Telaga Saat Puncak

HAYHALO!

kali ini gue mau update tempat liburan baru lagi di daerah.... puncak. iyak. emang mau bagaimanapun separuh hati gue emang mainannya ke puncak dan sekitarnya deh ya :(

berawal dari kebiasaan mencari tempat main baru kan di akun IG Bogor, Puncak, dan Sentul, alhasil gue nemuin 1 tempat di daerah puncak pass. di IG orang-orang sih bagus ya... berasa kayak di luar negeri mana gitu kan. ga tahu lah aslinya kayak gimana. bukan Dian namanya kalau gak bisa memenuhi keinginan jalan-jalan, jadilah susun rencana dan taraaaa...... beberapa hari kemudian, kesampaian dong main ke situ. so, this is the story!

setelah searching foto-foto di instagram dengan tempat Telaga Saat, barulah gue beralih cari informasi di Google review. lihat foto-foto no edit yang beredar dan ternyata tempatnya gak terlalu jelek lah buat didatangi kan ya. cuman... datanglah 1 review yang bilang, "jalannya jelek banget. berbatu dan licin. tidak disarankan untuk mobil pendek". wadaw..... mulai lah panik sheyeng. kebanyakan reviewnya juga bilang kayak gitu, terus apa kabar mobil kota gue? bisa gak nih lewatin jalan ini? heymh. coba searching lagi tapi ternyata gak ada satupun yang update foto jalanannya. kan gue sebel ya jadinya. udah sempet mau batal, eh tiba-tiba ada yang komen, "mobil saya agya kuat-kuat aja tuh nanjak ke sini. skill supirnya aja sih yang penting". wedehhhh..... setelah baca itu gue langsung bilang, oke fix, gue harus kesini berarti.

btw, pas kemarin itu gue punya 3 plan. hahaha. plan pertama main ke Telaga Saat tapi kalau seandainya pas sampai jalanannya macet total, maka gue bakalan beralih pindah ke plan kedua, yaitu main ke Lembah Tepus di kabupaten Bogor. kalau ternyata macet juga, gue bakalan beralih ke Plan C, yaitu nongkrong-nongkrong aja di Cafe kota Bogor, kan banyak tuh yang lucu-lucu kan yaaa. harap maklum,  kalau gue lagi niat banget jalan, ya pasti bakalan gue bikin plan A, B, C biar gak zonk-zonk amat. tapi kalau perginya dadakan, sok atuh kemana aja lah ayuk dah.

back to the topic.

rada nekat sih ya buat main ke puncak pas musim hujan begini, tapi namanya lagi pengen jalan,  hujan gak hujan ya tancep aja. gue berangkat pas hari minggu. agak bodoh juga sih, yakali weekend ke puncak kan. nyiksa diri itu namanya. udahlah pas sampai gerbang tol Jagorawi disambut hujan lebat, rada gelisah juga sih, mau tetep lanjut atau pindah ke plan B. tapi ternyata Tuhan tuh maha baik sekali. pas sampai kebetulan banget jalanan puncak lagi one way ke atas jadi ga ada tuh macet-macet yang berkepanjangan dan yang paling menyenangkannya lagi adalah.... semakin naik ke atas ternyata cuacanya semakin cerah. yak, believe it or not, tapi pas gue sampai di pintu masuk Telaga Saat, tempat ini tuh cerah secerah-cerahnya.

untuk masuk ke tempat ini, kita dikenakan biaya Rp. 50.000,-. gue gak tahu sih harga pastinya berapa karena di tiket gak ada harganya gitu. total 50 itu udah termasuk 2 orang dan 1 mobil. gue baca kemarin di review sih, tiket masuk perorang itu 25 ribu kalau weekend terus mobil kena 10 ribu, harusnya kan kemarin bayarnya itu 60 ribu yaaa..... tapi ini entah kenapa mamang-mamangnya cuma narikin 50 ribu aja. ya syukur sih ahhaha.

lanjut, dari pintu masuk kita udah diwanti-wanti sama mamang penjaganya, "jalanannya berbatu, teh. licin juga sampai ke Telaga Saat. teteh gak mau ke Telaga Warna aja yang jalannya lebih bagus?". wadaw.... otak gue jadi gambling kan yaaa... kalau sampai diwanti-wanti begini kan berarti jalanannya parah banget, tapi ya masa ke Telaga Warna lagi? secara gue udah pernah ke sana kan (yang mau baca cerita Telaga Warna, cusss diklik!). akhirnya dengan kenekatan super, gue bilang, "gak usah mang, saya ke Telaga Saat aja". abis itu muka mamangnya kayak khawatir gitu sambil bilang, "yaudah, hati-hati ya, Teh". entah apa yang dia khawatirkan, apakah dia khawatir mobil gue gak kuat nanjak atau dia khawatir gue yang gak bisa nyetir jalanan begitu. embuh. dan inilah jalanan yang harus dilalui ...

yaps. ternyata beneran agak sulit. di video itu masih rada gampang sih menurut gue, pas bagian sulitnya gak sempet kerekam karena gue sibuk maju mundurin mobil biar bisa lewat. sedangkan temen gue sibuk baca doa Bapa Kami biar selamat-selamat aja. wkwkwkkw.

