Another Sukabumi Trip : Pantai, Makan, dan Tidur

anyeong!

padahal harusnya gue ikut pelatihan gitu tapi asli acaranya gak jelas banget dah. udah 2 hari gue ikutin dan gue masih gak ngerti itu apaan. jadi ya maap ya, Bu, daripada waktunya saya pake untuk bobok mending saya gunakan buat melakukan sesuatu hal yang berfaedah.

yak, berfaedah karena harusnya sih ya gue tuh semangat nih cerita jalan-jalan begini. cuma entahlah, emang skill dan juga mood gue buat ngeblog tahun kemarin lagi amblas-amblasnya parah. jadi mari kita perbaiki yok tahun ini yok. asli banyak banget draft gue tapi baru bikin separagraf udah bingung mau ngetik apaan lagi.

back to the topic.

Oktober kemarin (ya Oktober 2021 dan gue baru ngetik ini di Februari 2022. sungguh latepost sekali), akhirnya gue nginjekin kaki ke Sukabumi. yaps, terima kasih inang-inang kesayanganku. gue bersyukur punya temen yang mau-mau aja gue pengaruhi hahahhaa.

trip kali ini personil gue berbeda dari yang sebelumnya. akhirnya yaaa, ganti personil. kali ini gue cabut sama Ute dan Ica. kebetulan si Ica lagi balik ke Jakarta jadi yaudah cus dah kita jalan. sebenarnya sih si Ica pengennya main ke tempat ala-ala puncak ya, secara di Belitung kan gak ada curug atau gunung gitu. tapi karena gue dan Ute (sebenarnya sih gue doang), pengennya main ke Pantai, jadilah gue cari jalan tengah yang ada semuanya. dan pilihan jatuh ke Sukabumi.

jadi gue cabut 3 hari 2 malam, tujuannya ada 2 tempat yaitu daerah Ujung Genteng dan juga Geopark Ciletuh. naik apa? naik mobil dong. nah ini yang super ajaib. FYI, orangtua gue bukan tipikal yang mau mengizinkan gue buat nginepin mobil. gue boleh nginep tapi tidak dengan mobil. tapi kalian tahu apa? untuk pertama kalinya mereka mengizinkan gue. padahal gue pergi cuma bertiga dan itu perempuan semua. ditambah lagi ini durasi nginepnya lumayan lama loh. gue sehari aja gak tembus di daerah Jakarta, lah ini wew.... tembus loh izin 3 hari 2 malam di Sukabumi. dan yang tambah bikin tercengang adalah.... Bapak gue ngasih izin mobil kasta tertinggi (di rumah gue ya) untuk gue pakai keluar. sungguh sangat praise the Lord sekali. Abang gue aja sampai shok, "diizinin lu? Sukabumi?".

cabut tanggal 22 Oktober, itu pas di hari Jumat. brangkat dari rumah gue jam 10.30 siang. yak, memang agak siang sekali dikarenakan gue masih harus ke sekolah dulu saat itu. sempet mampir sebentar ke rest area buat isi bensin. nah disini sengaja gue isi full tank dari rest area Jatibening, gue lupa berapa. yang pasti di bawah 300 ribu sih. dan selesai dari situ kami sama sekali gak ada mampir kemana-mana. even buat makan siang, juga pipis pun enggak. ini bener-bener ngejar waktu karena perjalanan ke Ujung Genteng sungguh makan waktu. 6 jam. yaps. 6 jam dan baru berangkat pas siang. sungguh sangat capek-capekin badan.

and here we go! kemarin pas berangkat gue masuk dari jalan alternatif yang lewatin kebon kelapa sawit. asli sih, gue suka banget sama jalanan ini. btw, jangan pernah lewat jalanan ini pas malam ya. gelap banget pasti dan horor kayaknya.

gue suka jalanannya karena mengobati rindu gue sama jalanan lintas. kebon sawitnya, belokan manisnya, naik turunnya, bahkan ini viewnya jauh lebih bagus daripada jalanan lintas. oh iya, pastikan kendaraan kalian fit yaaa karena sepanjang kemarin lewat tuh jarak antar pemukiman agak lumayan jauh.

dan tepat setengah 5 sore, kami sampai di,

Pasir Putih Ujung Genteng

letaknya deket sama konservasi penyu, btw itu mapsnya udah gue sematin sih di judul jadi klik aja. gak diminta tiket masuk sih cuma diminta bayar tiket parkir kalo gak salah sih 10 ribu ya. dari parkiran kita harus jalan sebentar dan taraa.....

yes.... kita bakalan ketemu pantai ini. pantainya luas banget sih. pasirnya juga putih dan yang terpenting, ombaknya gak yang aneh-aneh gitu. penyesalan gue cuma satu, hadedeh, kenapa gue gak berangkat dari subuuuh biar nyampe di sini masih terang benderang. kemarin sampai udah sore ditambah hujan pula. sebel bat.

