Akhirnya Latsar Juga

yang harusnya mengerjakan aktualisasi, alhasil move on sebentar ke sini. hehehe. serius deh, ngerjain aktualisasi itu bener-bener membosankan dan "memuak-kan". huhuhu. jadi mari kita cari hiburan dulu dengan cara.... taraaaa... cerita latsar.



latihan dasar, atau yang lebih dikenal dengan latsar. setelah berbulan-bulan menunggu panggilan, akhirnya nama ini dipanggil juga. mulai dari pengarahan, lanjut pretes dan sebulan kemarin, aku ikutan latsar CPNS DKI Jakarta di Parung, Bogor.


masuk ke dalam angkatan 61, yang isinya ada 30 orang dengan 10 laki-laki dan 20 perempuan. dimana kelompokku ini terdapat 2 ibu hamil (yang satu hamil muda, satunya lagi hamil tua dan agak lemah kondisinya) ; dan 1 laki-laki disabilitas (tidak bisa melihat). hmh... kebayang kan tantangannya? dan first impression-ku waktu pertama kali ngumpul sama mereka adalah.... "oke, ini bakalan sulit banget kayaknya. agak susah nih mereka semua".

dan cerita tentang mereka semua udah ada di post ini : E-Nam-Sa-Tu!

25 Agustus 2019


akhirnya aku nginjakin kaki ke Parung dianterin sama Bapak, Mamak dan si Hilkia.

seumur hidup, aku baru pertama kali kemarin ke Parung. ternyata vanaaaassshhh syekali ya. efek tempatnya dekat sama setu kali ya? ini Parung pusatnya setu sih. hadedeh~~


balik ke cerita. mental? ya disiap-siapin lah. apalagi denger cerita orang-orang kan ya kalau latsar itu super gak enak. kerjaan banyak ; hukumannya berat ; militernya kuat ; susah tidur ; dll. dsb. kenyataannya? hemh.....

Parung terdiri dari 2 asrama, ada asrama A dan Arama B. kebetulan aku tinggal di asrama A, atau tepatnya bernama Asrama Griya. masuk ke kamar 219, barengan sama Kak Linda dan Ayu yang mana ternyata Ayu adalah anak PPL waktu di SMK 26. hadedeh~~


kamarnya? ya.. dibandingkan semua tempat yang disewa Jakarta, kayaknya sih ini satu-satunya tempat yang kamarnya gak ada TV nya deh. tapi ya gak ngaruh juga sih. gak ada waktu juga buat nonton tipi ye kan. cuma, dibandingkan JIC, tempat ini jauh lebih baik sepertinya. wkwkwkwk. setidaknya AC dan listrik nyala terus lah. walaupun airnya ngalir lambat banget asli. sebulan di sana, kerjaanku mandi bukan pake shower atau pun kran air, alhasil mandi pake semprotan WC karena cuma disitu airnya ngalir deres.

terus, tiap angkatan itu dapat 1 pelatih MFD (mental, fisik, disiplin). dan angkatan 61 itu dapat pelatih namanya Pak Momo.


satu-satunya pelatih yang gak pernah marah-marah, kalaupun marah cuma gitu aja (cek cerita sebelumnya ya). satu-satunya pelatih yang paling selaw kalau kita........ ya gitu deh. hahaha.

Latsar ngapain aja?

banyak dan ternyata kegiatannya tidak semenakutkan yang diceritakan orang-orang. serius deh.

Pkl. 05.00 kita olahraga. gak lama kok, palingan cuma 45 menit doang. ya pernah sih 1 jam pas, tapi cuma sekali kayaknya. para MFD (atau pelatih) juga masih pengertian lah. kelar olahraga ya kita lanjut bebersih dan ganti baju tempur, alias baju putih hitam as always.

Pkl. 06.15, kita udah harus standby di ruang makan. makan pun gak asal makan. semuanya ada aturan.




Pkl. 07.00 ada apel pagi. ngapain aja? ya tentunya dengerin pelatih ceramah dan pastinya belajar PBB. yeps, pas PBB ini yang harus konsentrasi penuh. salah dikit langsung ambil posisi push-up. hft.