jalanan ke Telaga Saat ini ada tingkatannya sih menurut gue. hahaha. level easy ya pas jalanannya baru awal-awal masuk karena cuma kendala batu doang kan ya, cuma jalanannya lebar. level medium kalau jalanannya udah mulai menanjak dan menyempit. level hard itu kalau udahlah jalanannya agak berlumpur terus macet di tikungan yang notabennya sempit sekali terus harus beradu jalan dari kedua sisi dan pemotor yang gak sabaran. serius deh. kemarin itu gue sempet ribet pas di tikungan. karena pas gue dateng, udah banyak pengunjung yang mau pulang dan kita tersendat di tikungan yang notabennya kecil dan bawahnya jurang gitu gak pake pembataas pula. udah mana jalanan gue stuck di lumpur, jadi sempet ada tragedi sedikit ban gue rada slip tapi untung Bapake pernah ngajarin gue di kondisi kayak gini, jadi masih bisa lewat walaupun bau bannya menyeruak kemana-mana.

sejujurnya gue sempet khawatir sih, ini mampu atau enggak ya mobil gue buat nanjak. masalahnya kalau sampai dia gak kuat nanjak, dapat dipastikan gue pasti ribet banget. secara jalanannya bebatu semua shay. hampir mau puter balik, eh tiba-tiba di tengah kegalauan itu munculah mobil Agya dari kejauhan yang sedang otw turun. seketika langsung kayak ada secercah harapan gitu, "oh oke, Agya aja bisa, masa mobil gua gak bisa. malu dong ah". iya, rada congkak emang anaknya tuh. wkwkkwkw.

dan setelah 3 kilo terlewati, akhirnya sampai juga di .....

iyaps. jadi ini dia sumber masalah banjid di Jakarta. wkwkkw. kalau udah ada banjir kiriman, ya itu air datengnya dari sini nih. Telaga Saat, titik 0 Kali Ciliwung. nah, di telaga sini ada banyak banget pendopo, dari yang ukuran kecil sampai ukuran besar. tinggal kalian pilih deh mau coba foto dan nongkrong dimana. tenang, foto di pendoponya gratis kok gak bayar.

karena tempat ini ada di perkebunan teh, jadi para pengunjung diperbolehkan buat foto-foto di hamparan kebun teh ini. tinggal cari spot deh, mau kebun teh yang mana ye kan.

kalau kalian muterin telaganya ini, maka kalian bakalan nemuin spot foto di jembatan. gue juga gak paham sih, apa yang bagus ya dari jembatan ini. tapi karena orang-orang pada foto di sini ya yaudah gue ikutan ajalah... daripada nyesel kan.

selain jembatan juga ada spot foto payung ala-ala kayak gini.

sebenarnya ada 2 spot foto lagi. 1 spot foto di tulisan Telaga Saat yang gue rada males sih foto disitu ; nah yang kedua ada kayak saung gitu (tapi gue gak ketemu itu di mana). ternyata pas udah balik dan  gue cek lagi, itu saung tersembunyi gitu diantara kebon teh. huhuh. rada kesel sih, kenapa kok gue gak ketemu tapi yaudahlah ya.

kalau ditanya, mau balik lagi gak ke sini? hemh.... kayaknya gue bakalan jawab enggak deh. masih ada banyak tempat yang aksesnya lebih baik dengan ngasih pemandangan yang hampir serupa. kemungkinan besar gue gak bakalan mau lagi ke sini kalau naik kendaraan gue sendiri. hahaha. cukup sekali lah gue menyiksa Sienta gue di tempat yang sama, mending gue siksa lagi di tempat lain. wkwkwkw. tapi kalau pakai kendaraan orang lain.... hemh... yaaa.... mungkin bisa dipikirkan lagi.

so kalau ditanya, worth it gak ke sini? maka gue bakalan bilang... worth it sih, tapi dengan catatan... datengnya pas weekday aja yang udah pasti sepi karena kayaknya lebih enak duduk-duduk santuy di sini sambil ngirup udara seger. kalau rame jadi gimana gitu, gak enak dilihatnya.

overall sebenarnya sih tempatnya ini layak dikunjungi cuma dengan catatan, datanglah pas weekday dan pastikan kendaraan kalian sehat sentausa terlebih urusan ban mengingat jalanan yang dilalui kan batu-batu tajem ya. takutnya kalau ban kalian udah agak plontos terus maksa lewat sini yang ada meletus, malah repot nanti ganti bannya.

selesai sudah main-main kali ini. padahal udah janji mau coba main ke daerah lain tapi.... sulit euy nyari tempat wisata yang bisa dijangkau seharian kalau gak Puncak dan kawan-kawannya. huhuhu. btw, niatnya kemarin balik dari sana gue mau nongkrong-nongkrong cantik di coffee shop yang letaknya masih di atas lagi dari tempat ini. eh tapi taunya pas keluar, jalanan puncak udah one way ke bawah. jadi yaudahlah akhirnya ikutan turun ke bawah.

so... selamat berlibur semuanya!


Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2