rekomen? gue sih yes. ini bener-bener pantai yang gak ada batu-batu karangnya sama sekali. puas dah foto-foto di sini. kalian mau bikin video lari-lari ala-ala bollywood juga bisa. paling ribet aja sih karena kaki bakalan mendelep banget ke pasir.

gak ke penangkaran penyu?

enggak karena gak keburu. kirain pantai pasir putihnya deket, ternyata... lumayan juga ke dalam. padahal..... tiket masuknya udah dibeli wkwkwk. emang dah ah. jangan bloon kaya gue ya yang main iya-iya aja dipaksa beli tiket masuk ke sini. the power of gue takut juga sih sebenarnya. jadi daripada kenapa-kenapa ditambah penjaganya udah lihat kita cewek semua, jadi gue ambil jalan gampang dengan yaudah beli aja lah biar kita bisa tembus ke belakang. dan yang masih gak habis pikir sampai sekarang adalah.... kenapa waktu kemarin itu gue gak berhenti di tempat penangkaran aja ya? padahal di situ kan ada pantai-nya juga. kenapa gue harus jalan lagi sampai ke belaang. ya itulah.

kelar dari sana kita langsung cari makan di sekitar penginapan. dan pilihan kita jatuh ke :

Pondok Hexa

jadi di pondok ini tuh ada restonya gitu buat umum. nah, restonya ini sebenarnya menghadap langsung ke laut kan ya eh apa ini itungannya udah samudera ya? kwkwkw embuh dah.  padahal malam ya, gak kelihatan apa-apa juga kecuali anginnya super menusuk.

btw, itu kan view saat malam yaaa yang tidak terlihat apa-apa. pas malem itu gue mikir pasti viewnya itu macem-macem kayak Angke versi gak amis. yang lautnya hitam, butek, pokoknya macem-macem kayak laut di Jakarta lah ya. but you know what.... salah gais. salaaaah. besok paginya, karena kami (terlebih gue) masih jatuh cinta sama makanan di tempat itu, jadilah kita sarapan lagi di sana. dan. waaaww.... ternyata viewnya.....

yak, secantik itu.bahkan kalian bisa foto-foto dengan sangat cantik di bawah tempat makan itu. jadi masih ada sisaan pasirnya gitu gak langsung air. saran gue, pergilah ke tempat ini dengan orang yang handal dalam berfoto dengan gadget yang mendukung. so ya, terima kasih Ica, you know me banget dah ah wkwkwk.

tapi tapi... gue sangat merekomendasikan tempat makan ini sama kalian. asli, harganya gak yang mahal banget dan yang bikin gue sangat amat happy, makanannya enak semua apalagi... udang bakarnya. ya Tuhaaaan, cinta banget aku tuh sama udang ini. bayangin dong seporsi itu cuma 35 ribu doang. gimana gue tidak menjerit bahagia.

bedanya, kalau pas malam itu seporsi udang buat bertiga, pagi itu gue sedikit egois dengan pesan seporsi udang untuk diri sendiri. abis gimana dong, enak banget parah. mana ada udang sebanyak dan seenak itu di Jakarta harganya cuma 35 ribu? gak akan ada. dan udangnya beda gitu loh, entah jenis apa. pokoknya enak banget, kalian kalau makan di sini harus coba udang bakarnya. badabest dah itu.

oke next. sekarang bahas penginapan. jadi gue kemarin itu nginap di tempat yang namanya,

Pondok Nuansa

letaknya gak jauh dari Pondok Hexa. kenapa milih di sana? oh tentu saja karena.... murah. wwkwkkw. ya paham kan ya. liburan sih liburan tapi kan tetep harus on budget. kami pesan tempat ini via Traveloka dan berhubung reviewnya juga bagus, jadilah kita deal pesan kamar ini. seinget gue sih kamar ini gak nyampe 200 ribu ya. udah pake AC pula.

lagi dan lagi, pas nyampe tempat ini bayangan gue juga sama seperti saat makan di Hexa. viewnya langsung laut, bedanya di tempat ini banyak kapal bersandar. ya sebagai yang sering bolak-balik muara Angke buat beli ikan, jelas di otak gue kebayangnya model begituan kan. tapi hauft.... lagi dan lagi salah.... karena apa? besok paginya pas gue bangun ternyata viewnya...

yes. again and again. cantik banget. yang bikin gue speechless adalah warna air lautnya dong, biru banget walau masih biruan di Pondok Hexa sih. cuma tetep aja... aku cinta warna laut kayak gini.

and of course, jangan lupa manfaatkan Ica di sini untuk menjadi... yak kang poto aku. kwkwkw.

dan yak cukup sampai sini dulu, bagian jalan-jalannya skip ke post selanjutnya yang mudah-mudahan bisa segera gue ketik. yok bisa yok produktif lagi!


Adios!


Dian Chrisniar


Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2