Pkl. 07.30, kita harus udah ada di kelas dan yaks! semangat belajar semuanya! pokoknya belajar terus sampai malam.

ada coffe breaknya sih, ya walaupun cuma 15 menit doang. tapi lumayanlah buat rehatin otak hehehe.


ada makan siang juga, dan sorenya dikasih waktu lumayan lama untuk bisa sekedar rebahan dan mandi sore. jadi, kalau kata orang, latsar itu gak bisa mandi... ohhh, berarti emang orangnya aja yang males mandi. wkwkwkw. aku sempet-sempet aja kok mandi dua kali sehari setiap hari. hihihi.

kalo dapet WI (Widya Iswara atau sekelas dosen lah) yang saklek sama waktu sih, ya semangat aja ya. kalian bakalan bener-bener stand by di kelas sampai jam setengah 9. tapi kalau WI kalian bisa diajak kongkalikong, besar kemungkinan kelas dipadetin sampai maghrib (jadi istirahat sorenya ditiadakan), abis itu bubar dan boleh istirahat di kamar sampai apel malam pun tiba.

apel malamnya berapa jam? oh... kalau itu mah tidak terkira. suka-suka MFD nya ajalah mau jam berapa. paling cepet masuk kamar kayaknya sih Pkl. 09.30 malam yaaaa. paling lama.... ya hitung sendiri deh.


ya begitulah kira-kira rutinitas di latsar ini. sedikit membosankan dan melelahkan, tapi percayalah.... semuanya itu terasa menyenangkan setelah sekian hari berlalu apalagi kalau udah mulai dihadapkan sama aktualisasi. yakin deh, pasti kalian bakalan pengennya latsar lagi aja. ahahahah. sama. aku pun juga begitu.

- - - - -

Bela Negara


sejujurnya aku bingung mau cerita apaan... wkwkwkw. bingung mau ngebagi jadi berapa part, dan bingung sendiri mau cerita apa. jadi, yaudah... untuk pertama, aku cerita tentang materi "Bela Negara" dulu lah ya.


materi Bela Negara ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut. disinilah mental dan kuping kita agak sedikit teruji. kenapa? ya karena setiap hari kita bakalan dengerin teriakan Bapak-bapak tentara, yang mana beliau semua pasti selalu cari-cari 'masalah' di diri kita. wkwkwk. wes biyasalah gitu.


materi Bela Negara, selain diisi dengan PBB ; materi ini pun diisi dengan lomba antar kelompok. tiap angkatan pun dibagi menjadi 2 kelompok, dimana nanti kita bakalan bersaing dengan kelompok dari angkatan lain. berikut rangkaian lombanya, aku bingung nulisnya mau gimana.






yang paling mengesankan sih pas lomba jadi superman. sesuatu loh, angkatan yang super duper gak ada kompaknya itu, akhirnya bisa kompak juga.



dan yang paling mengharukan adalah pas kita bisa menang lomba cari sepatu tapi yang ikutan lomba itu adalah Pak Heru yang notabennya beliau tidak bisa melihat. pas Pak Heru bisa menang, satu angkatan langsung menitikkan air mata, jangankan kita... Pak Andrian aja langsung terharu.



selesai acara siang, dilanjutkan ke acara malam yaitu jurit malam.


ya udahlah ya, gak usah diceritain pasti udah tahu jurit malam itu ngapain aja. intinya kita dibagi jadi beberapa kelompok buat nganterin pesan tersembunyi.


sepanjang perjalanan kita bakalan dites di beberapa pos-pos. dan diujung pos itu kita harus nganterin pesan yang isinya kayak gini :


dan hari jurit malam pun baru kelar sekitar jam 1 dini hari dan ditutup dengan makan bakso yang..... udah dingin huehehhe.


