Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.



maka dari itu, jadilah kemarinan gue beli HP lagi yang baru (plis, bukannya banyak duit juga sih ya). HP yang mau gue beli awalnya sih yang murah meriah banget yang emang bisa buat sms dan telpon, HP monokrom juga jadi, cuma sayangnya HP monokrom udah gak ada yang jual lagi.

mencoba searching, jadilah pilihan itu jatuh ke samsung flip atau gak HP nokia series candy bar apapun itu. sebenarnya sih udah niatan banget mau ngincer HP samsung flip, maklum dari dulu kepengen ngerasain punya HP flip kayak apa.


eh tapi akhirnya batal. mencoba cari review HP ini, banyak yang bilang kalau keypadnya rada keras gitu, kurang asik buat sms-an. hmh, tapi alasan yang paling kuat kenapa akhirnya gue mencoret HP ini dari daftar adalah... flip nya. setelah gue pikir matang-matang... dengan anak yang seheboh dan se-sembrono gue, gue gak yakin itu flip bisa bertahan lama sama kelakuan gue. jadilah, yaudah deh beli yang biasa-biasa aja.

niatan awalnya pengen beli HP nokia 105, itu bener-bener HP yang emang di-desain buat sms dan telpon doang. eh.. tapi kok tapi... coba searching-searching lagi... akhirnya yang kebeli ya HP ini, Nokia 130.


kenapa beli ini? alasannya adalah...
1. udah bisa dengerin mp3 (lumayan kan ngehemat baterai redmi, jadi itu hp emang udah dikhusukan buat internetan aja)
2. ada bluetoothnya (sumpah ini gak penting)
3. dapat free memory card 8GB (lumayan daripada lumanyun)

pemikiran gue adalah... wah, udah ada bluetooth, berarti ini HP bisalah ya kesambung sama headset bluetooth di mobil, jadi kalau nyetir gak perlu ribet-ribet pegang HP atau pake headset kabel. tadinya sih dikirain begitu... tetaunya.... :// hueh, salah besar. setelah di selidiki, bluetooth 130 ini gak kompatibel sama bluetooth mobil. sedih ya? iya, princess sedih. huh. tahu gitu kan gue beli nokia yang biasa. huh. memanglah, biasanya gue selalu cek and ricek tiap mau beli barang elektronik, entah kenapa untuk yang ini gue miss begitu saja.

terus apa kelebihan dan kekurangannya? wes, mari gue bahas kekurangannya dulu yak.

kekurangan nokia 130 :
1. gak bisa internetan (karena emang judulnya hp candy bar sih ya memang begitu sih, eh inimah judulnya bukan kekurangan ya? auk ah)
2. bluetoothnya bapuk (gak guna menurut gue)
3. biarpun udah berwarna, tapi gak bisa pasang foto buat jadi wallpaper (FYI, HP ini gak support gambar dengan berbagai ekstensi. jadi ya wallpaper lo cuma ada 3 pilihan doang yang udah disediain dari nokia. ya gitu, selamat bosan ya!)
4. tampilan playlist mp3 nya. kalau kalian mau dengerin lagu tertentu, gak bisa di-search tapi harus dicari manual, ini rada pegel sih sebenarnya.
5. tampilan dual sim nya gak bisa dimatiin. cek foto di bawah. (bukan apa-apa sih, untuk orang mace gue yang selalu mempedulikan tampilan layar, tulisan ini sungguh mengganggu)


dibalik kekurangan pasti ada kelebihan, diantaranya :
1. volume speaker buat dengerin mp3 nya lumayan kenceng sih menurut gue. yah, walaupun ada kekurangannya kayak yang gue sebutin tadi.
2. ada senternya (eh, kayaknya HP sekarang, flashlight itu udah harus jadi aplikasi wajib ya)
3. ada game snake nya, percis kayak di 3310. hahahaha
4. headsetnya. gue suka sekali sama headset nokia ini. headsetnya modelnya lama, gak karetan kayak yang lagi ngeheitz sekarangan ini. cumaaa, ukurannya itu agak diperkecil dari ukuran normal jadi gak bikin sakit kuping kalau dipakai kelamaan. huoh, great job, nokia!
5. baterainya alamakjang kuatnya. kalau lagi standby (ya paling dengerin musik pas lagi mandi), ini HP tahan loh 1,5 minggu. kebayang kan betapa jarangnya gue ngecharge ini HP.
6. masih berhubungan dengan baterainya, tempo dulu gue pernah dengerin musik dari malam sampai pagi dengan volume yang paling kecil (yang mana volume 1 mereka pun masih terdengar kencang di kuping gue), baterainya pun berkurang cuma seimprit, cek foto di bawah, itu foto dari baterai masih full ya.


nah, sekianlah review gue sama Nokia 130 ini. tertarik buat membeli?


dian chrisniar

Comments

  1. saya juga pengguna xiaomi tpi redmi 2 prime hehe,, saya juga udah beli nokia 310 nya buat pendamping redmi ane. Tpi buat play video kok gak bisa ya.. Kata nya support play video

    ReplyDelete
  2. saya juga pengguna xiaomi tpi redmi 2 prime hehe,, saya juga udah beli nokia 310 nya buat pendamping redmi ane. Tpi buat play video kok gak bisa ya.. Kata nya support play video

    ReplyDelete
  3. Kalau dipakai kartu 4G mau buka nomor2 selalu ada tulisan kartu belum siap

    ReplyDelete
  4. Utk sebuah hp 2G only nama nokia masih sulit disingkirkan. Masih rajanya utk kualitas. Memang ini nokia 130 fiturnya terbatas tp msh jauh lbh baik drpd nokia 105 (saya punya) yg single sim saja. Sedang merencanakan membeli 130 krn sudah dual sim toh jg utk hp backup saja utk sms n telp dr klien n terlebih lg knp saya tetap ingin produk nokia adalah daya tahan baterainya ruaarrr biasa cocok utk saya yg suka traveling pakai motor keluar kota gk pusing soal charging :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PM1

cheese stick TANPA baking powder

Haloha, Karawang!