Jelajah tempat baru di Puncak, The Ranch dan Curug Panjang

sesuai dengan judulnya yang buset dah panjang bener. hari ini aku mau bahas 2 tempat baru yang  gue jelajahi. dan kali ini partner main gue adalah para calon budak negeri. wkwkwkwk.




dari segala kelabilan mau main ke gunung atau pantai, alhasil ujung-ujungnya balik lagi ke puncak. mau kemananya juga bingung. kata Riki, "pokoknya gua bawa semua perlengkapan. mau main air, ayuk. mau foto syantik, ayo. pokoknya kita ketemu dulu, perkara mau kemananya nanti kita omongin pas ketemu!". nah, cuman berhubung incess satunya lagi bilang, "gua gak mau main air ah". alhasil pas hari H, gua aman dong gak bawa baju ganti sama sekali.

keesokan harinya.

bener aja, kan. nyampe di mobil juga kita belum ada yang memutuskan mau main kemana-mananya. barulah pas udah sampai di puncak, alias udah sampai di Hokben puncak (asli, ini tuh tempat makan gua banget keknya. makannya dimari mulu), baru dah diputusin. oke, kita ke The Ranch, abis itu ke Curug Panjang, terakhir baru Gantole yes!

1st destination : The Ranch



letaknya ada diantara kedua Cimory. kalau dari arah bawah, setelah Cimory Riverside, sebelum Cimory Mountview. HTM-nya Rp. 20.000,-/orang dan untuk mobil dikenain biaya Rp. 10.000,-. katanya sih ini mirip-mirip The Ranch Lembang ya (embuh sih, belom pernah ke sana juga).


tempatnya luas banget. dan menurut gue harga segitu sangatlah worth it sih, secara tempat ini photoable banget. jadi, buat yang mau ke sini, saran gue sih bawa kamera paling mumpuni. ada apaan aja? sok atuh dilihat.


buat tempat main sama keluarga juga oke, kok. tempatnya family-able banget. anak kecil pasti suka main ke sini. bisa lihat kuda, domba, sapi, dan juga kelinci. ya paling yang bikin agak pusing, kalau mendadak si anak pengen naik kuda, atau pengen main, atau pengen naik delman dan lain-lainnya. kenapa? karena harus bayar lagi. ehehhe. alias, tiket masuknya bukan tiket terusan.


tapi beruntung, tiketnya bisa dituker sama segelas susu atau kalau gak mau susu, bisa dituker ke restoran gitu deh untu dapet potongan harga (yang embuh berapa). soal susunya.... kalau kata Riki, rasanya kayak, "susu murni pengalengan". hahahaha.


dari penjelajahan gue, ada 3 spot foto yang jadi icon The Ranch. pertama :


jadi ini adalah studio foto gitu sih. gue kurang tahu dalemnya kayak apa. secara bok, agak sayang juga masuk ke dalamnya. wkwkwk. maklum pada pengangguran, jadi harus meminimalisir pengeluaran kan yak. toh lagi pula, foto di luarnya juga udah cakep kok.


selanjutnya, ada yang modelannya kastil gini. beruntung deh kemarin datangnya pas weekdays. jadi agak sepi dan bisa puas mau foto berkali-kali.


dan terakhir adalah jembatan dongeng ini. ya, cuma jembatan gini doang sih. ahahaha. tapi lumayanlah.



selebihnya ya silakan lihat sendiri yes!


intinya tempat ini layak masuk list buat kalian yang mau foto-foto syantieks.

2nd Destination : Curug Panjang


harusnya gue belajar dari pengalaman lalu ya, waktu main ke Curug Bidadari sama Curug Cilember. tapi ya namanya Dian, kadang suka oon. setelah dihasut, "ayok ke curug!", alhasil cus lah ke sini bermodalkan GPS yang mana..... ternyata lokasinya super gak akurat.


untuk menuju ke sini, gue sarankan untuk memfitkan kendaraan yaaa. karena jalanannya parah bet euy. udahlah sempit, rusak pula, di beberapa titik udah cuma berbatu doang, tanjakannya pun juga curam, dan beberapa titik gak ada pembatasnya. jadi, harus kudu hati-hati pake banget. mobil bisa masuk sih, cuman... yaitu. sempit banget. jadi, berdoalah semoga saat kalian naik, gak ada mobil yang datang dari arah berlawanan. asli, itu susah banget euy. ahahaha.


