Sekali-kali Ngomongin Mobil :p

HAEEEE!

gue lagi pengen ngetik tapi bingung mau bahas apaan. mau bahas tempat jalan tapi gue aja gak punya tempat baru, eh ada sih tapi cuma cafe gitu doang, belom ada gregetnya buat ngetik. alhasil jadi pengen bahas tentang mobil huhahaha. sok iye bat dah.

intro. jadi di sini gue mau bahas perbandingan 3 mobil yang keluarga gue punya. bukan soal mesin ya, mengingat gue kan juga gak ngerti tentang mesin. tapi lebih ke experiencenya aja sih.

gue belum pernah bahas di sini, tapi sekedar pengumuman.... mobil Sienta gue udah dijual. aduh, padahal dari sekian mobil yang pernah keluarga gue punya, ini mobil paling nyaman untuk disetirin sepanjang gue nyetir berbagai mobil. hanya, karena beberapa hal, akhirnya itu mobil digusur sama Bapak gue. terus kenapa dijual? ini beberapa alasannya :

1. Bapak gue gak suka mobil Sienta. dari pertama kali punya, dia gak pernah suka mobil ini. ada aja yang cacat di mata dia terhadap mobil ini.
2. mobil Sienta aing udah mau 5 tahun alias udah mau ganti plat
3. Sienta ini ceper dan dia gak bisa dibawa nanjak curam kalau udah full penumpang
4. kebetulan ada PPnBM, jadi harga beberapa mobil bebas pajak gitu, otomatis harganya murah.

Bapak gue jual mobil gak pake basa-basi. beliau cuma bilang, "jual ajalah mobilmu!". terus gue bales dengan, "boleh, tapi ganti Rush ya!". terus gak pake lama, Bapak gue langsung mengiyakan. dan besoknya sales mobil dateng ke tempat gue buat ngecek kondisi Sienta kayak apa. speechless. banget. secara pada saat itu gue mikir, "halah, mana mungkin Bapak gue mau beli Rush. dulu gue suruh beli Rush aja dia nolak dan anti. malah milih Avanza lagi. alasannya suspennya keras lah, inilah itu lah". eh taunya.... zonk.

kalau gue pribadi sih, jujur jauh lebih nyaman pakai Sienta dibandingkan mobil yang sekarang. kalau kata orang Sienta gak bisa nanjak, ya memang betul sih.... cuma kalau gak full penumpang, itu mobil mau diajak nanjak, diajak offroad juga ayo-ayo aja. kalau Sienta gue bisa ngomong mungkin dia bakalan mengamuk karena gue make dia tidak pada fungsinya. secara kan Sienta itu city car ya, harusnya sih penggunaannya untuk di kota aja. tapi sama gue.... itu mobil gue bawa ke daerah yang hadedeh.....

gue pribadi sebenarnya rada berat ngelepas Sienta. karena..... silakan lihat video di bawah ini :

kenapa harus Rush?

sebenarnya bukan harus Rush juga sih. tadinya sempat ngelirik Raize yang baru keluar itu. tapi pas lihat kok kayaknya di mata gue pribadi jauh lebih elegan dan gagahan Rush. ditambah, Raize ini kan cuma 5 seater doang jadi kurang pas aja untuk keluarga gue yang anggotanya banyak banget ini.

kenapa gak naik jadi Innova?

karena Bapake, Abang gue, dan gue gak sanggup sama biaya bensinnya. kalau soal dana beli mah, mungkin bisa aja ada. apalagi Mamake masih mimpi banget buat punya Innova lagi ya kan. tapi beruntung kami bertiga semua pada rasional. terakhir lalu aja punya Innova, Bapake ngedumel karena bensinnya boros banget. yang ada itu mobil cuma diem aja di rumah jadi pajangan karena jarang dipakai. apalagi Bapak gue tipikal yang suka pergi ke Sumatera. dulu nyiapin dana bensin ampe 2x lipat, eh masih kurang juga. yahelah jangan kan ke Sumatera. jaman dulu gue bawa Innova ke puncak aja buat PP abis 200 ribu. yasalam. segitu borosnyaaa :") jadi ini tips yang pertama, kalau beli mobil, pikirkan penggunaannya. kalau kamu merasa berat di bensin (karena mobilnya boros), mau sekeren apa pun lebih baik jangan. tuh contoh Innova aing. kondisi masih bagus pake banget, cuma bertahan 1,5 tahun abis itu dituker sama tanah. wwkkkw.

kenapa gak melirik merk lain?

hemh... kalau ini emang ada di Bapake sih ya. Bapak gue cinta banget sama merk Toyota. entah kenapa. mungkin karena Toyota ini mesinnya udah terkenal awet. sparepartnya gampang dicari dan gak semahal merk lain. dan mungkin karena Bapake udah loyal banget sama salah satu dealer Toyota ya. dari jaman pertama kali punya Toyota belinya ke dia terus. alhasil.... diskonnya jelas jauh lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

jadi gimana rasanya pakai Rush?

