ke Sentul lagi : main air di Cibaliung

setelah lewat 5 hari (dari post ini diketik pertama kali), akhirnya baru berani buka blog lagi. aaaakkk. yeay, ada updatean baru buat di blog. balik lagi ke trip jalan-jalan. padahal di tengah-tengah kehektikan ngurusin induksi yang dikejar waktu, gue tetap memaksakan diri buat jalan-jalan. ahey.

jalan-jalan gue kali ini masih tetap sama the one and only one yang bisa gue culik, yaitu Riki dan juga Tono (walau dia hanya beneran menemani saja), tapi kita nambah 4 personil baru. oke gue kenalin yaa. 3 diantaranya ada Jume, Miji, sama Gab dan 1 orangnya lagi ada Ute. yak... setelah wanita sok cantik ini galau mau ikut atau enggak karena takut gak 'diterima' sama Riki dan Tono, akhirnya dia memutuskan buat ikut. jadilah kita jalan bertujuh. yeay.

intermezzo sebentar. H-1 sebelum kita pergi, gue bilang ke Ute, "lo nginep aja deh di rumah gue. daripada besok lo telat terus dicaci maki sama Riki, berabe loh!". eh bener dong dia nginep. kwkwkwkwk. terus, pas malemnya, gue bilang ke dia, "ini loh namanya Riki, ini Tono, terus ini ada beberapa temennya yang mau ikutan". terus dia terpaku sama 1 foto dan dia bilang, "eh, ini temen gue!". buset, sempit yaaa dunia tuh. terus gue bilang dong, "tapi dia gak jadi ikut, Te". eh berujung akhirnya ikut juga setelah dibujuk Ute. wkwkwk. makasih yaaaa Miji, akhirnya gue bisa ganti status dari supir jadi princess kalo lagi jalan-jalan :")

Foto spesial buat Miji wkwkwk

back to the topic.

tempat yang kita pilih kali ini adalah ngeeksplore Sentul lagi. jadi, tempatnya ini bukan curug yaaa, tapi lebih ke ke kolam air gitu, letaknya di Leuwi Hejo, dimana dalam 1 lokasi ada beberapa Leuwi gitu. btw, nama Leuwi ini tuh artinya apa sih? dan perjuangannya..... yawasalam sekali, lebih-lebih dari waktu main ke Curug Cibereum tempo lalu.

perjalanan ke gerbang masuk leuwi ini tuh kurang lebih 1,5 jam  lah ya dari Jakarta. jalannya agak sempit terus beberapa banyak yang rusak dan banyak tanjakan juga turunan yang agak lumayan. berhubung gue belajar dari pengalaman jaman dulu ke Curug Bidadari,  jadi dengan susah payah, akhirnya gue bisa membujuk Bapake buat minjem mobilnya untuk dibawa jalan kali ini. ya daripada gua bawa Sienta kan, yang ada mereka semua harus turun dari mobil biar bisa nanjak. oh iya, jangan lupa siapin uang recehan yaaa, setidaknya 2 ribuan lah. karena pasti deh, kalian bakalan ketemu macem pak ogah gitu. gak banyak, kemaren gue cuma ketemu 2 yang kayak gitu. tapi disiapin aja ya, soalnya mereka beneran ngecegat sih, daripada kenapa-napa ye kan kalo gak dikasih. tapi abis ngasih langsung tancep gas aja, kalo mereka bilang 10 ribu gak usah dipeduliin. yakali, masuk tempat wisatanya aja belum, udah disuruh bayar 10 ribu.

dan sekitar Pkl. 10.00 WIB, kita sampai di pintu masuk Leuwi Hejo. kalau dulu gue lihat di vlog orang-orang sih ya, ada pintu gerbangnya gitu loh. tapi kemarin entah kenapa gerbangnya itu ditutup dan akhirnya dialihkan melewati pemukiman warga. dan pengeluaran dimulai dari sini. karena kita bawa mobil, jadi dikenakan biaya parkir Rp. 20.000,-. terus, di pintu awal, kita bakalan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 25.000,-/orang. nah, tiket masuk ini hanya untuk main ke Leuwi Hejo yaaa. karena pintu utama ditutup, otomatis perjalanan jadi lebih panjang, tapi dikasih bonus view sawah kayak gini :

yak, di foto atas ini personel masih lengkap. masih ada 7 orang.



