada di Sentul ya. kemarin sempat googling ternyata ada juga yang namanya Ciherang tapi letaknya di kabupaten Bogor. kalau yang di Sentul ini letaknya searah sama jalur ke Leuwi Hejo. kalau mau ke sana pasti kalian akan lewatin tempat ini. abis dari jembatan, nanjak, nah di sebelah kanan deh tuh sebelum belokan. plangnya agak kecil dan tempatnya memang menurun ke bawah.

jalannya aman kok. udah rapih gak kayak waktu gue ke Leuwi Hejo tempo dulu. cuman memang di beberapa titik agak sempit aja. kalau pas-pasan sama mobil nah harus bisa minggir-minggir lucu dulu. TAPI, kalau jalan kalian dialihin lewat Gunung Pancar.... maka saran gue mending mundur aja. puter balik, cari tempat lain dan balik lagi kalau jalan utamanya udah bisa dilewatin. gue ke tempat ini udah 2 kali. pertama kalinya ke sini langsung zonk karena jalan utamanya sedang dalam perbaikan dan dialihin lewat Gunung Pancar. udahlah masuk ke Gunung Pancarnya bayar, eh jalannya jelek, plus sempitnya gak nanggung-nanggung dan tanjakannya pun juga gak maen-maen. pokoknya mundur ajalah udah.

lanjut. kita bahas Pendopo Ciherangnya ya.

jujur, tempat parkir disini tuh kecil banget. kalau kalian gak kedapetan parkir di dalam pendopo, kalian bisa parkir di luar atau di lahan setelah pendopo itu. nah ini nih yang bikin kesel. tiket parkir di sini tuh mahal banget. 20 ribu untuk mobil. kalau untuk motor, gue kurang tahu sih. mungkin bisa dipikir ulang kali ya, parkir dengan kondisi kayak gitu tuh menurut gue kelewat mahal euy.

untuk masuk ke Pendoponya sendiri bakalan dikenakan tiket masuk sebesar 30 ribu dimana tiketnya itu bisa ditukarkan untuk vocer makanan atau minuman sebesar 10 ribu. hemh... worth it sih menurut gue karena.....

yaps. menurut gue tempat ini bagus kok. beneran layak buat dikunjungi. tempat fotonya juga banyak. kalian bisa foto mulai dari jembatan kayak gini :

atau foto di deket kolam renangnya. btw, kalau mau berenang boleh kok, tapi kena charge. berapanya kurang tahu tapi. cuman, mending main air di kali aja dah daripada di kolam renang sih. gratis.

dan yang paling menyenangkan adalah .... kalian bisa foto atau bahkan main air di sungainya. tapi tetap harus hati-hati ya! gak lucu kan niatnya mau main air eh malah hanyut kebawa arus. wkwkkw.

seperti yang gue bilang di awal, di tempat ini ada cafenya. harganya? standar kok. malah menurut gue dengan view kayak gini tergolong murah loh. kalian bisa pilih spot dimana aja yang kosong,

dan kebetulan kami pilih spot di paling bawah yang deket banget sama kali. ini spot terbaik sih menurut gue. cuman kalau hujan mending jangan pilih di sini ya. ngeri tetiba banjir bandang, ya dapat dipastikan kalian yang bakalan hanyut duluan.


btw, gue pertama kali ke sini tuh sama nyokap. niatnya mau ngajak refreshing, eh malah ada aja kejadian gak tergudanya. udahlah penuh perjuangan ke sini, eh satupun foto gue gak ada yang bagus.


maka dari itu, gue ngajak mereka lagi ke sini. untuk apa? ya jelas, biar gue dapat foto yang layak update aja sih. ahhahaha.

jadi apakah tempat ini layak buat dikunjungi? menurut gue iya. dengan harga tiket masuk segitu ya masih tergolong worth it lah. harga makanannya juga standar cafe pada umumnya kok. rasanya juga ya lumayanlah gak menyedihkan gitu. yang gak masuk akal cuma tiket parkirnya aja sih. sama satu lagi, datangnya pas weekdays aja jangan pas weekend ataupun hari libur. fix rame banget sih dan jadinya gak nyaman.

so, selamat halan-halan! ingat, tetap jaga jarak dengan sekitar ya!

Adios!


Dian Chrisniar


Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2