jalanannya agak rada gak meyakinkan memang. dari pertigaan yang deket Cimory itu, masuk terus ke dalam. adalah 2 kali belok kiri. simpangnya yang mana? saran sih, rajin-rajinlah bertanya sama penduduk setempat. karena apa? karena yang gue bilang dari awal... GPS di google maps-nya rada gak akurat euy. oh, atau.... coba arahinnya ke sini aja, sepertinya lebih akurat.



kurang lebih setengah jam lah dari jalan raya, baru kita bisa sampai ke sini. letaknya masih 1 komplek dengan Taman Alam Matahari. tiket masuknya itu Rp. 12.000,-/orang kalau gak salah inget. nah, karena pakai mobil jadilah digenepin Rp. 40.000 dengan kondisi 3 orang dan 1 mobil.

dari parkiran menuju ke curugnya gak terlalu jauh, kurang lebih kita harus jalan sekitar 5-10 menit lah. dan taraaaa..... sampailah kita di curugnya.



jadi ada pemberitahuannya, kalau air di sini tuh kedalamannya sampai 7 meter (huwow), dan ada pusaran airnya. makanya gak disarankan untuk berenang. tapi tapi... gue lihat di review-an orang-orang, mereka pada berenang-berenang aja sih, cuma pada pake pelampung.


efek datangnya pas musim hujan juga sih, jadi pas dateng ke sana juga ya biasa aja. pertama, aliran airnya lagi deres banget, plus airnya juga agak-agak kotor. saran gue sih, lebih baik dateng pas lagi musim kering aja. soalnya pas gue lihat review-an orang, airnya tuh jernih banget, dan kalau lagi gak deres, bisalah main-main air dengan manja gitu.


oh iya. FYI. di sini gak cuma ada curug doang, tapi ada juga lahan buat ngecamp gitu. terus juga katanya sih, curugnya gak cuma curug Panjang, alias ada 5 curug lah. tapi katanya juga, lokasinya gak deketan, alias harus mendaki-daki gitu deh. mungkin bisa dicoba kalau kalian mampir ke tempat ini.

3rd Destination : Bukit Gantole


yaudahlah yaaa. gue udah pernah bahas tempat ini berkali-kali. dicek aja. ahahahah. intinya kemarin main ke sini karena emang lagi pengen ngirup udara seger aja sih. dan setelah hampir setahun gak ke sini, tempatnya agak berubah ya. yang paling mencolok adalah... jalanannya udah bagus, dan parkirannya udah ada pembatasnya, lebih rapih dan gak perlu waswas lagi kayak jaman dulu. soal tiket masuk, kayaknya masih normal deh, Rp. 13.000,-/orang.


cuman ya gitu, efek kemarin mendung kan ya... jadilah gak bisa lihat sunset di sini. padahal udah diniat-niatin ampe malem, diniat-niatin parkir mobil di bawah (karena kalau udah jam 5, semua mobil harus udah turun lagi), jadilah harus mendaki dulu biar bisa lihat sunset, eh taunya.... ketutupan kabut rupanya. huft.


btw, ini tempat favorit gue sih kalau lari ke puncak. ahahahah. tempat paling bener buat refreshing otak sama jiwa. hahaha. silakan masukin list dan you're welcome! saran. jangan lupa bawa jaket aja sih ya, secara anginnya kenceng bener saaaayyy. ngeri masuk angin nanti.


Bonus : Cimory Riverside


kesini karena mau beli pesanan abang gue kan ya itung-itung sekalian ngelurusin kaki dulu sebentar. kemarin beli kue bolu gitu deh di sini namanya Moo Moo Roll. entahlah apa karena gua udah gak pernah beli bolu-bolu gitu kali ya, agak shok juga sih, bolu sekecil itu mahal bener harganya. dan pas gue nyoba.... huft... gue gak suka sama bolunya. pertama, manis banget ; kedua, gampang banget lumer di mulut, alhasil baru makan sekali aja udah enek. anehnya.... ponakan gue si Gihon doyan banget-banget. kemaren 1 roll itu, 3/4 lebih dia yang habisin. susah dah ah kalau punya ponakan makanannya mahal-mahal bener. udah gak bisa makan nasi, tiap hari makannya kentang, kalau gak roti (itupun harus roti yang mahal). erw.

so. sekian sudah lanjalan gue tempo lalu. ihihihi, liburan perdanaku dimulai. plislah, mohon doanya agar ada liburan-liburan part selanjutnya sebelum gue kembali dengan titel 'guru' lagi. and the last, maacih atas kesediaan menemani gua liburan yaaaaa Mas Iki dan Inces Pinaaaa <3


Adios Fellas!



Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2