sampai pada akhirnya terjadi drama di mana Tono tiba-tiba mendadak muntah. padahal baru jalan sekian menit loh. nyampe di Leuwi pertama aja belom. cups betul. huhu. lagian dari awal udah niat mau sakit sih, rasain.... sakit beneran kan. udah mana sakit manja banget lagi. heran gue. apa emang semua laki kalo sakit jadi manja apa gimana sih? hadeh. untung gue bawa minyak kayu putih ya, coba kalo enggak. mana segala perut aja harus Riki yang ngolesin minyak kayu putihnya. perut loh bukan punggung. ish..... gak habis pikir gue sama lu, Ton -_-

kelar muntah, kita ngelanjutin perjalanan lagi. dan sampailah kita di Leuwi yang pertama, yaitu Leuwi Hejo.

airnya gak terlalu bening sih menurut gue. tapi tempat inilah yang paling rame sama pengunjung. mungkin karena ini letaknya di paling bawah. oh, dan kalau kalian males jalan, kalian bisa naik ojek loh untuk sampai ke tempat ini. ya walaupun masih harus jalan lagi tapi jalannya gak terlalu jauh dibandingkan dari pintu masuk yang gue datengin.

dan drama Tono ini belum juga usai. di sinilah dia kembali muntah sampai akhirnya memutuskan untuk menyerah aja dan merelakan kita berenam untuk lanjut nanjak ke atas. sebenarnya rada gak tega sih ninggalin dia sendirian di bawah tapi gimana ya.... kan sayang juga kalau kita cuma main di paling bawah. akhirnya dengan berat hati kita ninggalin Tono di bawah dan lanjut ke tempat selanjutnya, yaitu Leuwi Lieuk. dan disinilah track paling berat menurut gue. mulai dari Leuwi Hejo, kita bakalan dihajar terus-terusan untuk nanjak.

gak ada jalan datar sama sekali. mana tangganya bener-bener naik banget pula, gak ada satupun yang landai. padahal di papannya tertulis 20 menit yaaa.... tapi karena ada gue... jarak tempuhnya bisa jadi dua kali lipat sih. karena jalan 5 menit, istirahatnya ada kali 10 menit. saking seseknya napas tuh, asli beneran sesek. secara gue gak pernah olahraga ye kan. hampir aja gue nyerah dan kepikiran buat nyusul Tono ke bawah, tapi Tuhan masih baik yaa... wkwkkwkw. gue masih dikasih kekuatan buat terus nanjak dan sampai di :

ini adalah spot foto menuju ke Leuwi Lieuk.

gak jauh dari situ, kita bakalan ketemu sama gerbang masuk menuju ke Leuwi Lieuk dimana untuk masuk ke sana, kita bakalan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-/orang. nah, apakah kita bakalan langsung ketemu sama Lewui Lieuk? oh tentu tidak. abis dari situ kita harus jalan turun kurang lebih 5 menit untuk sampai ke sini :

air di Leuwi Lieuk ini sih jauh lebih jernih daripada di Leuwi Hejo. ada spot untuk kalian bisa lompat dengan kedalaman kurang lebih 4 meter. nah, di sekitar Leuwi Lieuk ini ada yang namanya Leuwi Cepet, ini nih yang dikenal dengan mini Green Canyon-nya kota Sentul. kalau kalian bisa berenang, pasti kalian bisa ke tempat ini, tapi buat orang yang gak bisa berenang macem gue, kayaknya sangat sulit. soalnya, kalian harus berenang ngelewatin kolam 4 meter ini dulu. gue gak bisa kasih fotonya, kalian searching sendiri aja yaaa. kalau kalian memtuskan buat terus nanjak, maka kalian bakalan bisa lihat Leuwi Cepet ini dari ketinggian.

Leuwi Cepet : sumber dari sini

berhubung tempatnya masih ramai sama manusia, alhasil kami berenam memutuskan untuk terus nanjak sampai ke Leuwi paling atas yaitu Cibaliung. jalannya tetap nanjak, tapi jujur gak separah perjalanan yang sebelumnya. nanti kalian bakalan nemuin spot foto kayak gini :

nah, untuk masuk ke Cibaliung, kalian bakalan dikenakan tiket masuk lagi sebesar Rp. 10.000,-. yak, dan ini adalah pos paling akhir alias Leuwi paling atas. kurang lebih penampakan aslinya kayak gini :

hampir mirip sama Leuwi Lieuk, di tempat ini juga ada spot buat kalian lompat dengan kedalaman air kurang lebih 7 meter, lebih dalam dari Leuwi Lieuk. sebenarnya sih bentukannya sama seperti Leuwi Lieuk, tapi airnya jauh lebih jernih lagi dan yang pasti tempat ini gak seramai dua Leuwi sebelumnya. mungkin karena letaknya di paling atas kali ya.... orang udah pada males buat naiknya lagi.

tapi sebelum kalian sampai ke Cibaliung yang asli, kalian bakalan nemuin kolam ini terlebih dulu. tempatnya jauh lebih asik dan tenang daripada Cibaliung.