- - - - -

Belajar, Belajar, dan Belajar


dan satu-satunya angkatan yang hobinya pindah ruangan kayaknya cuma angkatan 61 deh. dari yang lantai 3, terus udah seneng dapet lantai 1 eh digeser lagi ke mini theater yang mana bikin susah buat tidur. kelar itu dipindah lagi ke lantai 2, balik lagi ke lantai 1 dan gitu aja terus.

dari jam setengah 8 hingga malam menjelang, kerjaan kita ya belajar terus. kelar belajar ya presentasi, kalau gak presentasi, ya otak diperes buat ngerjain aktualisasi. begitu aja siklus hidupnya.



mulai belajar ANEKA, WOG, Manajemen ASN, dan Pelayanan Publik, terus dengerin tentang aktualisasi dan habituasi yang mana antar 1 WI dengan lainnya gak sejalan, sampai akhirnya kita bingung harus ngikutin yang mana. sebaiknya sih, semua WI berkoordinasi dan 1 suara ya tentang aktualisasi, biar kitanya gak bingung. antara WI yang ngajar di latsar, dengan coach, dan penguji kadang gak sejalan alhasil bingung sendiri harus ngikutin yang mana.


terus belajar barjas juga yang notabennya kita semua kurang paham dengan istilah-istilahnya. ya maklum lah ya, wong kebanyakan guru, mana ngerti itu Pokja dan kawan-kawannya. udah mana Bapaknya ngomel muluk. hadedeh. kita kan banyakan guru, mainannya RPP dan kawan-kawannya ; kalau kita anak struktural baru deh, gapap deh ngomel-ngomel juga silakan. heymh.


tapi yawdalah, da kita mah apa atuh, diikutin dan dijalanin aja biar cepet hilang ini C-nya dan cepetan naik jadi 100%. hueheheh.

- - - - -

Gabut di Kelas

tapi selain belajar, ada juga waktunya kita bebas gak jelas. kok bisa? ya bisalah. kadang ada WI yang gak hadir ; kadang coffe breaknya kelamaan ; kadang ya begitulah.

terus ngapain?


ya kurang lebih beginilah ya :



nyinggung soal coffe break, inilah coffe break terenak yang pernah dikasih asrama Parung sama seluruh peserta latsar. kayaknya sih ya. dan cuma disini doang aku rajin minum teh pake krimer. seumur-umur mah mana pernah dan ternyata..... enak yaaa huheheheh.


- - - - -

Malam Keakraban

kita ada 2 kali malam keakraban. pertama kayak semacam trial gitu deh. lebih tepatnya sih buat ngabisin waktu untuk apel aja ya.


dan yang paling terakhir adalah pas kita mau ujian. di sini deh tiap angkatan mulai totalitas ngasih pertunjukan yang terbaik.


- - - - -

dan lain-lain dan sebagainya

gue bingung harus mengelompokkan ini ke dalam grup apa. jadi yaudah lah, kucampur aduk di sini aja ya. dan rata-rata yang mau gue publish di sini videonya berhubungan dengan Bang Inul semua. kayaknya sebenarnya gue ini fans berat bang Inul deh ah. abis kelakuan dia gak pernah beres sih di sana.



oh iya, terus adalagi tragedi 'surprise' buat bang Inul dari para bapak-bapak TNI. padahal yang paling pecicilan di 61 kan si Bobby yaaa, tapi entahlah hari itu si Bang Inul terus yang kena. tetaunya surprise nikahan buat Bang Inul, padahal............ wkwkwkwkw, yaudahlah biar 61 aja yang tahu ya kebenarannya gimana. intinya itu sukses bikin uwe nangis hadedeh. terharu aku tuh.


dan semua kegiatan latsar di rindam pun ditutup dengan ujian. kurang lebih beginilah suasana ujiannya :


ya pokoknya kayak gitulah kegiatan latsar tuh. gak usah dengerin omongan orang lah latsar itu bakalan begini-begitu-begini-begitu. semuanya bakalan beda-beda aja, tergantung nasib kita sendiri. beruntungnya nasibku lagi baik jadi ya gitu... latsar terasa super menyenangkan. hehehe. intinya, jalanin aja, dan selamat bersenang-senang!

nah ini bonus selfie hasil sebulan di Parung, bahagia-bahagia aja kan? wkwkkw



sama satu lagi....

Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2