Skip to main content

Main ke Sukabumi part 2 : berendam di Hotsprings

kuylah. cerita liburan ini mau kulanjutin dulu sebelum kita fokus ngerjain RPP dan kawan-kawannya. hahaha. berasa gak enak gitu kalau ngerjain sesuatu selang-seling begitu. jadi mari tuntasin satu-satu dulu, mumpung masih anget, mumpung masih inget, dan mumpung masih mood.



melanjutkan cerita Main ke Sukabumi part 1 : Situ Gunung, malam sebelumnya aku sempat bilang kayak gini :


nah.... tadinya mau foto-foto dulu di Bukit Karang, tapi apalah mau dikata, waktu kita keluar aja udah keburu sore banget. berhubung Sukabumi ini jauh ya, jadi kita mutusin untuk langsung berendam aja di air panas. dan lokasi air panas yang kita tuju itu ada di daerah Cikundul, kurang lebih 1 jam lah dari Situ Gunung.

kenapa aku bilang hotsprings? karena kami bertiga mendatangi 2 tempat pemandian air panas sekaligus. mantep kan? wkwkwk.

Pemandian Air Panas Budi Tirta

jadi kemarin sempat cari-cari tempat pemandian air panas di Sukabumi, dan didapatlah 1 tempat di daerah Cikundul, namanya Pemandian Air Panas Budi Tirta. pokoknya hasil googling merujuk ke tempat ini semua deh. jadi yaudah lah. toh lihat reviewnya gak jelek-jelek banget, jadi ya cus kita meluncur.

ngikutin GPS, eh ternyata GPS nya rada ngaco. kalau belum diubah google (FYI, kemaren aku udah mengajukan perbaikan sih ke google, tapi tauk deh belum di-approve juga kayaknya) ; tempat pemandian ini masih ada di depannya lagi, pokoknya letaknya itu ada di sebelah kanan tepat di belokan deh. ini lokasinya :


untuk tiket masuknya sendiri harganya itu 8 ribu untuk kolam umum ; sedangkan kalau kalian mau pakai private room juga boleh, harganya 30 ribu/jam. berhubung kemarin kami bertiga liburannya super ngirit, jadi pilih yang untuk umum aja deh.


nah, penampakan kolamnya kurang lebih kayak begini :


kolamnya kecil sih. bau belerangnya kecium banget. dan yang paling fantastis adalah.... buset dah ini suhu airnya panas banget euy. asli. kupikir lama kelamaan badan ini bakalan terbiasa, tapi nyatanya enggak juga euy. baru nyemplungin kaki aja udah berasa kayak mau melepuh. padahal waktu itu kondisinya habis hujan loh jadi cuacanya dingin gitu. harusnya kan kena air panas bakalan berasa anget yaaa, tapi air di tempat ini bener deh gak bohong.... puanasnya puooollll.

beruntung ada ibu-ibu yang baik hati bilang, "kalau gak kuat sama panasnya, mungkin bisa coba ke kolam yang di sebelah itu, Nak. tempatnya masih baru. airnya gak terlalu panas kayak ini. tempatnya juga lebih bagus dan lebih bersih. maklum, yang ini kan dikelola sama pemda ; kalau yang di sebelah di kelola pribadi. cuma ya harganya emang agak mahal aja".

sempat berunding sama Riki, akhirnya kami berdua putuskan untuk yuklah, cus. kita move. kalau kata Riki, "gue gak menikmati cuy berendam di situ. panas banget. yang ada telor gue mateng di situ". wkwkwkwkw. geblek.

dan yak... movelah kita ke :

Pemandian Air Panas 3D


dengan badan yang udah setengah basah, akhirnya kami bertiga jalan ke tempat ini. beruntung tempatnya beneran di sebelah persis yaaa, jadi gak malu-malu amat gitu jalan basah-basahan. untuk tiket masuknya sendiri harganya gak terlalu mahal sih, harganya itu 15 ribu/orang. DAN TEMPATNYA... waw... jauh lebih bagus juga bersih daripada tempat sebelumnya. ada private room-nya juga sih, tapi gak tahu berapa, kayaknya harganya 'beda' gitu sih. hahaha embuhlah.