apakah kita berhenti di icon-nya Cibaliung? oh tentu tidak. wkwkwkkw. karena di bawah masih banyak orang, sedangkan kami gak mau ketemu banyak orang, alhasil kami nanjak lagi ke yang paling atas. nah, untuk penanjakan yang paling terakhir harus kudu super hati-hati ya karena kita nanjak bebatuan, bukan tanah.

dan taraa.......



ok, siap-siap gue bombardir banyak foto ya disini. secara stok foto kita super melimpah di tempat ini.

kami beneran dapet best spot sih. asli. tempat ini sepi banget.

bentuknya kayak kolam-kolam gitu loh dan yang paling menyenangkan adalah.... airnya gak dalem. paling dalem cuma setinggi gue doang, itupun juga daerahnya cuma kecil, geser dikit, udah bisa napak lagi. untuk orang-orang yang udah sampai di Cibaliung, terus gak bisa berenang macem gue tapi suka main air sih, gue saranin untuk terus naik lagi ya.


puas deh asli main air di sini. mana airnya bening banget, walau dingin parah sih. tapi... seger lah pokoknya. lumayan menghilangi nyut-nyutan setelah kurang lebih 2 jam nanjak.

monmaap, kenapa pose kalian harus kayak lagi eek berjamaah sih? -_-

yang bikin betah main air di sini sih lebih karena airnya gak bakalan kotor sih ya. secara ini air paling atas, jadi pasti masih fresh gak terkontaminasi ini itu. ditambah lihat yang hijau-hijau seger gitu.

dan beruntungnya adalah .... cuaca kemarin super duper mendukung banget. gak hujan (walau sempet gerimis pas mau turun). matahari juga terik bener tapi itu yang bikin badan jadi gak kedinginan. lumayan lah bisa ngangetin badan sedikit walaupun pas kena air ya menggigil lagi.

btw, ini spesial bonus foto sama Ute. wkwkkww. biar kelihatan kita temenannya gitu loh, Te wkwkwk :p sekalian mengabadikan, ini kayaknya trip pertama kita yang beneran menguras jiwa raga deh ya. setelah dulu-dulu selalu nongkrong sok cantik di mall ama Ica. udah tahu gue gak demen windows shopping, tetep aja diajaknya kesana lagi-kesana lagi.

wes, semoga kita bisa ngetrip model begini ya bertigaaa. Pendemi ini kelar, kita cus Belitung yaaa, Teee!!! mumpung masih ada Ica yang jadi warga Belitung! lumayan hemat pengeluaran buat penginapan

dan terakhir. wkwkwk. seperti biasa ya, tidak mungkin gue jalan sama Riki kalau tidak bikin photo priwet ala-ala. hahaha.

yeay, stok foto 'pengusir hama' atau 'penarik lebah' ku bertambah. hahahaha. yaudahlah ya, buat yang paham-paham ajah. hehehehe :p

tips n trik buat main ke tempat ini yang pasti adalah bawa air minum yang banyak. ya, banyak warung sih memang. kalau kalian males bawa minum ya berarti, siapin duit yang banyak aja buat beli minum karena dijamin kalian bakalan capek banget. terus, gak usah bawa baju ganti lah. biarin aja baju kalian kering sendiri di badan. karena percuma kalau kalian ganti baju yang kering pas abis main air (apalagi kalau kalian main ke paling atas, kecuali kalau main di Leuwi paling bawah ya), karena pasti basah karena keringat lagi pas turun.

wes, sekian sudah jalan-jalan kali ini. terima kasih pengalaman trip barengnya ya, Jume, Gab dan Miji. dan kayaknya ini cukup sekali aja ya buat gue main ke sini. capeknya terbayar sih tapi.... kalau badan nyeri ampe tiga hari mah udahlah gak lagi-lagi deh. dan sepertinya bucket list naik gunung sekali dalam seumur hidup gue tuh harus dicoret deh. gak kuat aku tuh :(

paling terakhir. special thanks untuk Kokoh kesayanganku.

maaf yaaa sayangnya aku. udah dicepet-cepetin buat turun ke bawah, tapi tetep aja gelap-gelap juga pas nyampe. terima kasih sudah sangat sabar menunggu kita semua huhuhuhu. bahkan pas kita turun aja masih disambut sama senyuman. huhuhu. kalau gue yang kayak lo sih, pasti udah gue caci maki sih ya. wkwkwkw. aylafyuuuuu beybeh, muah :*


Adios Fellas!


Dian Chrisniar

Comments

Popular posts from this blog

PM1

Haloha, Karawang!

02.12.22 part 2