hemh... gue bakalan bilang, Rush menang megah aja sih. emang sih, Rush ini jauh lebih lega daripada Sienta, pun juga Avanza. tapi soal nyaman menyetir, speednya, keasikan nyalipnya... masih Sienta yang megang. serius deh. apalagi kopling dan gasnya, aduh itu gak ada yang ngalahin. biasa di jalan tol selalu pakai gigi 6 di Sienta, pas di Rush langsung kayak, "yah, segini doang speednya?". gitu dah.

selain lega, Rush ini jauh lebih tinggi daripada Sienta ataupun Avanza. jadi kalau gue bawa ke jalan aneh-aneh, udah dapat dipastikan Rush ini jauh lebih siap dan gak perlu lagi degdegan kayak bawa Sienta. TAPI.... kalau soal power, entah kenapa gue merasa kok powernya sama aja kayak Avanza. dan pas gue cek, oh... benar ternyata. menurut reviewer otomotif, mesinnya memang sama kayak Avanza, hanya beda bodi aja.

kalau soal suspen... gue jujur gak terlalu paham sih. kalau ngadepin polisi tidur memang tidak senyaman Sienta, tapi ya lebih alus sih daripada Avanza. gue merasa Avanza jauh lebih ngebanting.

satu lagi. audio. berhubung gue tipikal yang selalu mendengarkan lagu di perjalanan, jadi mari kita bandingkan ketiga diantaranya. ini berdasarkan penggunaan gua ya. soal audio, gue harus bilang bahwa Sienta masih megang sih. bassnya aduhai banget. yang kedua baru Rush. suaranya memang lebih clean sih tapi bassnya agak kurang. jadi kalau kalian dengerin lagu jedag-jedug di Rush tuh kurang mantep gitu. dan yang terakhir itu ya Avanza.

jadi, tips yang kedua buat yang lagi galau antara Avanza atau Rush, kalau kalian mentingin model dan audio yang lebih jernih sedikit, ya silakan beli Rush. tapi kalau kalian gak mentingin model dan audio, saran gue beli Avanza aja. sayang duitnya. emang sih mobil sejuta umat, tapi mobil sejuta umat itu kenyataannya memang nyaman sih.

terus yang bikin bete sekarang adalah.... mobil kesayangan Bapake jadi berganti. kalau dulu gue mau kemana-mana gak perlu rebutan mobil karena Bapake pasti bakalan pake Avanza dan tidak akan pernah menggunakan Sienta. tapi sekarang.... gue harus rebutan dulu sama Bapake. serius, semenjak ini ada di rumah, dia gak pernah lagi pakai Avanza (kecuali tempatnya tidak memungkinkan, baru dia pakai Avanza). hahahaha, sabar ya Avanza, kini kau rasakan penderitaan Sientaku selama 5 tahun belakangan yang tidak pernah dianggap itu :")

jadi kalau ditanya apakah naik tingkat? maka jawabanku tidak. cuy, harga Rush baru sama Sienta aja masih jauh mahalan Sienta. asli, gue juga gak paham kenapa harga Sienta bisa mahal bat. dulu gue mikirnya Rush itu lebih mahal, ternyata.... tidak.

selingan.

gue baru tahu dan membuktikan, ternyata plat ganjil atau genap itu mengikuti terdahulu ya. udah 4 kali gue beli mobil dengan KK yang baru, ternyata plat mobil yang keluar selalu genap. surprisingly... plat mobil Rush ini buntutnya sama-sama angka 8 kayak Sienta dulu. dan lucunya lagi adalah.....

yaps. kalau dulu gue cuma hafal 3 huruf terakhir, sekarang gue hafal sampai seangka-angka. kita gak pernah pesan, pun KK antara mobil Rush dan Avanza ini berbeda. yang satu KK Jakarta, yang satunya lagi KK Bekasi, tapi entah gimana ceritanya itu plat bisa cuma beda angka terakhir doang. wkkwkw.

sama 1 lagi. ini lawak sih. jadi buyer Sienta gue ini tuh punya toko nya di Harapan Indah. eh.... you know what.... ternyata yang beli mobilnya tinggal di daerah gue. jadi semacam kembali lagi ke Jatibening masaaa. tau dari mana? gue udah 2 kali ketemu mobil gue yang lama di carwash. sayangnya, gue gak tahu siapa pemilik yang sekarang. tapi, semoga pemilik yang baru lebih ke ber-sienta-an lah daripada gue. huhuhu.

baik-baik yaaaa tayaaaang akuuuuhhhh :")

weslah. sekian sudah perbincangan permobilan yang tidak jelas ini. sampai jumpa di bincang-bincang tidak penting berikutnya!

Adios!


Dian Chrisniar


Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2