kolamnya sendiri ada 2 ; 1 untuk anak-anak dan 1 untuk dewasa. kolamnya gak terlalu luas sih, tapi dibandingkan tempat sebelah ya masih agak lebih besar. dan bener sih, suhu di kolam ini jauh lebih manusiawi dari tempat sebelah. masih ada bau belerangnya tapi gak sepekat yang tadi. jadi kalau boleh kubilang, kalau kalian mau yang untuk pengobatan mungkin bisa dateng ke kolam sebelum ini ; tapi kalau kalian hanya ingin berendam-berendam lucu kayak kami ya lebih baik datang ke tempat ini.


dan aku baru tahu kalau ternyata Koh Ton belum pernah mandi di pemandian air panas. wkwkwkwk. betapa baiknya ya aku sama Riki ngajakin Koh Ton ke kolam air panas. hadehhh~~~


jam 7 malam kita putuskan untuk pulang kembali ke Jakarta. dan selesai sudah liburan aku kali ini. yaps. saatnya kembali ke realita. kembali ke sekolah dan mempersiapkan diri untuk latsar. huhu T.T

terima kasih Tono dan Riki! ingat pesan ay yaaaa. jangan ada yang nikah dulu sebelum gue. pusing aku tuh nanti kalau mau jalan-jalan; siapa lagi yang bakalan dengan cepat bilang "CUS" kalau kalian udah nikah duluan? :(

sebagai penutup, kupersembahkan video ini. wkwkwkwk.


itu. dari. hati. banget. ya. nyanyinya. heum.

semoga 2 post tentang jelajah Sukabumi ini bermanfaat yaaa. selamat jalan-jalan!


Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

gue dapet banyak pelajaran dari pengalaman bikin paspor selama hampir dua mingguan ini. eh wait... mau kemane bu? hahahaahah. gua kan mau jalan-jalan, jadi ya dari sedini mungkin sudah dipersiapkan tetek bengeknya. hahahah (tau-taunya ditempatin di tempat yang gak bisa 'jalan-jalan'. aaaakkk jangaaannn).

persyaratan bikin paspor sebenarnya gak terlalu ribet ya, coba monggo di klik dulu link ini buat tahu apa aja syarat-syarat yang harus di bawa untuk pembuatan pasport nya (jangan lupa dibawa semua berkas aslinya ya!).

Sakitnyaaaa...

yeyeye! karena sakit bukan penghalang buat gak ngeblog. udah hampir seminggu ini gue sakit dan tadi pagi itu puncaknya banget, jarang-jarang gue bangun tapi kepala gue rasanya keliyengan banget dan pastinya lemas sekali. alhasil, hari ini gue memtuskan untuk memberanikan diri berobat ke dokter. jadilah gue tadi berobat ke dokter di RS Cikini sekalian nemenin si gendut imunisasi.

Nokia 130

jadi tahu kan kalau kemarinan itu gue abis ganti ke xiaomi redmi note. nah, yang belum tahu dan pengen tahu reiew-an gue tentang HP xiaomi, monggo di-klik link ini.

permasalahan yang kemarin, kebetulan gue belinya yang 4G yang mana 4G nya itu single sim. mengingat provider besar di negara ini sangatlah tidak ramah dengan paketan internet jadilah akhirnya gue tetap berpendirian teguh untuk memakai kartu 3 dengan sistem kuota mereka yang setahun tanpa ada pembagian jam, tapi ya begitu dengan kualitas yang... hmh... gak bagus-bagus amat. setidaknya untuk messenger masih mumpuni lah, cuma ya jangan harap kalian bisa upload foto aja sih... hehe. hehe. kalian upload pagi, malemnya baru muncul di linimasa. wakawak.